Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Jauh Lebih Kuat daripada Bayanganmu Sendiri

Berusahalah untuk tetap semangat, ya! #IDNTimesLife

Mungkin kamu sering merasa kalau kamu adalah pribadi yang lemah dan tak berdaya. Mungkin juga, kamu merasa begitu banyak keterbatasan yang membuatmu merasa lemah dan tidak berharga.

Jika hal itu yang saat ini kamu rasakan, coba simak dulu ulasan berikut. Kamu akan memahami kenapa kamu sebenarnya jauh lebih kuat dari apa yang kamu bayangkan.

1. Mungkin tanpa disadari, masih banyak potensi terpendam yang belum terasah dan menunggu untuk dimanfaatkan dengan bijak

5 Alasan Kamu Jauh Lebih Kuat daripada Bayanganmu Sendiriilustrasi sedang fokus (pexels.com/Polina Zimmerman)

Setiap manusia tentunya dibekali dengan potensi hebat yang ada dalam diri masing-masing. Namun potensi tetaplah menjadi potensi jika tidak pernah diketahui dan diasah dengan baik.

Potensi luar biasa tersebut barulah akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain jika sudah disadari keberadaannya. Selain disadari, perlu diasah dan digunakan untuk tujuan yang baik serta bijak agar bisa berkembang dengan lebih cepat.

2. Bahkan orang lain diam-diam merasa kagum padamu, meski kamu mungkin merasa rendah diri

5 Alasan Kamu Jauh Lebih Kuat daripada Bayanganmu Sendiriilustrasi sedang mengobrol (pexels.com/Buro Millennial)

Di saat kamu merasa rendah diri dan merasa tidak berdaya, ketahuilah kalau mungkin ada orang-orang yang sebenarnya merasa kagum padamu. Misalnya kagum pada kualitas dirimu yang mungkin tidak pernah kamu sadari sebelumnya.

Ini artinya kamu pun mungkin belum memahami dan mengenal dirimu sepenuhnya. Kamu terlalu fokus pada kekurangan diri sampai lupa dengan kelebihan diri yang ada. Tentunya tidak perlu terburu-buru ya, menerima diri dan berusaha semaksimal mungkin adalah kunci penting yang perlu diingat.

Baca Juga: 5 Alasan kenapa Pribadimu Wajib Rendah Hati kalau Jadi Pemimpin

3. Gambaran kamu terhadap dirimu masih belum tepat, padahal dalam lubuk hati kamu tahu potensi dan kekuatanmu

5 Alasan Kamu Jauh Lebih Kuat daripada Bayanganmu Sendiriilustrasi orang merenung (pexels.com/Pixabay)

Kamu mungkin punya gambaran yang sering muncul tentang dirimu sendiri. Hanya saja tidak tahu apakah gambaran itu sudah tepat atau tidak. Jika kamu terus memiliki gambaran negatif terhadap dirimu, tentunya potensi yang kamu miliki seolah-olah hilang tak berbekas.

Padahal dari lubuk hatimu yang terdalam, kamu tahu akan potensi dan kekuatan yang kamu miliki. Hanya saja citra diri yang tidak tepat malah terus mendorongmu untuk mengabaikan potensi tersebut. Jadi, coba bangun gambaran yang positif dan bijaksana tentang diri kamu sendiri, ya!

4. Coba ingatlah kembali masa-masa kamu berjuang dan berhasil bangkit dari hal-hal buruk tersebut

5 Alasan Kamu Jauh Lebih Kuat daripada Bayanganmu Sendiriilustrasi merasa damai (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Mungkin saat ini kamu terlalu fokus pada masalah dan hal-hal buruk yang terjadi, sehingga kamu terus merasa terpuruk dan tidak berdaya. Padahal kamu tahu bahwa kamu sudah pernah melalui keterpurukan tersebut dan berhasil bangkit dari hal-hal buruk tersebut.

Mungkin juga kamu melupakannya, tapi cobalah ingat kembali masa-masa kamu berjuang dan berhasil melaluinya. Dengan begitu kamu akan menyadari bahwa kamu jauh lebih kuat dari apa yang kamu bayangkan.

5. Jika ini pertama kali kamu berjuang untuk bangkit dari keterpurukan, yakin dan ketahuilah kalau kamu juga berhak untuk terus menguatkan diri

5 Alasan Kamu Jauh Lebih Kuat daripada Bayanganmu Sendiriilustrasi orang sedang berpikir (pexels.com/Rein Krijgsman)

Setiap orang tentu memiliki pengalaman yang berbeda-beda, 'kan? Nah, jika ini pengalaman pertamamu untuk berjuang bangkit dari keterpurukan tersebut maka ingatlah hal penting ini. Ya, kamu juga berhak untuk terus menguatkan dirimu hingga berhasil melaluinya. Meski mungkin situasi, keadaan atau bahkan orang lain tidak mendukungmu, yakin dan ketahuilah kalau kamu berhak untuk bangkit dari keterpurukan tersebut.

Perlu diingat kalau menjadi lebih kuat juga bukan berarti menjadi sempurna, ya. Melainkan berusaha sebaik mungkin pada hal-hal yang tepat untuk dilakukan. Mudah-mudahan apa yang sudah dijelaskan bisa memberikan inspirasi dan pencerahan bagi kamu yang membutuhkannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Saran Buatmu yang Kesulitan Meyakinkan Orang Lain untuk Percaya

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya