Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Ragu Berbuat Baik, Jangan Abaikan!

#IDNTimesLife Sepele tapi jadi bikin kamu ragu berbuat baik

Berbuat baik itu memang perlu diawali niat hati yang tulus. Sehingga tak heran kalau perbuatan baik yang semula hendak dilakukan malah tidak jadi dilakukan kalau ada setitik saja keraguan yang tersimpan.

Lalu, apa saja sih yang sering bikin seseorang ragu untuk berbuat baik? Jangan khawatir, yuk temukan jawabannya melalui penjelasan berikut.

1. Sudah terbiasa berprasangka buruk kepada orang lain

5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Ragu Berbuat Baik, Jangan Abaikan!pexels.com/Andrea Piacquadio

Hati-hati nih dengan yang namanya prasangka buruk. Berprasangka buruk akan membuat kamu hanya memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang negatif. Padahal semua prasangka itu belum tentu benar dan tepat, kan?

Jadi, keraguan yang muncul saat hendak berbuat baik mungkin saja disebabkan kebiasaan berprasangka buruk yang tidak disadari. Prasangka buruk membuat kamu berpikir yang tidak-tidak saat hendak berbuat baik. Sebaiknya berbuat baiklah dengan hati dan pikiran yang jernih, ya!

2. Merasa kalau berbuat baik itu hanya akan merugikan diri sendiri

5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Ragu Berbuat Baik, Jangan Abaikan!pexels.com/Andrea Piacquadio

Kebaikan yang hendak dilakukan sebaiknya didasari niat hati yang tulus dan tanpa pamrih. Jika tidak, pemikiran ini akan muncul dengan sendirinya. Ya, mungkin saja akan timbul pemikiran kalau berbuat baik itu merugikan dan tak ada manfaatnya sama sekali.

Padahal tentu saja tidak seperti itu kenyataannya jika kamu memandang kebaikan secara positif. Setidak-tidaknya, jika kamu menolong orang lain dengan bijak dan tulus walaupun hanya bantuan kecil, lambat laun akan terasa kebahagiaan dan kedamaian dari dalam hati lho.

3. Kemungkinan juga terpengaruh dari ucapan atau tindakan orang-orang yang tidak pernah ingin berbuat baik

5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Ragu Berbuat Baik, Jangan Abaikan!pexels.com/Gustavo Fring

Pengaruh dari lingkungan memang tidak bisa disepelekan atau diabaikan begitu saja. Sedikit banyak pasti akan memengaruhi cara berpikir seseorang, terutama bila tidak berpegang teguh pada prinsip hidupnya sendiri.

Keraguan yang menyelimuti dirimu saat hendak berbuat baik mungkin saja karena pengaruh dari ucapan atau tindakan dari orang yang tak pernah ingin berbuat baik. Namun bukan berarti hal ini dijadikan alasan untuk menyalahkan orang lain ya, sebab apa pun pengaruh orang lain tetap kamu sendiri yang menentukan reaksi atas ucapan atau tindakan mereka.

Baca Juga: 5 Risiko tak Terduga Ketika Hubunganmu Terlihat Baik-Baik Saja!

4. Takut kebaikan yang sudah dilakukan tidak dibalas sesuai harapan

5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Ragu Berbuat Baik, Jangan Abaikan!pexels.com/Gabriel Santos

Mungkin ada yang menganggap kalau kebaikan itu harus dibalas orang lain kembali sesuai harapan, bahkan lebih banyak dari kebaikan yang sudah dilakukan. Hmm, hal ini sebenarnya sangat bergantung pada pola pikir atau cara pandang seseorang, ya.

Namun pola pikir seperti ini yang juga membuat seseorang menjadi ragu untuk berbuat baik. Misalnya muncul rasa takut kalau kebaikan yang sudah dilakukan tidak akan dibalas sesuai harapan. Jadi, sebaiknya jangan ragu berbuat baik terutama saat hati nuranimu sudah mendorongmu untuk melakukannya.

5. Kemungkinan pernah mengalami hal-hal buruk saat berusaha berbuat baik

5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Ragu Berbuat Baik, Jangan Abaikan!unsplash.com/Ilias Chebbi

Kadang, proses dan usaha untuk melakukan kebaikan memang tidak selalu mulus. Tak jarang, kebaikan yang dilakukan malah menjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, jika kamu termasuk orang yang mengalami hal-hal buruk saat berbuat baik, maka jangan buru-buru menyerah dan berprasangka buruk.

Mungkin saja kejadian buruk yang kamu alami bertujuan menambah pemahamanmu jika kamu mencoba memandangnya dari sudut pandang yang lebih baik. Yakinlah kalau kebaikan akan tetap bersinar dan hanya tinggal menunggu waktu yang tepat. Setuju?

Jadi, itulah kelima hal yang bisa bikin kamu ragu untuk berbuat baik. Jangan abaikan kelima hal di atas agar kamu dapat berbuat baik dan terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Hati-hati, 5 Zodiak Ini Sering Bersikap Baik Ketika Ada Perlunya Saja!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya