Comscore Tracker

5 Hal yang Bantu Kamu Melihat Sisi Positif Suatu Hal, Ada Prosesnya

Sebaiknya jangan terburu-buru menilai, ya

Kamu mungkin telah sering mendengar nasihat tentang pentingnya melihat sisi positif dari suatu hal. Ya, jika dipikirkan kembali, ketika kita berusaha memahami suatu hal dari sisi yang positif, kita jauh akan lebih bijak dalam menyikapi hal tersebut.

Namun, hal yang juga perlu dipikirkan adalah cara yang tepat untuk membantu diri bersikap positif dalam menyikapi sesuatu. Oleh karena itu, lima hal berikut sebaiknya dipahami baik-baik untuk melihat sisi positif dari suatu hal.

1. Menyadari kalau proses memang diperlukan

5 Hal yang Bantu Kamu Melihat Sisi Positif Suatu Hal, Ada Prosesnyailustrasi orang sedang mengetik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berbicara soal memahami suatu hal dari sisi lain yang positif, tentu tidak akan terlepas dari pembahasan tentang proses. Ya, ketika seseorang sadar bahwa proses juga sering muncul dalam kehidupan yang dijalani, dirinya akan lebih waspada dan bijaksana dalam bertindak.

Tanpa pemahaman ini, kecenderungan untuk terus berpikir negatif terhadap suatu hal akan meningkat tanpa disadari. Jadi, sangat diperlukan kesadaran yang murni berasal dari dalam diri untuk tahu, bahwa proses yang ada diperlukan, agar dapat membentuk diri menjadi lebih baik dan berkembang.

2. Sudah menerapkan kebiasaan berpikir positif

5 Hal yang Bantu Kamu Melihat Sisi Positif Suatu Hal, Ada Prosesnyailustrasi orang tersenyum (pexels.com/Katii Bishop)

Tentunya usaha untuk melihat dan memahami sesuatu dari sisi positif juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa proses juga sangatlah penting. Dalam hal ini, proses seseorang membangun kebiasaan dalam hidupnya akan memengaruhi ia dalam menyikapi suatu hal.

Jika selama ini kebiasaan yang dibangun memang bermanfaat, seperti kebiasaan berpikir positif, tentu tidak diragukan kalau kemungkinan besar lebih mudah memandang suatu hal dari sudut pandang yang tepat dan bijak. Jadi, walau tidaklah mudah dalam prosesnya, kuatkan diri agar mampu membangun kebiasaan positif tersebut, ya.

Baca Juga: 5 Sisi Positif saat Kamu Mampu Berdamai dengan Ketidaknyamanan Hidup

3. Coba pahami lagi makna penting dari suatu hal

5 Hal yang Bantu Kamu Melihat Sisi Positif Suatu Hal, Ada Prosesnyailustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kadang suatu hal terasa susah untuk dilihat dari sudut pandang yang tepat karena kurangnya pemahaman tentang sebuah makna. Ya, makna yang kamu temukan terhadap suatu hal juga jadi kunci penting dalam sebuah pemikiran.

Saat kamu berusaha menemukan makna penting dari hal yang sedang dialami, ingatlah untuk tetap mencari sisi positif dari hal tersebut. Dengan demikian, kamu dapat bersikap bijaksana dan tidak terburu-buru menilai hal tersebut dari sudut pandang yang negatif.

4. Mencari tahu penyebab diri sulit melihat sisi positif

5 Hal yang Bantu Kamu Melihat Sisi Positif Suatu Hal, Ada Prosesnyailustrasi merenung (unsplash.com/Luca Tacinelli)

Kalau memang saat ini dirimu merasa sulit melihat suatu hal dari sisi positif, maka perlu dipahami kembali apa penyebabnya, betul? Nah, untuk mengetahui penyebabnya tentu bukan persoalan yang bisa dikatakan mudah.

Sebab, sering kali hal tertentu yang dianggap sebagai penyebab, ternyata bukanlah penyebab utama. Begitu juga dalam hal ini, sangat perlu direnungkan kembali apa saja hal yang berpotensi menghambat diri untuk berkembang, termasuk saat ingin belajar melihat suatu hal dari sisi yang lebih positif.

5. Menyusun prioritas hidup secara cermat

5 Hal yang Bantu Kamu Melihat Sisi Positif Suatu Hal, Ada Prosesnyailustrasi orang menulis di buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pada umumnya seseorang tidak akan terlalu sibuk untuk bersikap dan berpikir negatif terhadap suatu hal bila memiliki fokus yang terarah. Salah satunya berkaitan juga dengan prioritas hidup. Jika prioritas hidup sudah ditentukan dan disusun dengan cermat, maka biasanya fokus juga akan beralih pada prioritas tersebut.

Dengan demikian, kita akan berusaha untuk mencapai prioritas tersebut dengan motivasi yang kuat. Secara langsung atau tidak langsung, diri sendiri juga akan menjadi pribadi yang senantiasa memahami sesuatu dari sisi positif, lho.

Oleh karena itu, kalau sudah memahami seluruh penjelasan di atas, ada baiknya untuk coba menerapkan kelima hal di atas secara teratur dan disiplin. Diharapkan esensi dari pemahaman yang sudah diterima dapat membantumu untuk mampu melihat sisi positif dari suatu hal secara tepat.

Baca Juga: 5 Hal yang Mampu Meningkatkan Sisi Positif Diri

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya