Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Dilema Antara Mengikuti Logika atau Suara Hati

Supaya lebih bijak dalam mengambil keputusan

Dalam membuat suatu keputusan, cukup banyak orang yang merasa kesulitan, kebingungan dan ragu-ragu. Banyak hal yang bisa jadi penyebabnya dan yang cukup sering terjadi adalah karena pertentangan antara logika dan suara hati.

Ada orang yang lebih memilih untuk mengikuti logika daripada suara hatinya. Sebaliknya, ada pula orang yang lebih memilih mengikuti suara hati daripada logikanya. Hal ini sering menjadi dilema, karena bingung untuk menentukan pilihan yang lebih tepat dan sesuai. Lalu, bagaimana nih cara mengatasinya?Jangan khawatir, coba deh pahami dan ikuti lima tips berikut

1. Pertama, sadari kalau logika dan suara hati itu sama pentingnya

5 Tips Mengatasi Dilema Antara Mengikuti Logika atau Suara Hatipexels.com/Alan Retratos

Sejatinya, kita memerlukan keduanya dalam kehidupan kita, yakni logika dan suara hati. Ini artinya, baik logika maupun suara hati adalah sama pentingnya. Nah, tiap orang tentu punya alasan sendiri untuk menganggap mana yang lebih penting dalam hidupnya. 

Hanya saja, saat terjadi konfik antara logika dan suara hati, di sini dilema mulai muncul dan bikin bimbang. Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi dilema tersebut adalah menyadari bahwa logika dan suara hati adalah sama pentingnya dalam hidup manusia.

2. Coba telusuri pengalaman pribadimu sendiri

5 Tips Mengatasi Dilema Antara Mengikuti Logika atau Suara Hatiunsplash.com/Stefan Spassov

Bukankah kamu sebetulnya telah dihadapkan dengan berbagai keputusan sejak dulu? Baik itu keputusan kecil atau besar, telusurilah dan jangan lupa untuk direnungkan. Sesungguhnya, pengalaman-pengalaman yang sudah kamu alami bisa jadi salah satu arahan yang tepat dalam membuat keputusan.

Bila, berbagai pola dan hasil dari keputusan yang kamu buat mirip dengan yang kamu alami sekarang, maka seharusnya bukan lagi perkara sulit untuk membuat keputusan tersebut. Bukankah kamu juga sering mendengar ungkapan bahwa 'pengalaman adalah guru terbaik'?

Baca Juga: 5 Dilema yang Kadang Bikin Wanita Susah Sukses dalam Karier

3. Bila belum cukup, coba lihat dan dengarkan pengalaman orang lain

5 Tips Mengatasi Dilema Antara Mengikuti Logika atau Suara Hatipexels.com/Helena Lopes

Memang, semua pengalaman yang kita alami belum tentu cukup untuk menjadi bahan acuan dalam membuat keputusan. Lalu, bagaimana cara solusi atau alternatif yang bisa dilakukan?

Ya, kamu bisa mencoba untuk melihat dan mendengar pengalaman orang lain. Coba deh, gali pengalaman dari orang-orang yang kamu kenal, siapa tahu pengalaman mereka bisa menjadi pencerahan bagi dirimu yang saat ini sedang diliputi keraguan dan kesulitan.

4. Jangan terlalu serius, lupakan sejenak pertentangan antara suara hati dan logika

5 Tips Mengatasi Dilema Antara Mengikuti Logika atau Suara Hatiunsplash.com/Tyler Nix

Jika kamu mulai merasa lelah dengan pertentangan antara logika dan suara hati, maka sebaiknya berhenti sejenak dengan segala keruwetan yang terjadi. Jangan terlalu serius ya, cobalah untuk lebih santai untuk menghadapi hal ini. Yakin deh, dengan mengistirahatkan hati dan pikiran sejenak, kamu akan merasa lebih segar dan mungkin juga akan segera mendapatkan inspirasi dan solusi atas permasalahan tersebut.

5. Keputusan apapun memiliki risikonya masing-masing, yang terpenting siapkan mental dengan baik

5 Tips Mengatasi Dilema Antara Mengikuti Logika atau Suara HatiPexels/Bruce Mars

Terakhir, sadarilah kalau tak ada keputusan yang betul-betul bebas dari risiko. Entah apapun keputusan yang kamu lakukan, baik itu mengikuti suara hati atau logika memiliki risikonya masing-masing. Yang terpenting, jangan lupa untuk menyiapkan mental dengan baik agar tidak kecewa dengan hasil dari keputusan tersebut. Jadikan semua keputusan yang telah dibuat sebagai pelajaran berharga untuk ke depannya.

Jadi, itulah kelima tips penting untuk mengatasi dilema antara mengikuti logika atau suara hati. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Hati-hati, 7 Hal Ini Justru Tandanya Kamu Orang yang Toksik!

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You