Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Membatasimu untuk Berbuat Baik, Segera Jauhi!

Jangan ragu untuk memancarkan kebaikan hatimu

Berbuat baik, bisa dikatakan sebagai hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Dikatakan gampang karena ada banyak peluang yang terbuka bagi kita untuk melakukan kebaikan.

Namun, dikatakan susah kalau tidak ada niat yang tulus dari dalam hati. Belum lagi nih, setidaknya ada 5 hal yang bisa membatasimu untuk berbuat baik. Supaya kamu bisa menjauhinya, yuk kita simak penjelasannya!

1. Prasangka buruk

5 Hal yang Bisa Membatasimu untuk Berbuat Baik, Segera Jauhi!unsplash/Kyle Broad

Ya, perbuatan baik akan sulit dilakukan kalau prasangka buruk terlebih dahulu muncul dalam pikiran. Tak bisa dimungkiri bahwa prasangka buruk memang sering menjadi penghalang untuk berbuat baik. 

Terbiasa memandang segala sesuatu dari sudut pandang negatif, juga dapat membuat seseorang sulit untuk memancarkan kebaikan hatinya. Jadi, jangan pernah biarkan prasangka buruk menghambat kebaikan hatimu, ya!

2. Lingkungan yang negatif dan tidak mendukung

5 Hal yang Bisa Membatasimu untuk Berbuat Baik, Segera Jauhi!unsplash.com/Ethan Sykes

Bagaimana mungkin kebaikan bisa dilakukan kalau kamu berada di lingkungan yang negatif dan tidak mendukung? Nah, peran lingkungan sedari dulu memang tidak bisa dianggap remeh. 

Bila kamu berada di lingkungan yang positif maka hal-hal positif akan semakin menguat dalam dirimu, sebaliknya bila kamu berada di lingkungan yang negatif maka hal-hal negatif yang akan semakin menguat dalam dirimu. Jadi, kamu perlu bijak dalam memilih lingkungan yang tepat dan sesuai, ya.

3. Sering memelihara niat buruk

5 Hal yang Bisa Membatasimu untuk Berbuat Baik, Segera Jauhi!pexels.com/Daniel Spase

Niat buruk adalah lawan dari niat baik. Nah, bila kamu sering memelihara niat buruk dalam hati, maka sudah pasti kebaikan tak akan terpancar dari dalam diri. Bila kamu merasa sering memelihara niat buruk, maka jangan khawatir ya sebab masih ada kesempatan untuk mengubah niat buruk tersebut menjadi niat baik.

Sebab niat tersebut belum terwujud, namun punya potensi untuk menjadi kenyataan bila kamu terus memeliharanya. Nah, tentunya lebih baik menumbuhkan niat baik yang tulus demi kebaikan sendiri dan orang lain, 'kan?

Baca Juga: Sadarkan Dirimu dengan 5 Pemikiran Ini Sebelum Berbuat Jahat

4. Sering mengeluh dan kurang bersyukur

5 Hal yang Bisa Membatasimu untuk Berbuat Baik, Segera Jauhi!pexels.com/graham wizardo

Kebiasaan mengeluh dan kurang bersyukur tentu saja akan membatasimu untuk berbuat baik. Saat kita membiasakan diri untuk mengeluh dan kurang bersyukur, maka dunia akan terlihat seolah-olah selalu kejam pada kita.

Sejatinya, selalu ada selalu ada hal-hal positif yang bisa kita syukuri dalam hidup. Yakinlah, dengan berhenti mengeluh dan sering bersyukur akan membuat hidup lebih indah dan bermakna. Dengan demikian, kebaikan hati akan muncul dengan sendirinya dan mewujudkan dirinya dengan tindakan nyata yang bermanfaat.

5. Menyepelekan perbuatan baik yang dianggap kecil

5 Hal yang Bisa Membatasimu untuk Berbuat Baik, Segera Jauhi!pexels.com/PhamKhoai

Mungkin, masih ada orang di luar sana yang menganggap bahwa untuk berbuat baik, kita harus punya kekuatan, bakat atau apapun yang dianggap membuat diri ini layak untuk berbuat baik.

Sehingga, tak jarang kebaikan dianggap sebagai hal-hal besar yang sulit dilakukan. Padahal kebaikan kecil yang sering dianggap remeh pun bermanfaat asal dilakukan dengan konsisten dan niat yang tulus. Misalnya, dengan selalu membuang sampah pada tempatnya. Terlihat remeh ya, namun tentunya sangat penting demi menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.

Jadi, itulah kelima hal yang bisa membatasimu untuk berbuat baik. Jangan lupa untuk segera menjauhi hal-hal tersebut, ya!

Baca Juga: 5 Hal Ini Tunjukkan Kamu sudah Berbuat Baik pada Dirimu Sendiri

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya