Jangan Terbiasa Mengucapkan Kata 'Terserah', Ini 5 Alasan Pentingnya!

Siapa nih yang suka begini?

Kata 'terserah' kemungkinan besar sudah sering kamu ucapkan dalam kehidupanmu sehari-hari, atau mungkin kamu sering mendengarnya dari orang lain saat kamu bertanya kepada mereka. Well, kata 'terserah' ini biasanya dipakai untuk menunjukkan bahwa kamu pasrah dan tidak mau memusingkan atau mempermasalahkan pilihan yang dihadapkan padamu.

Namun, apakah kamu menyadari bahwa kebiasaan sepele selalu mengucapkan kata 'terserah' akan memberikan dampak yang tidak baik bagi dirimu. Kok bisa? Daripada penasaran yuk kita langsung simak ulasannya di bawah ini.

1. Kamu akan terbiasa menjadi pribadi yang malas berpikir

Jangan Terbiasa Mengucapkan Kata 'Terserah', Ini 5 Alasan Pentingnya!pexels.com/Zun Zun

Dalam hidup ini, kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya aktivitas berpikir. dari hal sepele sampai hal penting kita akan selalu dituntut untuk berpikir dan tentunya hal ini dimaksudkan agar manusia selalu berkembang. Tapi nih, kalau kamu terus-terusan mengucapkan kata 'terserah' ketika ditanya maka nantinya kamu akan menjadi pribadi yang malas berpikir lho.

Kalau sesekali sih gak masalah ya, tapi kalau keseringan nanti kamu sendiri nih yang rugi terutama saat dihadapkan pada keputusan yang menuntutmu harus berpikir keras, padahal kamu sudah terbiasa malas berpikir. Waduh, kalau sudah begitu kamu mengerti bukan betapa pentingnya melatih diri agar terbiasa berpikir kritis?

2. Lama kelamaan, orang lain yang akan selalu menentukan pilihan hidupmu

Jangan Terbiasa Mengucapkan Kata 'Terserah', Ini 5 Alasan Pentingnya!pexels.com/rawpixel.com

Ya, alasan penting lain kenapa kamu gak boleh membiasakan diri mengucapkan kata 'terserah' ini adalah agar kamu terbiasa membuat keputusan dalam hidupmu sendiri. Biasanya ketika kamu sudah mengucapkan kata 'terserah' maka orang lain yang akan menentukan pilihan sesuai yang mereka inginkan.

Misalnya nih, saat memilih tempat makan seringkali kita mengatakan 'terserah kamu aja deh' padahal mungkin kamu alergi dengan seafood dan karena kamu tidak mau mengeluarkan pendapatmu, temanmu yang tidak tahu akhirnya membawamu ke restoran yang menu utamanya adalah seafood. 

Nah, begitu juga ketika menghadapi keputusan penting dalam hidupmu kalau kamu tidak mau menentukan keputusan dan pilihanmu sendiri maka orang lainlah yang akan menentukannya untukmu. Dan kemungkinan besar pilihan tersebut tidak akan cocok ataupun sesuai untukmu karena mereka bukanlah dirimu yang tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Baca Juga: 5 Alasan Menjadi Pribadi yang Suka Menyendiri Tidak Melulu Buruk

3. Kata 'terserah' biasanya menunjukkan kalau kamu tidak tertarik dengan pembicaraan dan bisa jadi bikin kesal orang yang bertanya padamu

Jangan Terbiasa Mengucapkan Kata 'Terserah', Ini 5 Alasan Pentingnya!pexels.com/Tirachard Kumtanom

Kamu sering kesal gak sih dengan orang-orang yang kalau ditanya selalu menjawab "terserah'? Kamu sendiri akan merasa malas dan kesal bila harus bertanya lagi kepada orang tersebut, iya kan? Nah, gak bisa dipungkiri kalau kata 'terserah' ini jadi semacam kode bahwa orang yang kamu tanyai tidak tertarik dengan pembicaraanmu. Hmm, kalau begitu sih takutnya kamu malah merasa tidak dihargai dan dianggap.

Jadi, bukan berarti kamu harus berdebat ketika mengutarakan pendapat atau keinginanmu, kamu bisa mengutarakannya baik-baik kok dan walaupun tidak banyak yang diutarakan percayalah hal ini sudah membuat orang lain yang bertanya padamu merasa senang dan dihargai ketimbang mengucapkan kata 'terserah' saja.

4. Kamu merasa aman di zona nyamanmu yang ujung-ujungnya bikin kamu gak berkembang

Jangan Terbiasa Mengucapkan Kata 'Terserah', Ini 5 Alasan Pentingnya!pexels.com/Pixabay

Seringkali kata 'terserah' ini diucapkan bagi orang yang gak mau cari aman dan tidak mau ambil resiko ketika dihadapkan suatu pilihan atau permasalahan. Misalnya, keitka kamu sedang bekerja dalam tim kamu tidak mau mengutarakan pendapatmu karena tidak mau disalahkan orang lain kalau-kalau ternyata idemu berakhir gagal.

Padahal, ada kemungkinan bahwa idemu yang out of the box sekalipun punya peluang untuk menjadi ide brilian yang menguntungkan. Jadi, kalau kamu mau berkembang jangan takut untuk mengutarakan pendapat asalkan maksudnya positif, hasil akhir bukanlah segalanya. Setuju?

5. Dalam lingkungan kerja, kamu akan dinilai sebagai orang yang tidak profesional

Jangan Terbiasa Mengucapkan Kata 'Terserah', Ini 5 Alasan Pentingnya!pexels.com/Christina Morillo

Bayangkan saat kamu sedang meeting di kantor untuk mendiskusikan hal penting dan ketika kamu ditanya oleh atasanmu kamu hanya menjawab 'terserah bapak/ibu saja' , duh bagaimana menurutmu tanggapan rekan kerja dan atasan yang mendengarnya?

Bisa-bisa kamu dianggap tidak profesional dan tidak layak untuk bekerja lagi. Jadi, mulai sekarang biasakanlah untuk memberikan pendapat ketika diminta dengan catatan tidak menyinggung perasaan orang lain ya.

Jadi, itulah kelima alasan penting kenapa sebaiknya kamu jangan membiasakan diri untuk mengucapkan kata 'terserah' apalagi dalam lingkungan formal. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Terungkap, Bro! Ini Makna Kata "Terserah" yang Sering Diucapkan Cewek

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You