Comscore Tracker

Bukan Sekadar Teknologi, Ini 5 Filosofi di Balik Canggihnya Komputer

#PANJATPOIN Komputer itu bukan hanya sekadar alat lho!

Ketika saya remaja, mengalahkan komputer adalah prestasi. Itu adalah cara belajar

- Bill Gates -

Komputer bisa dikatakan sebagai temuan dan inovasi tercanggih manusia. Banyak manfaat dari komputer yang dapat membantu kehidupan manusia, mulai dari urusan pekerjaan hingga sekolah. Sehingga, gak heran kalau jurusan komputer juga banyak diminati oleh para mahasiswa, mengingat perkembangan teknologi komputer yang pesat dari hari ke hari.

Meskipun komputer adalah sebuah benda mati, ternyata ada juga lho filosofi hidup yang bisa kita temukan di balik canggihnya komputer. Penasaran? Yuk simak!

1. Hardware dan software komputer itu ibarat tubuh dan pikiran manusia

Bukan Sekadar Teknologi, Ini 5 Filosofi di Balik Canggihnya KomputerPhoto by rawpixel.com from Pexels

Sadarkah kamu kalau ternyata perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) pada komputer itu diciptakan mirip dengan tubuh dan pikiran manusia lho. Hardware ibaratnya adalah kesatuan tubuh kita yang bekerja, sedangkan software adalah pikiran manusia.

Jika satu dari hardware maupun software tidak bekerja dengan baik, pastinya komputer juga tidak akan bekerja dengan baik. Begitu juga dengan manusia. Kalau kamu memiliki tubuh yang gak sehat dan pikiran yang negatif, maka kamu akan menjadi orang yang jauh dari kata produktif. Setuju?

2. Apa yang kamu 'input', maka itu juga 'output' yang kamu dapat

Bukan Sekadar Teknologi, Ini 5 Filosofi di Balik Canggihnya Komputerpexels.com/pixabay

Apa yang kamu ketik (Input) pada keyboard, hasilnya akan muncul sama persis di layar monitormu (Output). Nah, hal ini mirip dengan sistem kehidupan di dunia manusia. Apa yang kamu tabur, itu juga yang kamu tuai, atau kamu juga bisa menyebutnya hukum aksi reaksi.

Misalnya, kalau kamu ingin mendapatkan sesuatu yang besar, maka kamu harus melakukan sesuatu yang besar atau setimpal untuk mendapatkannya. Masuk akal bukan?

3. Komputer hanya 'berpikir' dengan logika saja, berbeda dengan manusia yang berpikir dengan logika dan perasaan

Bukan Sekadar Teknologi, Ini 5 Filosofi di Balik Canggihnya KomputerPhoto by bruce mars from Pexels

Inilah kelemahan komputer yang paling mendasar. Komputer 'berpikir' dan menjalankan fungsinya sesuai program logika yang sudah dimasukkan ke dalamnya. Ketika melakukan suatu tugas, komputer bekerja tepat sesuai dengan apa yang sudah diprogramkan, tanpa tahu hal itu salah atau benar. Hal ini bisa jadi masalah buat manusia karena gak semua hal bisa diselesaikan secara logika.

Tapi masalahnya, banyak orang yang lebih dominan dari perasaan atau logikanya dalam menyelesaikan masalah. Tentu hal ini malah jadi bumerang bagi orang itu sendiri. Sehingga alangkah baiknya manusia dapat menggunakan logika dan perasaannya secara seimbang dalam menyelesaikan masalah.

4. Komputer saja mengalami upgrade dan update dari waktu ke waktu, bagaimana dengan manusia?

Bukan Sekadar Teknologi, Ini 5 Filosofi di Balik Canggihnya KomputerPhoto by Jamie McInall from Pexels

Tentu kamu tahu dong, kalau komputer pada zaman sekarang ini sudah jauh berkembang pesat dibanding saman dulu dari segi hardware maupun software-nya. Hal ini membuktikan bahwa komputer saja selalu berkembang dari waktu ke waktu, apalagi manusia yang menciptakannya.

Jadi, perkembangan komputer yang pesat bisa kita maknai, agar kita selalu melakukan perubahan dan perkembangan hidup ke arah yang lebih baik lagi. Bagaimana menurutmu?

5. komputer yang canggih saja bisa 'error', demikian juga manusia yang kapan saja bisa melakukan kesalahan

Bukan Sekadar Teknologi, Ini 5 Filosofi di Balik Canggihnya Komputerpixabay.com/Free-Photos

Kemungkinan besar, kamu pasti pernah bertemu dengan komputer yang error bukan? Error pada komputer sederhananya adalah kesalahan pada komputer, entah kesalahan pada software, hardware maupun penggunanya.

Untuk bisa menyelesaikan error, maka harus ditemukan dulu sumber penyebab error pada komputer. Begitu pula pada manusia. Sebagai manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan, kita harus menemukan sumber dari kesalahan kita untuk bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

Kalau kamu menemukan filosofi lain di balik canggihnya komputer, silakan share di kolom komentar ya!

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You