Comscore Tracker

5 Kesalahan Sepele yang Membuat Kamu Sulit Menjadi Pendengar yang Baik

Sudah tahu belum?

Mungkin saat ini kamu sedang mencari berbagai tips atau cara agar mampu menjadi pendengar yang baik. Sudahkah kamu menemukannya? Perlu disadari kalau untuk menjadi pendengar yang baik tentunya diperlukan cara yang tepat.

Tak hanya itu saja, mungkin ada kesalahan-kesalahan yang selama ini menghambatmu untuk menjadi pendengar yang baik. Bisa jadi ada banyak kesalahan sepele yang selama ini menghambatmu. Apa saja kesalahan sepele tersebut? Yuk langsung simak!

1. Menampilkan sikap yang dingin dan tidak peduli meski mungkin tanpa sengaja

5 Kesalahan Sepele yang Membuat Kamu Sulit Menjadi Pendengar yang Baikpexels.com/Whicdhemein One

Siapa sih yang senang berbicara dengan orang yang bersikap dingin dan tidak peduli pada lawan bicaranya? Ini mungkin kesalahan yang nampaknya sepele, namun dapat membuat orang lain menjadi malas untuk berbicara padamu lho. Jadi, sebaiknya bersikaplah fokus dan cermat saat sedang mendengarkan orang lain berbicara padamu.

2. Tidak memberikan tanggapan yang berarti saat orang lain sudah selesai bicara

5 Kesalahan Sepele yang Membuat Kamu Sulit Menjadi Pendengar yang Baikpexels.com/Tirachard Kumtanom

Apa sih bedanya berbicara dengan patung jika lawan bicara tidak memberikan tanggapan atau feedback yang berarti? Jika setelah orang lain bicara, dirimu tidak memberikan tanggapan apapun maka jelas kesalahan ini yang bikin orang lain merasa dirimu bukanlah pendengar yang baik.

Sebaiknya sampaikan tanggapan kepada lawan bicaramu setelah dirinya telah selesai bicara, yang penting harus disampaikan dengan cara yang baik, tepat dan bijaksana agar tidak sampai menyinggung perasaan orang lain.

Baca Juga: 5 Zodiak ini Jadi Pendengar Setia, Gak Pernah Umbar Masalah ke Orang

3. Tidak menunjukkan bahasa tubuh yang tepat dan sesuai

5 Kesalahan Sepele yang Membuat Kamu Sulit Menjadi Pendengar yang Baikpexels.com/Gustavo Fring

Saat sedang fokus bicara pun, bukan berarti lawan bicaramu tidak memperhatikan bahasa tubuh yang kamu tunjukkan. Mungkin lawan bicaramu juga sedang mengamatimu lho. Jika kamu menunjukkan bahasa tubuh yang cuek, bosan atau tidak peduli sama sekali, tentunya kamu akan sulit mendapat kepercayaan sebagai pendengar yang baik.

4. Memberi tanggapan dengan cara yang tidak tepat, misalnya saja suka memotong atau menyela ucapan orang lain 

5 Kesalahan Sepele yang Membuat Kamu Sulit Menjadi Pendengar yang Baikunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Memang betul, kita perlu memberi tanggapan saat orang lain sudah selesai bicara. Tapi berikanlah tanggapan dengan memikirkan cara atau waktu yang tepat untuk menyampaikannya.

Jangan malah suka memotong atau menyela ucapan orang lain saat orang tersebut belum selesai bicara. Sebab hal itu cukup menandakan kalau dirimu belum mampu menjadi pendengar yang baik. Seandainya sangat perlu untuk memotong ucapan orang lain pun, seharusnya ada alasan yang kuat dan jangan lupa tentang sopan santun ya!

5. Tidak memberikan tanggapan yang cocok, tepat dan sesuai dengan topik pembicaraan

5 Kesalahan Sepele yang Membuat Kamu Sulit Menjadi Pendengar yang Baikunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Intinya setelah menyadari semua kesalahan dalam memberi tanggapan di atas, penting juga untuk diingat kalau tanggapan yang disampaikan pun harus cocok, tepat dan sesuai dengan topik pembicaraan. Jika tidak, pembicaraan pun akan menjadi tidak nyambung dan akhirnya membuatmu tidak belajar untuk menjadi pendengar yang baik.

Jadi, itulah lima kesalahan sepele yang membuat kamu sulit menjadi pendengar yang baik. Jangan abaikan kesalahan-kesalahan sepele tersebut jika saat ini kamu sedang berusaha menjadi pendengar yang baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar untuk Menjadi Pendengar yang Baik

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya