Comscore Tracker

Kamu Selalu Bergantung pada Pendapat Orang lain? Ini 5 Akibatnya!

Sepele sih tapi terasa lho akibatnya

Manusia pada dasarnya saling mempengaruhi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Misalnya dalam berkomunikasi, setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai suatu hal, sehingga sadar atau tidak sebenarnya kita pernah terpengaruh atau mempengaruhi orang lain dengan pendapat kita.

Tentu saja setiap orang bebas berpendapat pada batas tertentu. Sah-sah saja ketika kita mendengar dan menerima pendapat orang lain asalkan dalam batas yang wajar. Yang jadi masalah adalah jika seringkali kita terlalu bergantung pada pendapat orang lain.

Jika kamu terlalu bergantung pada pendapat orang lain maka 5 akibat ini mungkin terjadi padamu.

1. Tanpa disadari kamu sudah terbiasa didikte orang lain

Kamu Selalu Bergantung pada Pendapat Orang lain? Ini 5 Akibatnya!dramabeans.com

Akibat pertama dari selalu bergantung dengan pendapat orang lain adalah kamu bagaikan 'robot' yang selalu mengikuti perintah berdasarkan orang lain. Kamu selalu didikte untuk melakukan segala sesuatu berdasarkan apa kata orang.

Hmm, tentu saja kebiasaan didikte ini gak bermanfaat buat dirimu lho! Boleh-boleh saja menerima masukan dari orang lain namun balik lagi kamulah yang harus menentukan sendiri apa yang mau kamu lakukan asalkan hal tersebut positif ya!

2. Kamu akan capek sendiri dengan segudang pendapat orang lain

Kamu Selalu Bergantung pada Pendapat Orang lain? Ini 5 Akibatnya!pexels.com/Vera Arsic

Pendapat orang lain bisa bersifat objektif maupun subjektif. Nah, kalau pendapat objektif itu biasanya berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada sehingga setidaknya kita masih dapat menerima pendapat tersebut walaupun mungkin kita setuju. Nah, gimana dengan pendapat subjektif? Pendapat subjektif itu adalah kebalikan dari pendapat objektif itu sendiri.

Pendapat subjektif ini sifatnya personal dan cenderung mengabaikan data dan fakta yang ada. Pendapat subjektif inilah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari maka gak heran bila kamu terlalu bergantung pada banyaknya pendapat orang lain, terutama pendapat yang sifatnya subjektif ini maka kamu sendiri deh yang akan capek.

Jadi, pada akhirnya juga tergantung pada keputusanmu sendiri nih apakah kamu mau bergantung pada pendapat objektif maupun subjektif dari orang lain.

Baca Juga: Kalau Kamu Sudah Merasa Bahagia, Apa Masih Perlu Mikirin Pendapat Orang Lain?

3. Kemungkinan besar kamu akan mudah kecewa

Kamu Selalu Bergantung pada Pendapat Orang lain? Ini 5 Akibatnya!dramabeans.com

Selalu bergantung pada pendapat orang lain ujung-ujungnya hanya bikin kamu kecewa jika kamu terlalu berharap. Terkadang, tanpa disadari kamu sering bergantung pada pendapat orang lain karena kamu ingin diterima dan menyenangkan orang lain. Benar gak?

Tapi, sejatinya kamu tidak bisa selalu menyenangkan orang lain lho. Jadi, sebaiknya pendapat orang lain kamu pilih-pilih dulu deh mana yang bersifat membangun atau malah sebaliknya.

4. Akibatnya, kamu akan lebih sering berada di zona nyaman dan tidak berkembang

Kamu Selalu Bergantung pada Pendapat Orang lain? Ini 5 Akibatnya!pexels.com/Nikolay Draganov

Gimana mau berinovasi dan makin kreatif kalau kamu selalu mengikuti semua yang orang lain lakukan? Nah, akibat lain dari kebiasaan yang suka bergantung pada pendapat orang lain adalah sering stuck di zona nyaman.

Ya, terlalu berkutat di zona nyaman berarti kamu tidak makin berkembang nih. Padahal, manusia sehsrusnya berkembang ke arah yang positif dan lebih baik sepanjang hidupnya, iya gak?

5. Gawatnya lagi, sikap plin-plan makin berkembang dalam dirimu

Kamu Selalu Bergantung pada Pendapat Orang lain? Ini 5 Akibatnya!pexels.com/pixabay

Well, kamu tahu dong sikap plin-plan yang sering dinilai agak menyebalkan ini? Ya, sikap plin-plan berarti sikap di mana seseorang cenderung berubah-ubah dan gak punya pendirian yang tetap. Sikap plin-plan ini salah satunya disebabkan faktor luar seperti banyaknya pendapat orang yang berlainan dan bikin bimbang.

Padahal nih, sudah seharusnya kamu dapat membuat keputusan untuk dirimu sendiri secara sadar dan matang tanpa didominasi oleh pendapat orang lain yang cenderung subjektif dan tidak berdasarkan fakta atau memiliki alasan yang kuat. Jadi, sudah jelas bukan kalau sikap plin-plan bisa makin berkembang akibat kebiasaan yang suka bergantung pada pendapat orang lain.

Itulah kelima akibat di atas bila kamu selalu bergantung pada pendapat orang lain. So, tak ada salahnya kan bila kamu selalu bersikap bijak dalam menanggapi semua pendapat orang lain. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Polos Banget, 6 Zodiak Cewek Ini Mudah Percaya Perkataan Orang Lain

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya