Comscore Tracker

Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Terpaksa Bikin Keputusan yang Terburu-buru

Tetaplah bijak meski harus berpacu dengan waktu

Kalau boleh memilih, rasanya hampir semua orang ingin punya waktu yang cukup ketika harus membuat suatu keputusan. Tapi, apa daya saat situasi dan kondisi terkadang memaksa kita untuk membuat keputusan secara terburu-buru. 

Ya, terkadang ada keputusan yang harus dibuat dalam waktu singkat atau harus berpacu dengan waktu yang ada. Hal ini sering menimbulkan kebingungan dan keraguan saat hendak mengambil keputusan tersebut. Oleh karena itu, untuk mengurangi potensi dari hal-hal yang tak diinginkan, cobalah untuk mengingat 5 hal penting ini. Yuk kita simak! 

1. Sisihkan sedikit waktu saja untuk berpikir dengan jernih

Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Terpaksa Bikin Keputusan yang Terburu-buruunsplash.com/Christian Fregnan

Pikiran yang jernih memang merupakan kunci utama saat hendak membuat keputusan. Tapi, waktu yang singkat sering menghambat diri kita untuk berpikir dengan jernih. Nah, meski waktu yang kamu miliki sangatlah singkat dan terbatas, coba sisihkan sedikit saja waktumu untuk berpikir dengan tenang dan jernih.

Walau hanya 5 menit sekali pun, cobalah untuk menyisihkan waktu yang berharga tersebut. Gunakan waktu yang ada untuk berpikir dengan jernih. Meski mungkin terasa sulit, namun tetap kuatkan hati dan pikiranmu ya! 

2. Jangan mudah terpengaruh ucapan orang lain, tenangkan dirimu dulu

Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Terpaksa Bikin Keputusan yang Terburu-burupexels.com/mentatdgt

Ucapan orang lain sangat mudah memengaruhi diri seseorang ketika situasi terasa sulit dan memaksa. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan ucapan yang kamu dengar saat berada dalam kondisi terpaksa dan terburu-buru. 

Terlepas dari apa pun niat orang lain saat mereka berbicara padamu, ingatlah bahwa keputusan yang kamu buat punya risiko dan dampaknya masing-masing. Entah itu hanya berdampak pada dirimu atau pun berdampak juga pada orang lain, pastikan kamu sudah menjernihkan pikiran dan hatimu saat hendak mengambil keputusan. 

3. Pikirkan solusi terbaik, bukan keuntungan terbaik

Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Terpaksa Bikin Keputusan yang Terburu-burupexels.com/Garon Piceli

Ini nih hal yang perlu diingat ketika keadaanmu begitu terburu-buru saat hendak mengambil keputusan. Sungguh wajar, jika setiap orang ingin keputusan yang dibuatnya bisa menghasilkan keuntungan terbaik. Tapi sayangnya hal itu tidak akan selalu terjadi, terutama di saat keadaan begitu mendesak dan terburu-buru. 

Jadi, hal yang perlu dipikirkan saat hendak membuat keputusan yang terburu-buru adalah apa dan bagaimana solusi terbaik, bukan keuntungan yang terbaik. Solusi berarti jalan keluar, mungkin tidak akan memberikan keuntungan terbaik namun setidaknya merupakan jalan keluar terbaik yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Pantang Mengambil Keputusan saat Sedang Emosi

4. Mungkin ini saatnya untuk mengingat kembali prinsip hidupmu

Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Terpaksa Bikin Keputusan yang Terburu-burupexels.com/Daniel Spase

Di saat waktu semakin singkat dan kamu harus membuat keputusan secepatnya, maka kamu mungkin bisa mengingat dan menggunakan kembali prinsip hidupmu. Ya, prinsip hidup adalah prinsip yang berisi nilai-nilai hidup yang kamu pegang dengan kuat. 

Prinsip hidup biasanya sudah sesuai dan melekat dengan karakter dan kepribadianmu. Prinsip hidup inilah yang bisa kamu ingat kembali saat hendak mengambil keputusan, yakni apakah keputusan tersebut sudah sesuai dengan prinsip hidup yang kamu pegang? Sehingga walau sedang dikejar waktu, prinsip hidup ini mungkin saja dapat membantumu untuk membuat keputusan yang bijaksana. 

5. Coba fokus untuk mempertimbangkan pikiran yang paling dominan

Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Terpaksa Bikin Keputusan yang Terburu-buruunsplash.com/Ethan Sykes

Pastinya, akan ada banyak pikiran yang muncul dan lewat saat terpaksa harus membuat keputusan yang terburu-buru. Lalu, ke arah manakah pikiran harus difokuskan? Jawabannya mungkin ada pada pikiranmu yang paling dominan.

Dikarenakan waktu yang sangat singkat, coba pahami dulu pikiran yang paling dominan muncul. Bisa jadi permasalahan utama memang ada pada pikiran yang paling sering muncul sehingga daripada semakin bingung menentukan fokus, prioritaskan dulu pikiran paling dominan dan jika masih ada waktu, kamu bisa fokus ke pikiran-pikiran lainnya. 

Jadi, itulah kelima hal penting yang perlu diingat saat kamu terpaksa membuat keputusan yang terburu-buru. Mudah-mudahan penjelasan di atas bisa berguna bagi kamu yang saat ini sedang ragu dan bimbang. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: Bikin Bingung, 5 Alasan Kenapa Bos Plinplan Saat Mengambil Keputusan

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya