Comscore Tracker

5 Hal Berikut Perlu Diingat, saat Jerih Payahmu Belum Membuahkan Hasil

Cobalah untuk tetap sabar dan berusaha

Rasanya semua orang tentu ingin hasil kerja keras dan jerih payahnya terbayarkan dengan hasil yang baik, kan? Namun, kenyataan yang terjadi kadang tidak selalu memberikan hasil yang diinginkan.

Tak jarang, kenyataan pahit tersebut dapat menimbulkan kekecewaan yang mendalam. Nah, kalaupun jerih payahmu belum membuahkan hasil, ingatlah kembali tentang lima hal berikut ini. 

1. Meski tidak mudah, kesabaran tetap diperlukan

5 Hal Berikut Perlu Diingat, saat Jerih Payahmu Belum Membuahkan Hasililustrasi break kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ya, rasanya bisa sangat tidak nyaman dan melelahkan jika harus menghadapi kenyataan tersebut. Namun, jika memang jerih payahmu belum membuahkan hasil seperti yang diharapkan, mungkin saat ini kesabaranmu sedang diuji. 

Alhasil, kesabaran justru sangat dibutuhkan di saat seperti ini. Terus mengingatkan diri untuk sabar memang tidak gampang, tapi tetap saja diperlukan, ya. Siapa tahu tinggal sedikit lagi dirimu bisa memperoleh hasil yang sudah ditunggu-tunggu. 

2. Ingatkan diri untuk tetap fokus pada tujuan

5 Hal Berikut Perlu Diingat, saat Jerih Payahmu Belum Membuahkan Hasililustrasi fokus bekerja (pexels.com/@Cedric Fauntleroy)

Sadari bahwa proses yang sedang dijalani dalam segala rintangannya bisa saja mengalihkan dirimu dari fokus yang diperlukan. Fokus utama dalam meraih tujuan bisa ikut buyar saat merasa belum mampu mewujudkan harapan yang hendak dicapai. 

Padahal bisa saja dirimu sudah setengah jalan dalam proses yang dilalui. Jangan biarkan arah fokus jadi hilang begitu saja karena tidak menyadari hal ini. Jadi, tetap ingatkan dirimu untuk tetap fokus pada tujuan meski mungkin sedang dihadapkan pada hambatan tertentu. 

Baca Juga: 5 Sebab Usahamu Meraih Tujuan Gak Kunjung Membuahkan Hasil

3. Sadar untuk tidak terlalu bergantung pada hasil

5 Hal Berikut Perlu Diingat, saat Jerih Payahmu Belum Membuahkan Hasililustrasi semangat belajar (pexels.com/Zen Chung)

Menetapkan tujuan memang jadi hal yang penting. Namun, sebaiknya jangan sampai terlalu bergantung pada hasil akhir, ya. sebab untuk mendukung diri lebih tekun berusaha tapi tanpa merasa terbebani, ada baiknya untuk bersikap tenang dan realistis.

Dirimu tahu batas kemampuan diri saat ini dan tidak memaksakan diri untuk berusaha melebihi kapasitas diri. Tentunya bukan berarti sampai bersikap pesimis, apalagi ingin menyerah begitu saja. Melainkan berusaha semaksimal mungkin setahap demi setahap, setuju? 

4. Coba evaluasi kembali rencana yang sudah ada

5 Hal Berikut Perlu Diingat, saat Jerih Payahmu Belum Membuahkan Hasililustrasi sedang berpikir (pexels.com/cottonbro)

Usaha yang sudah dilakukan dengan susah payah sebaiknya dievaluasi kembali agar bisa memaksimalkan hasilnya. Setelah itu, kamu bisa mempelajari kembali apa saja kekurangan yang masih bisa diperbaiki dari rencanamu, di mana dalam hal ini yang berkaitan dengan proses mencapai tujuan. 

Jika setelah diamati dan dinilai ulang, ternyata masih ada hal yang bisa ditingkatkan lagi, maka kamu bisa mempertimbangkan juga hal tersebut. Dengan demikian, pencapaian yang diinginkan bisa lebih berpotensi untuk diraih dan membantu dirimu untuk terus semangat berusaha. 

5. Pikirkan juga tentang prinsip hidup

5 Hal Berikut Perlu Diingat, saat Jerih Payahmu Belum Membuahkan Hasililustrasi sedang merenung (pexels.com/ArtHouse Studio)

Ketahuilah kalau prinsip hidup bisa membantu diri untuk tetap tegar. Dengan catatan prinsip hidup tersebut memang bermakna positif dan bijaksana. Pikirkan kembali prinsip hidupmu selama ini, sudah tepat atau tidak menurutmu jika dipikir-pikir kembali? 

Hal ini penting agar jangan sampai prinsip hidup yang ada malah membuat diri merasa terpuruk karena memiliki makna yang kurang cocok untuk diterapkan. Jadi, pahami dan tanyakan lagi pada dirimu sendiri, renungkan dengan tenang jawaban yang dirimu perlukan. 

Nah, seluruh penjelasan di atas juga diharapkan bisa jadi pengingat yang tepat saat kamu membutuhkannya. Mungkin saat ini keadaan yang dirimu alami memang terasa sulit dan penuh tantangan. Meski begitu, jangan lupa untuk berusaha sebaik-baiknya dan tetap semangat, ya.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Gak Mudah Merendahkan Kerja Keras Orang Lain

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya