Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memuji Orang Lain

Sebaiknya pahami dulu sebelum memuji orang lain

Memuji orang lain juga sebenarnya perlu dilakukan sebagai bentuk apresiasi. Tidak berarti harus sering memuji ya, sebaiknya pujilah orang lain hanya saat kamu merasa perlu melakukannya. Sebenarnya nih, ada hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memuji orang lain. Apa saja? Yuk, langsung simak saja ulasan berikut.

1. Pujilah dengan perasaan tulus, hindari sikap berpura-pura

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memuji Orang Lainpexels.com/iPrice Group

Sebaiknya ketika hendak memuji orang lain, perhatikan dulu perasaanmu. Apakah perasaanmu itu memang tulus ingin memuji? Atau jangan-jangan malah memuji karena perasaan terpaksa? Hal ini penting untuk diperhatikan, sebab perasaan tulus adalah dasar utama saat ingin memuji orang lain.

Buat apa memuji orang lain kalau tidak merasa tulus? Jadi, hindarilah sikap berpura-pura saat dirimu hendak memuji orang lain. Mungkin lebih baik berhenti atau tunda dulu keinginan untuk memuji kalau kamu belum betul-betul bisa merasa tulus.

2. Jangan pernah berlebihan dalam memuji orang lain

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memuji Orang Lainpexels.com/Gustavo Fring

Memuji orang lain juga ada batas yang perlu diperhatikan, lho. Jangan pernah memuji orang lain secara berlebihan, sebab akan lebih banyak timbul keburukan daripada manfaatnya.

Salah satu contohnya adalah saat menggunakan kata-kata manis yang berlebihan saat sedang memuji orang lain. Melebih-lebihkan makna dari kata-kata yang hendak diucapkan, berpotensi besar membuat orang lain menjadi terlena dengan pujian tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Berbohong dalam Memuji Orang Lain

3. Sebaiknya yang dipuji itu tindakan dan sifat positifnya

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memuji Orang Lainpexels.com/Gustavo Fring

Kalau mau memuji orang lain, sebaiknya pujian ditujukan pada tindakan dan sifat positif orang tersebut. Jangan terlalu fokus memuji orangnya, sebaiknya pujilah tindakan baik yang telah ia lakukan. Dengan demikian, pujianmu tidak akan terasa berlebihan dan malah akan menginspirasi orang tersebut untuk melakukan hal atau tindakan baik lainnya.

4. Hindari sikap memuji sambil mengkritik

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memuji Orang Lainunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Memuji dan mengkritik adalah dua hal berbeda yang sebaiknya tidak disatukan. Sebisa mungkin hindari sikap memuji sambil mengkritik ya. Pujian yang kamu ucapkan akan terasa jauh dari rasa tulus jika kamu sambil mengkritik orang yang dipuji. Intinya sih pujian itu harus dilakukan secara seimbang ya, jangan terlalu berlebihan dan jangan pula sampai menyinggung perasaan orang lain.

5. Setelah memuji, sebaiknya jangan terlalu berharap bisa dipuji balik 

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memuji Orang Lainpexels.com/fauxels

Kadang keinginan untuk memuji juga punya maksud lain yang tidak disadari. Ya, salah satunya adalah keinginan untuk dipuji balik. Hal ini juga yang sering bikin diri kecewa  bila ternyata maksud  tersembunyi itu tidak terlaksana sesuai harapan. Sebaiknya jangan terlalu berharap bisa dipuji balik, sebab hal itu akan mengurangi ketulusanmu saat memuji orang lain.

Jadi, itulah kelima hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memuji orang lain. Sekali lagi, ingatlah kalau memuji orang lain sebaiknya dilakukan secara bijaksana dan seimbang. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Gak sembarangan, Ini 5 Cara Tepat untuk Memuji Orang Lain

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya