Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Suka Menilai Orang Lain Hanya dari Satu Sisi Saja

Coba deh segera ubah sudut pandangmu

Menilai orang lain bukanlah perkara yang mudah. Karena tidak mudah, maka tak heran kalau persepsi kita terhadap orang lain bisa berbeda-beda. Lalu, apa sih saran yang rasanya cocok untuk dijadikan acuan dalam menilai orang lain?

Nah, kamu mungkin pernah mendengar kalau kita tidak dianjurkan untuk menilai orang lain hanya dari satu sisi saja. Oleh karena itu, coba cek dulu lima tanda berikut jangan-jangan selama ini kamu suka menilai orang lain hanya dari satu sisi saja.

1. Kamu menilai orang lain dari 'apa kata orang', bukan dari kenyataan yang sebenarnya

5 Tanda Kamu Suka Menilai Orang Lain Hanya dari Satu Sisi Sajapexels.com/Gustavo Fring

Sudut pandang atau persepsi kita terhadap seseorang bisa terbentuk karena berbagai hal. Salah satunya dari informasi yang kita terima dari orang lain. Tentu, informasi dari orang lain tidak selalu tepat dan benar bahkan bisa jadi sangat berbeda dari apa yang sebenarnya terjadi.

Jika kamu selalu menilai seseorang dari 'apa kata orang', maka cukup jelas kalau kamu selama ini suka menilai orang lain hanya dari satu sisi saja. Sebaiknya cek dulu fakta dan kebenarannya, jangan sampai kesalahpahaman terjadi hanya karena ucapan orang lain yang belum tentu benar.

2. Lebih memilih untuk menilai orang lain dari hal-hal yang hanya tampak di luar

5 Tanda Kamu Suka Menilai Orang Lain Hanya dari Satu Sisi Sajapexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Benar, beberapa hal yang ditunjukkan orang lain memang bisa jadi bagian dari penilaian kita terhadap orang lain. Namun, apakah hal itu selalu merupakan hal yang sebenarnya?

Entah itu kepintaran, penampilan fisik, kesuksesan, terkadang tidak dapat menjadi jaminan dari karakter dan ketulusan hati seseorang. Jadi, sebaiknya jangan buru-buru memuji maupun menghakimi orang lain hanya berdasarkan hal-hal yang hanya tampak di luar.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Bertengkar dengan Orang Lain, Hindari! 

3. Sangat sering berkomentar tanpa berpikir panjang

5 Tanda Kamu Suka Menilai Orang Lain Hanya dari Satu Sisi Sajapexels.com/fauxels

Rasanya sikap hati-hati dan waspada bukanlah sesuatu yang bisa ditawar saat kita hendak mengomentari orang lain. Ya, dalam memberi komentar pun sebaiknya dilandasi dengan kebijaksanaan dan kehati-hatian. Memberi komentar tanpa pikir panjang bisa jadi salah satu tanda kalau kamu suka menilai orang lain hanya dari satu sisi saja.

4. Tanpa mengetahui lebih lanjut, malah sering mengucapkan kata-kata negatif kepada orang lain

5 Tanda Kamu Suka Menilai Orang Lain Hanya dari Satu Sisi Sajapexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Apalagi jika kamu sebenarnya tidak mengenal orang tersebut secara personal atau pribadi, maka sungguh tidak bijak jika dirimu terus menghakimi orang lain tanpa tahu yang sebenarnya.

Selain itu, sungguh tidak terpuji jika kamu mengucapkan kata-kata negatif kepada orang lain hanya karena penilaian sendiri yang belum tentu benar dan tepat. Jadi, sebaiknya cari tahu dulu lebih lanjut atau memang jika dirasa tidak penting maka abaikan saja daripada harus menghakimi orang lain.

5. Dalam lubuk hatimu, kamu pun tahu kalau selama ini kamu menilai orang lain hanya dari satu sisi saja

5 Tanda Kamu Suka Menilai Orang Lain Hanya dari Satu Sisi Sajapexels.com/Andrea Piacquadio

Hati nurani dan perasaan memang tidak bisa bohong, hanya saja selama ini kita sendiri yang suka mengabaikan keberadaannya. Mungkin saja selama ini dalam lubuk hatimu, kamu pun tahu kalau selama ini kamu telah menilai orang lain hanya dari satu sisi saja. Kalau hal ini benar, maka ini juga merupakan tanda penting yang harus segera disadari.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu suka menilai orang lain hanya dari satu sisi saja. Semoga setelah memahami tulisan di atas, kamu mampu menjadi pribadi yang lebih bijak lagi ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Tipe Orang yang Terlalu Cepat Menilai Orang Lain, Waspada!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya