Comscore Tracker

5 Hal Ini Sering Jadi Penyesalan yang Tak Berkesudahan, Hati-hati!

Sebab penyesalan sudah pasti akan mengganggu kedamaian hati

Penyesalan seringkali datang saat situasi dan kondisi sudah terlambat dan tidak memungkinkan. Ya, penyesalan sering meninggalkan duka dan kesedihan yang mendalam. Oleh karena itu, rasanya tak ada seorangpun yang ingin merasakan penyesalan yang menyiksa itu.

Lalu, bagaimana cara untuk menghindari penyesalan yang tak diinginkan? Sejujurnya, tak ada satupun cara yang pasti untuk menghindari penyesalan. Namun, setidaknya ada hal-hal yang masih bisa kita lakukan selama kita berniat tulus. Salah satu caranya dengan terlebih dahulu menyadari 5 hal penting ini. Yuk kita simak!

1. Tidak sempat meminta maaf dan memaafkan

5 Hal Ini Sering Jadi Penyesalan yang Tak Berkesudahan, Hati-hati!pexels.com/Pixabay

Sudah berapa banyak orang yang dihantam perasaan menyesal saat mereka tidak sempat minta maaf dan memaafkan? Minta maaf dan memaafkan adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Perasaan menyesal sering timbul saat adanya peristiwa yang mengakibatkan tak ada waktu maupun kesempatan untuk bertemu dan saling memaafkan.

Misalnya saja karena dipisahkan oleh kematian, inilah hal yang paling menyakitkan dan mengakibatkan penyesalan mendalam. Jadi, jangan sampai saat kematian menjemput barulah perasaan menyesal itu muncul. Saat bisa membaca tulisan ini, itu artinya kamu masih punya kesempatan untuk menghindari rasa penyesalan itu. Minimal, kamu bisa meminta maaf dan memaafkan orang lain dari dalam hati. Jika kesempatan saling memaafkan sudah tiba, jangan sia-siakan momen berharga ini ya!

2. Tidak sempat berbakti pada orangtua

5 Hal Ini Sering Jadi Penyesalan yang Tak Berkesudahan, Hati-hati!pexels.com/Andrea Piacquadio

Penyesalan terbesar seorang anak adalah saat ia tidak menggunakan waktu dan kesempatan yang ada untuk berbakti pada orangtuanya. Semoga kamu tidak pernah mengalami hal ini, sebab cukup banyak orang di luar sana yang mengalami penyesalan karena tak sempat berbakti pada orangtua. Saat orangtua masih hidup, jangan pernah lupa untuk meluangkan waktu untuk berkumpul bersama mereka, ya.

Jika kamu mungkin saat ini sedang merasa bersalah pada orangtuamu, segeralah meminta maaf pada mereka. Ucapkan permohonan maaf dengan sepenuh hati untuk melepaskan semua beban dalam hati. Jangan pernah tunggu dan menunda sampai kamu sendiri melupakannya. Ingat, penyesalan bisa datang kapan saja tanpa waktu yang bisa diduga. Jadi, sebaiknya manfaatkan waktu yang ada dengan bijaksana.

3. Mengeluarkan ucapan yang tidak seharusnya

5 Hal Ini Sering Jadi Penyesalan yang Tak Berkesudahan, Hati-hati!unsplash.com/Raychan

Sudah banyak ungkapan yang menunjukkan betapa pentingnya bagi kita untuk menjaga ucapan, misalnya ungkapan: 'mulutmu harimaumu', 'lidah lebih tajam dari pedang', dan lain sebagainya. Kenapa orang-orang bijak sering mengingatkan hal ini?

Ya, bisa jadi ungkapan ini bertujuan untuk mengingatkan kita bahwa ada begitu banyak ucapan yang jika tidak dikendalikan dengan baik, akan berujung pada penyesalan. Ucapan kita terhadap orang lain bisa membahagiakan atau menyakitkan tergantung apa yang kita ucapkan. Apalagi sekali ucapan itu kita lontarkan maka ia tak pernah bisa ditarik kembali, dan mungkin hanya tersisa permohonan maaf yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 5 Penyesalan Terburuk Selama Berkuliah, Jadikan Pelajaran

4. Tidak menggunakan waktu dan kesempatan yang ada untuk menggapai impian

5 Hal Ini Sering Jadi Penyesalan yang Tak Berkesudahan, Hati-hati!pexels.com/Andrea Piacquadio

Hampir setiap orang punya impian yang tersimpan dalam hatinya. Bagi beberapa orang, mereka merasa mampu dan semangat untuk mengejar impian dan cita-citanya. Namun bagi beberapa orang, mereka merasa harus rela mengubur impiannya karena situasi dan kondisi yang tak memungkinkan. Lalu, apakah saat ini kamu punya waktu dan kesempatan untuk mewujudkan impianmu?

Kalau jawabannya adalah ya, maka jangan pernah sia-siakan waktu dan peluang yang ada. Bukan hasil akhir yang perlu dicemaskan saat sedang berusaha menggapai impian. Justru penyesalan sering datang saat seseorang tidak mampu memanfaatkan waktu dan kesempatan yang sudah ada di depan mata. Jadi, tetap kuatkan semangatmu ya!

5. Melewatkan kesempatan untuk berbuat baik

5 Hal Ini Sering Jadi Penyesalan yang Tak Berkesudahan, Hati-hati!unsplash.com/Gustavo Fring

Bagi beberapa orang, berbuat baik adalah hal yang dianggap tidak penting dan sia-sia. Benarkah hal itu? Hmm, padahal berbuat baik adalah hal yang sudah seharusnya kita lakukan sebagai manusia. Hidup akan terasa jauh lebih bahagia dan bermanfaat saat kita bisa berbagi kebaikan pada orang lain yang membutuhkan.

Selama mampu, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk berbuat baik sekecil apapun itu. Jangan biarkan penyesalan timbul karena sudah melewatkan kesempatan untuk berbuat baik. Biarkan hati nuranimu yang berbicara agar tak ada perasaan menyesal dan bersalah di kemudian hari. Sebab kita semua punya peran penting dalam menebar kebaikan di muka bumi ini.

Akhir kata, jika saat ini kamu ternyata sudah terlanjur merasakan penyesalan yang dalam, cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri. Mungkin memang tidak mudah, tapi memaafkan diri adalah kunci penting untuk bangkit dari penyesalan. Dan bagi kamu yang saat ini beruntung tidak pernah mengalami penyesalan apapun, pahami dan ingatlah kelima hal di atas dengan baik ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Penyesalan yang Akan Dirasa Saat Terlalu Cepat Pilih Pasangan Hidup

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya