Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Meminta Tolong pada Orang Lain

Bersikap bijaklah saat meminta tolong pada orang lain

Meminta tolong pada orang lain adalah hal yang biasa dan sangat mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Adakalanya, kita perlu pertolongan atau bantuan orang lain, entah saat dalam kesulitan ataupun dilanda masalah, mulai dari hal kecil sampai hal besar.

Nah, masalahnya nih, seringkali tanpa disadari, kita malah melakukan kesalahan-kesalahan saat meminta tolong pada orang lain lho. Apa saja? Yuk, kita simak!

1. Tidak menggunakan kata 'tolong'

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Meminta Tolong pada Orang Lainbbcamerica.com/Stepan Popov/Fotolia

Nah, kalau kesalahan yang satu ini sih kelihatannya sepele, tapi jangan pernah dianggap remeh ya. Kata 'tolong' ini memang cukup ampuh saat kita memerlukan pertolongan orang lain. Kata 'tolong' ini adalah bentuk kesopanan dan kerendahan hati kita saat meminta bantuan dari orang lain. 

Coba bayangkan, apa reaksimu saat orang meminta bantuanmu tanpa menggunakan kata 'tolong' ini? Pastinya, agak tidak nyaman saat mendengarnya. Oleh karena itu, biasakan untuk mengucapkan kata 'tolong' saat meminta tolong pada orang lain, ya!

2. Meminta tolong dengan nada memerintah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Meminta Tolong pada Orang Lainpexels.com/Startup Stock Photos

Nah, kalau kesalahan ini juga cukup fatal lho, apalagi saat kamu betul-betul sedang memerlukan pertolongan orang lain. Jangan sampai kamu malah bersikap tidak bijaksana dengan memerintah orang lain untuk membantumu.

Ingat, kerendahan hati juga menjadi kunci penting saat meminta pertolongan orang lain. Kalau sampai kamu melakukan kesalahan ini, bisa-bisa kamu langsung ditolak mentah-mentah oleh orang yang kamu minta bantuannya. 

Baca Juga: 5 Cara Mengambil Hati Atasan di Kantor, Tanpa Harus Menjadi Penjilat

3. Ekspresi wajah dan gestur tubuh yang tidak mendukung

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Meminta Tolong pada Orang Lainpexels.com/Jean Bertordo

Terkait dengan poin yang sudah dijelaskan di atas, sikap seseorang juga sangat menentukan apakah orang lain menjadi tergerak untuk menolong. Hal ini tercermin dari ekspresi wajah dan gestur tubuh. Misalnya, jangan sampai kamu menampilkan kesan sombong dan angkuh saat meminta tolong. 

Kalau begitu sih, siapa yang mau menolong? Jadi, tampilkan sikap sopan dan rendah hati saat meminta pertolongan orang lain. Sebab, kepribadianmu juga akan terlihat dari caramu bersikap pada orang lain lho, terutama saat meminta tolong.

4. Meminta tolong dengan cara mengungkit kembali pertolongan yang sudah pernah diberikan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Meminta Tolong pada Orang Lainunsplash.com/Alexis Brown

Memang, dalam kehidupan ini kita sudah seharusnya saling tolong menolong. Jadi, memang tak ada salahnya saat kita meminta bantuan dari orang yang pernah kita tolong. Tapi, bukan berarti kita boleh bersikap tidak bijak dengan cara mengungkit-ungkit kembali soal kebaikan atau pertolongan yang pernah kita lakukan untuknya.

Hal ini malah membuat kamu terlihat tidak tulus dan ikhlas ketika menolong orang tersebut. Percayalah, setiap kebaikan hati yang tulus akan mendapat kebaikan juga, walau belum tentu berasal dari orang yang sama.

5. Langsung bersikap marah saat orang lain menolak untuk menolong

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Meminta Tolong pada Orang Lainunsplash.com/Christian Fregnan

Memang, pada kenyataannya tidak semua permintaan tolong kita mendapatkan respon sesuai apa yang kita inginkan. Bisa jadi orang tersebut menolak untuk menolong, bahkan mungkin orang tersebut adalah orang yang pernah kamu tolong.

Tidak perlu marah atau kecewa padanya, tetaplah bersikap tenang dan berpikir jernih. Cobalah untuk meminta bantuan dari orang lain lagi, yang penting coba untuk tetap berpikiran positif dan tenang dulu, ya.

Jadi, itulah lima kesalahan yang sering dilakukan saat meminta tolong pada orang lain. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lain

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You