Comscore Tracker

5 Hal Ini Bikin Kamu Dicap 'Parasit' Saat Kerja Kelompok, Hindari Ya!

Kalau ditanya, jawabannya hanya 'terserah'

Entah di sekolah atau kampus, pastinya kamu pernah mendapat tugas dari guru atau dosen. Nah, jenis tugasnya pun beragam, salah satunya adalah tugas kelompok. Tugas kelompok tentu berbeda dengan tugas individu yang dikerjakan sendiri. 

Pada tugas kelompok, semua pekerjaan sudah seharusnya dikerjakan secara berkelompok. Pembagian tugas pun sering dilakukan, namun ada saja anggota kelompok yang bersikap seperti 'parasit'. Nah, supaya kamu tidak dicap sebagai 'parasit', yuk segera hindari 5 hal ini.

1. Tidak pernah menunjukkan kehadiran di tengah-tengah kelompok

5 Hal Ini Bikin Kamu Dicap 'Parasit' Saat Kerja Kelompok, Hindari Ya!pexels.com/Đỗ Ngọc Tú Quyên

Namanya saja kerja kelompok, ini artinya tugas yang dikerjakan harus dilakukan secara berkelompok. Bila kamu tidak pernah hadir saat diskusi kelompok maka cap 'parasit' akan segera melekat padamu.

Minimal, kamu bisa bertanya tentang kerja kelompok yang akan dilakukan, atau kalau perlu tugas juga bisa didiskusikan melalui fitur grup chat yang sekarang sudah lazim dilakukan melalui smartphone. Cobalah untuk lebih aktif, sebab yang utama bukan masalah mampu atau tidaknya kamu dalam kerja kelompok, tapi seberapa peduli kamu dengan kerja kelompok tersebut.

2. Saat ditanya, jawabannya hanya 'terserah'

5 Hal Ini Bikin Kamu Dicap 'Parasit' Saat Kerja Kelompok, Hindari Ya!pexels.com/Chevanon Photography

Nah, ini nih jawaban yang terkadang bikin kesal saat kerja kelompok diadakan. Sebaiknya, setiap anggota kelompok bersikap aktif dalam mengerjakan tugas masing-masing. Terkadang, ada hal-hal yang perlu didiskusikan demi menunjang hasil kerja kelompok yang lebih maksimal. 

Saat anggota kelompok atau ketua kelompok meminta pendapatmu, jangan selalu mengucapkan kata 'terserah', ya. Sebab, kamu akan dinilai sebagai orang yang apatis dan tidak mau tahu, akibatnya kamu mungkin akan dianggap sebagai 'parasit' yang hanya numpang nama dalam kerja kelompok. Jadi, hindari hal ini ya!

3. Hanya bersikap aktif saat sudah ada hasil

5 Hal Ini Bikin Kamu Dicap 'Parasit' Saat Kerja Kelompok, Hindari Ya!unsplash.com/Alexis Brown

Sikap apatis yang ditunjukkan saja sudah cukup membuat teman sekelompokmu kesal, apalagi kalau kamu hanya bersikap aktif saat sudah ada hasil dari kerja kelompok tersebut. 

Dengan kata lain, kamu bersikap seolah-olah seperti orang yang paling penting dan berjasa dalam kerja kelompok, padahal ini adalah kerja kelompok. Yang berarti, kedudukan setiap orang sama penting dan hanya tugas masing-masing saja yang berbeda. Jadi, sikap aktif dan rendah hati tetap harus dipertahankan, ya!

Baca Juga: Jangan Lengah, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Dimanfaatkan Teman 'Parasit'

4. Tak selalu karena sikap apatis, terkadang sikap tidak serius saat mengerjakan tugas juga dianggap 'parasit' lho

5 Hal Ini Bikin Kamu Dicap 'Parasit' Saat Kerja Kelompok, Hindari Ya!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ya, bukan hanya sikap apatis saja yang bikin jengkel. Terkadang, sikap tidak serius pun bisa dianggap 'parasit'. Bila kamu selalu bermain-main dan tidak serius mengerjakan bagianmu dalam kerja kelompok, maka tak heran kalau kamu dianggap 'parasit', terlebih bila orang lain yang harus mengerjakan bagianmu. Tidak masalah bila kamu kesulitan, kamu bisa meminta bantuan orang lain, tapi jangan sampai kamu bersikap apatis dan tidak serius ya.

5. Kamu mungkin sudah berkali-kali bersikap 'parasit', sehingga orang lain menjadi malas untuk sekelompok denganmu

5 Hal Ini Bikin Kamu Dicap 'Parasit' Saat Kerja Kelompok, Hindari Ya!unsplash.com/Artem Beliaikin

Kamu tentu akan dianggap 'parasit', bila sebelumnya kamu sudah bersikap demikian. Ya, bisa dikatakan kalau citra tersebut sudah melekat pada dirimu, sehingga orang lain pun sudah duluan merasa malas saat hendak sekelompok denganmu.

Hmm, bisa-bisa mereka akan selalu menghindarimu saat ada kerja kelompok. Kamu tentu tidak ingin hal itu terjadi, 'kan? Oleh karena itu, yuk tunjukkan dengan cara positif pada mereka bahwa kamu bukanlah 'parasit', melainkan orang yang juga dapat diandalkan saat kerja kelompok.

Jadi, itulah kelima hal yang bikin kamu dicap 'parasit' saat kerja kelompok. Semoga kamu bisa menghindari hal-hal di atas, ya!

Baca Juga: Hati-hati Girls, 5 Kelemahan Cewek Ini Sering Banget Dimanfaatin Cowok

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya