Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Tak Ada yang Menghargai Dirimu

Sadari, kamu itu memang unik dan berharga

Pada dasarnya,  kita semua pasti ingin dihargai secara tulus oleh orang lain. Namun, pada kenyataannya, sering kali apa yang kita lakukan dengan sepenuh hati mungkin malah tidak dihargai dengan baik.

Tak jarang, saat merasa tidak dihargai oleh orang lain atas apa yang telah dilakukan, kita merasa sedih, kecewa, marah, dan muncul berbagai emosi negatif lainnya. Oleh karena itu, yuk, lakukan lima hal ini saat kamu merasa tak ada yang menghargai dirimu.

1. Ingat, tetap hargai dan cintai diri sendiri apa adanya

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Tak Ada yang Menghargai Dirimuunsplash.com/Tyler Nix

Pertama-tama, ingatlah bahwa saat tidak dihargai orang lain, bukan berarti kamu tidak berharga, 'kan? Kamu itu unik dan berharga. Jangan pernah merasa rendah diri karena tidak dihargai orang lain, ya.

Sebab, siapa lagi yang bisa menghargai dan mencintai diri kamu seutuhnya kalau bukan kamu sendiri? Dengan menerima dan mencintai diri apa adanya, kamu tidak akan lagi terpengaruh dengan pandangan orang lain yang tidak bermanfaat buatmu.

2. Lakukan self talk positif secara rutin

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Tak Ada yang Menghargai Dirimupexels.com/bruce mars

Cara ampuh berikut yang wajib kamu terapkan adalah melakukan self talk positif. Berdialoglah secara jujur dan penuh kasih pada dirimu sendiri. Kemudian, tanamkan kata-kata bijak dan positif pada dirimu sendiri.

Beberapa contohnya, seperti "aku berharga"; "aku pasti bisa"; "aku mencintai diriku apa adanya"; dan lain sebagainya. Lakukan secara rutin dan konsisten, ya. Sebab, menguatkan diri sendiri melalui self talk positif ini sungguh bermanfaat, lo. Coba, deh!

Baca Juga: Jangan Menikah untuk Mencari Kebahagiaan, Begini Penjelasannya

3. Jangan menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Tak Ada yang Menghargai Dirimuunsplash.com/Anthony Tran

Selalu menggantungkan kebahagiaan sendiri pada orang lain adalah hal yang sia-sia. Sesungguhnya, kebahagiaan itu berasal dari dalam dirimu sendiri. Kalau kamu memutuskan untuk merasa bahagia, hal-hal di luar sana yang berpotensi membuatmu tidak bahagia, tak akan punya pengaruh lagi.

Sebaliknya, secara sadar atau tidak, jika kamu memutuskan untuk menggantungkan kebahagiaanmu hanya pada orang lain, kamu harus siap dengan kekecewaan. Jadi, bijaklah dalam memutuskan segala sesuatu demi kebaikan dan kebahagiaanmu sendiri.

4. Tetap fokus berkarya dan berprestasi

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Tak Ada yang Menghargai Dirimupexels.com/rawpixel.com

Nah, saat kamu merasa tidak dihargai orang lain, tetaplah fokus untuk berkarya dan berprestasi, ya. Jangan buang waktumu yang berharga untuk memikirkan pendapat-pendapat orang lain yang tak menghargai dirimu.

Tujuan kamu untuk tetap fokus berkarya dan berprestasi bukanlah demi mendapatkan pengakuan dari orang lain, melainkan untuk membuktikan pada diri sendiri bahwa kamu memang layak dan berharga. Selain itu, bukankah hidupmu juga akan ikut berkembang seiring dengan karya dan prestasimu?

5. Pengalaman tersebut membuatmu belajar untuk lebih menghargai orang lain

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Merasa Tak Ada yang Menghargai Dirimuunsplash.com/Priscilla Du Preez

Nah, sebenarnya ada hal yang bisa kamu pelajari dari pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut. Ya, pengalaman tidak dihargai orang lain sebaiknya dimaknai dan jadi pelajaran agar kita menjadi pribadi yang lebih baik dan menghargai orang lain.

Dengan begitu, kamu juga bisa lebih bijaksana dalam memaknai peristiwa yang terjadi dalam hidup, yang ujung-ujungnya juga akan berdampak positif pada kedamaian dan kebahagiaan dirimu sendiri.

Jadi, itulah kelima hal positif yang bisa kamu lakukan saat kamu merasa tak ada yang menghargai dirimu dengan baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You