Comscore Tracker

5 Tips Agar Kamu Bisa Memetakan Masalah Hidup dengan Tepat

Jangan buru-buru menolak kritik dan saran dari orang lain

Adanya masalah dalam hidup, tak jarang membuat kita merasa kebingungan untuk mengatasinya. Untuk itulah, pemetaan masalah menjadi hal yang sangat penting untuk membantu kita dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Lalu, bagaimana cara yang tepat agar kamu bisa memetakan masalah hidupmu dengan baik? Tenang saja guys sebab 5 tips penting ini dapat membantu bila kamu sungguh-sungguh menerapkannya. Penasaran? Yuk kita simak!

1. Cari dan temukan akar masalah utama yang selama ini tidak terlihat

5 Tips Agar Kamu Bisa Memetakan Masalah Hidup dengan Tepatunsplash.com/Anthony Tran

Masalah akan sulit terselesaikan bila kamu belum atau tidak menemukan akar masalah utama. Letak akar masalah ini sering kali bersembunyi dan tidak terlihat di permukaan, lho. Hingga kamu sendiri pun tidak menyadari bahwa hal itulah yang selama ini menjadi penyebab dari permasalahanmu.

Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah fokus menemukan akar masalah sebelum berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Bila kamu sudah menemukannya, maka solusi pun akan lebih mudah hadir di waktu yang tepat.

2. Petakan masalahmu dalam bentuk tulisan dan gambar

5 Tips Agar Kamu Bisa Memetakan Masalah Hidup dengan Tepatpexels.com/fauxels

Tidakkah kamu penasaran kenapa masalah yang hadir seakan tidak berhenti mengusik hidupmu? Hmm, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kamu sendiri tidak tahu adanya masalah tersebut. Berpikir positif tentu sangat baik, namun berpikir secara realistis juga tak kalah penting, lho. 

Kamu perlu mengakui dan menyadari masalah tersebut untuk bisa mencari solusi yang terbaik. Salah satu cara yang tepat adalah dengan menuliskan  masalahmu dalam sebuah daftar. Bila perlu, kamu juga dapat memetakannya dengan gambar sederhana yang dapat kamu pahami. Dengan begitu, kamu akan lebih jelas dan paham terhadap masalah yang selama ini mengusikmu.

3. Jangan ragu untuk bertanya pada orang yang lebih berpengalaman

5 Tips Agar Kamu Bisa Memetakan Masalah Hidup dengan Tepatpexels.com/Christina Morillo

Kamu mungkin mengalami masalah yang tak pernah kamu alami sebelumnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau kamu merasa bingung dan khawatir. Sebetulnya hal ini wajar-wajar saja namun jangan sampai  terlalu berlebihan, ya. 

Salah satu cara tepat untuk menyelesaikan masalah yang belum pernah kamu alami sebelumnya adalah dengan bertanya pada orang-orang yang lebih berpengalaman. Pengalaman orang lain adalah petunjuk penting yang tak boleh kamu lewatkan. Apa yang telah orang lain alami bisa menjadi pembelajaran penting yang mungkin bisa berguna di masa depan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Masalah-masalah Kantor Tidak Turut Dibawa ke Rumah

4. Tampung dulu semua kritik dan saran dari orang lain, baru kamu saring sesuai kebutuhanmu

5 Tips Agar Kamu Bisa Memetakan Masalah Hidup dengan Tepatpexels.com/Chevanon Photography

Bertanya pada orang yang lebih berpengalaman bisa jadi menghasilkan dua hal, yakni kritik dan saran. Ya, kamu harus mempersiapkan mental untuk hal ini. Jangan terburu-buru untuk menolak mentah-mentah semua kritik dan saran dari orang lain, terutama mereka yang sudah berpengalaman.

Alangkah baiknya kalau menampung dulu semua kritikan dan saran yang diberikan padamu. Setelah itu, barulah kamu saring sesuai kebutuhan dan apa yang menurutmu paling tepat. Jadi, jangan lupakan hal penting ini ya!

5. Berusahalah untuk bersikap netral dan objektif saat menghadapi masalah

5 Tips Agar Kamu Bisa Memetakan Masalah Hidup dengan Tepatpexels.com/Alexander Mils

Sikap netral dan objektif merupakan hal penting lain yang tidak boleh kamu lupakan saat hendak memetakan masalah hidup. Tanpa kedua sikap ini, kamu akan sulit untuk menentukan keputusan dan lebih berpotensi untuk terjebak pada kesalahan yang sama. Jangan biarkan persepsi dan emosi sesaat yang belum tentu tepat ini menguasai dirimu seutuhnya. Jadi, tenangkan hati dan kuasai dirimu dengan baik, ya.

Nah, itulah kelima tips penting yang bisa kamu gunakan untuk memetakan masalah hidup. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kita Harus Tenang dalam Menyikapi Masalah Hidup

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya