Comscore Tracker

5 Tips Menghentikan Prasangka Negatif yang Semakin Menjadi-jadi

Jangan sampai prasangka negatif menguasai dirimu

Prasangka negatif itu memang bisa muncul jika tidak dikendalikan dengan baik. Berbagai prasangka negatif yang awalnya muncul di pikiran akan semakin menjadi-jadi jika sudah melampaui batas.

Ya, perlu diakui kalau berprasangka baik itu tidak selalu mudah sehingga tak heran kalau prasangka negatif juga sering muncul. Oleh karena itu, kamu perlu coba untuk menerapkan lima tips berikut untuk mengatasinya. Yuk, kita simak!

1. Jangan buru-buru memaksa diri untuk berprasangka baik, sebaiknya tenangkan pikiranmu dulu

5 Tips Menghentikan Prasangka Negatif yang Semakin Menjadi-jadipexels.com./Do Trung

Ingat nih, sebaiknya jangan terburu-buru memaksa diri untuk langsung berpikiran positif dan berprasangka baik. Ambil waktu untuk jeda sejenak dan tenangkan pikiranmu dulu.

Hal ini sangat penting karena semakin kamu mencoba melawan prasangka negatif tersebut, bisa-bisa prasangka negatif tersebut makin kuat. Jadi, sebaiknya abaikan dulu semua pikiran negatif tersebut sampaikan pikiranmu lebih tenang dan rileks.

2. Sadari kalau prasangka baik atau buruk adalah pilihan yang kamu tentukan sendiri

5 Tips Menghentikan Prasangka Negatif yang Semakin Menjadi-jadipexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Untuk menghentikan prasangka negatif, hal ini juga perlu dipahami dengan baik. Kadang kita menyalahkan diri, orang lain atau keadaan atas prasangka negatif yang muncul. Padahal, prasangka apa pun itu adalah suatu pilihan yang harus ditentukan sendiri.

Kamu bisa memilih untuk selalu berprasangka baik atau malah sebaliknya. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih untuk tidak berprasangka apapun atau bersikap netral. Intinya, kamu punya kebebasan untuk memilih asal diikuti dengan kehati-hatian atas dampak yang bisa ditimbulkan.

Baca Juga: Hindari Prasangka, Ini 5 Alasan Orang Sering Mengeluh di Media Sosial

3. Hindari bergosip atau membicarakan keburukan orang lain

5 Tips Menghentikan Prasangka Negatif yang Semakin Menjadi-jadipexels.com/Gustavo Fring

Bagaimana mungkin bisa menghentikan prasangka negatif kalau kebiasaan gosip atau membicarakan keburukan orang lain masih sering diteruskan? Hindarilah sebisa mungkin agar tidak menimbulkan dampak-dampak negatif lainnya.

Gosip yang sering dilakukan, secara langsung atau tidak langsung akan membuat diri selalu berprasangka negatif terhadap orang lain. Jadi, sebaiknya jangan sepelekan hal ini ya!

4. Jangan terlalu menggantungkan harapanmu kepada orang lain

5 Tips Menghentikan Prasangka Negatif yang Semakin Menjadi-jadipexels.com/fauxels

Disadari atau tidak, harapan yang berlebihan kepada orang lain bisa menimbulkan rasa kecewa dan prasangka negatif yang kuat. Sebab, saat harapan tersebut tidak terpenuhi dengan baik, pikiran pun berpotensi memberikan berbagai gambaran negatif tentang orang tersebut. Jadi, sebaiknya jangan berharap terlalu banyak atau berharap secara berlebihan kepada orang lain ya!

5. Coba pancarkan kebaikanmu tanpa perlu mengharapkan balasan kebaikan dari orang lain

5 Tips Menghentikan Prasangka Negatif yang Semakin Menjadi-jadipexels.com/Just Name

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa bikin prasangka negatif semakin melemah. Salah satunya adalah melakukan dan memancarkan kebaikan tulus tanpa perlu mengharapkan balasan kebaikan dari orang lain.

Ya, kedengarannya memang sulit namun penting banget lho untuk mengurangi prasangka negatif. Saat kamu sering melatih diri melakukan kebaikan tanpa pamrih, maka prasangka buruk terhadap orang lain pun akan ikut berkurang dengan sendirinya.

Jadi, kelima tips penting rasanya penting untuk dicoba demi menghentikan prasangka negatif yang sudah semakin menjadi-jadi. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat untukmu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya