Comscore Tracker

5 Cara Melatih Diri Agar Terbiasa Melakukan Kebaikan, Penting Lho!

Perlu tekad yang kuat dan sikap konsisten

Sudahkah kamu melakukan kebaikan hari ini? Ya, kebaikan sudah seharusnya kita lakukan selama masih ada waktu dan kesempatan dalam hidup ini. Namun, pada kenyataannya melakukan kebaikan itu tidaklah mudah bagi sebagian orang.

Ada berbagai alasan yang membuat orang merasa sulit ataupun enggan untuk berbuat baik, salah satunya adalah karena belum terbiasa. Oleh karena itu, gunakan lima cara berikut untuk melatih diri kamu agar terbiasa melakukan kebaikan. Yuk kita simak!

1. Sadari kalau perbuatan baik berawal dari pikiran yang baik

5 Cara Melatih Diri Agar Terbiasa Melakukan Kebaikan, Penting Lho!unsplash.com/sean Kong

Pertama, kamu harus terlebih dahulu menyadari bahwa yang namanya perbuatan baik itu berawal dari pikiran yang baik. Artinya, untuk melakukan suatu kebaikan, kita sebaiknya memahami dan menjaga pikiran kita terlebih dahulu.

Bila pikiran kita sudah baik dan positif, maka kebaikan pun akan lebih mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, cobalah untuk berprasangka baik pada setiap hal dan orang lain ya, agar saat kamu melakukan kebaikan pun, hati yang tulus dan bahagia selalu ikut bersamamu.

2. Jangan pernah menganggap remah kebaikan yang dianggap kecil

5 Cara Melatih Diri Agar Terbiasa Melakukan Kebaikan, Penting Lho!unsplash.com/Tom Parsons

Kita seringkali merasa bahwa kita tidak cukup baik untuk melakukan suatu kebaikan. Tak jarang pula, kita menilai bahwa kebaikan yang akan kita lakukan terlalu kecil nilainya. Sesungguhnya, besar kecilnya kebaikan tidak perlu kita pusingkan selama kita selalu berusaha untuk berbuat baik.

Sebagai manusia biasa, kita juga tidak akan pernah tahu pasti nilai dari kebaikan yang kita lakukan. Toh, bukankah lebih baik untuk melakukan kebaikan kecil setiap hari daripada tidak melakukannya sama sekali?

Baca Juga: 5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lain

3. Menghindari perbuatan buruk adalah salah satu cara untuk melatih diri berbuat baik

5 Cara Melatih Diri Agar Terbiasa Melakukan Kebaikan, Penting Lho!unsplash.com/sean Kong

Sebenarnya, selain kebaikan yang dapat kita lakukan secara aktif, masih ada lho kebaikan yang dapat dilakukan secara pasif. Ya, lakukanlah dengan menghindari perbuatan buruk. Kita dapat melatih diri untuk berbuat baik dengan cara berusaha untuk menghindari perbuatan buruk.

Apapun perbuatan buruk yang dapat merugikan orang lain, maupun membuat orang lain menderita, jauhilah semua itu dengan penuh kebijaksanaan. Dengan begitu, kamu telah selangkah lebih maju menuju kebaikan.

4. Jangan lupa, kedekatan dengan Tuhan juga sangat penting

5 Cara Melatih Diri Agar Terbiasa Melakukan Kebaikan, Penting Lho!unsplash.com/J'Waye Covington

Jangan lupa, kedekatan dengan Tuhan juga sangat penting dalam proses melatih diri menuju kebaikan. Mintalah petunjuk dan tuntunan dari-Nya, sebab Tuhan adalah sumber dari segala kebaikan. Dengan begitu, semoga segala kedamaian dan kemantapan hati untuk berbuat baik, bisa segera kamu dapatkan.

5. Miliki tekad yang kuat dan selalu bersikap konsisten

5 Cara Melatih Diri Agar Terbiasa Melakukan Kebaikan, Penting Lho!pexels.com/bruce mars

Apapun cara yang kamu lakukan untuk melatih diri untuk berbuat baik, selalu ingat untuk mempertahankan sikap konsisten dan tekad yang kuat, ya. Perjalanan untuk melakukan kebaikan memang tidak selalu mudah, namun dengan tekad dan sikap yang konsisten, yakinlah bahwa kebaikan bukanlah hal yang sulit lagi. Kamu pasti bisa!

Jadi, itulah kelima cara melatih diri agar terbiasa melakukan kebaikan. Semoga dengan penjelasan di atas, kamu bisa segera melakukan kebaikan, ya!

Baca Juga: 7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkat

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You