Comscore Tracker

5 Keuntungan kalau Kamu Bisa Menyeimbangkan Logika dan Perasaan

Supaya kualitas hidupmu juga ikut terjaga #IDNTimesLife

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu menggunakan logika dan perasaan. Hanya saja antara logika dan perasaan itu sering tidak seimbang, sehingga sering hanya dominan salah satunya saja.

Jadi, menyeimbangkan logika dan perasaan adalah tugas penting yang sebenarnya perlu diusahakan. Sebenarnya, dengan berusaha menyeimbangkan kedua hal tersebut membuat kamu memiliki lima keuntungan berikut ini, lho. Yuk, kita simak!

1. Kamu bisa mengerti kapan harus lebih menggunakan logika dan kapan harus lebih menggunakan perasaan

5 Keuntungan kalau Kamu Bisa Menyeimbangkan Logika dan Perasaanilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/George Milton)

Sejujurnya memang gak mudah untuk bisa langsung menyeimbangkan logika dan perasaan dalam kehidupan kita sehari-hari. Masih perlu belajar, latihan serta kesabaran agar mampu memahami kapan waktu yang pas untuk bisa menggunakan keduanya secara tepat.

Jadi, jika kamu sudah sering berlatih menyeimbangkan logika dan perasaanmu, seharusnya akan ada perkembangan yang lebih baik sedang menantimu.

2. Kamu bisa lebih memahami masing-masing peran dari logika dan perasaan dalam hidupmu 

5 Keuntungan kalau Kamu Bisa Menyeimbangkan Logika dan Perasaanilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Anthony Shkraba)

Jika ditanya, apa kegunaan dan peran penting dari logika serta perasaanmu, bisakah kamu langsung menjawabnya? Nah, perlu diakui juga kalau kadang kita sendiri belum benar-benar tahu dan mengerti tentang kedua hal di atas meski selalu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ini sering terjadi karena mungkin kurang seimbangnya penggunaan logika dan perasaan dalam kehidupan sehari-hari. Namun jangan khawatir, masih banyak kesempatan kok untuk menyeimbangkannya asal ada niat dan tekad yang kuat.

3. Selain memahami, kamu juga bisa lebih menerima keberadaan perasaan dan logika dalam hidupmu 

5 Keuntungan kalau Kamu Bisa Menyeimbangkan Logika dan Perasaanilustrasi orang menulis (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Setelah peran dan kegunaan, ada hal lain yang juga gak kalah penting dan perlu kamu perhatikan. Coba deh renungkan lagi, sudahkah kamu menerima keberadaan logika dan perasaan sebagai bagian dari kehidupanmu? Jadi, hal ini penting banget ya karena bagaimanapun juga kita perlu menggunakan kedua hal tersebut, baik logika maupun perasaan secara seimbang dalam hidup kita.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Menjaga Perasaanmu Supaya Gak Baperan & Sensitif

4. Kamu bisa jadi penasihat sekaligus pendengar yang baik bagi orang lain 

5 Keuntungan kalau Kamu Bisa Menyeimbangkan Logika dan Perasaanilustrasi sedang mengobrol (pexels.com/mentatdgt)

Sebenarnya nih ada keuntungan lain kalau kamu bisa belajar untuk menyeimbangkan logika dan perasaanmu. Jadi, entah disadari atau tidak, kamu juga sudah punya potensi besar menjadi penasihat sekaligus pendengar yang baik bagi orang lain.

Karena kamu lebih paham bagaimana perlu merespon dan menasihati orang lain sesuai kebutuhan orang tersebut, entah melalui saran yang logis atau masuk akal, hingga dengan mencoba memahami perasaan orang tersebut dengan lebih baik lagi.

5. Secara langsung atau tidak langsung, keseimbangan dari kualitas hidupmu juga akan ikut terjaga 

5 Keuntungan kalau Kamu Bisa Menyeimbangkan Logika dan Perasaanilustrasi merasa damai (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Sesungguhnya, inti penting dari menyeimbangkan logika dan perasaan berkaitan erat dengan kualitas hidupmu sendiri. Memang hal ini bukanlah hal yang mudah karena seimbang atau tidaknya dua hal tersebut juga ikut memengaruhi kehidupan sehari-hari. Jadi, jika antara logika dan perasaan sudah seimbang maka kemungkinan besar kualitas hidupmu pun akan ikut terjaga dan terus berkembang.

Jadi, itulah lima keuntungan kalau kamu bisa menyeimbangkan logika dan perasaanmu. Mungkin memang jauh dari kata mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali. Yang penting ada niat hati yang tulus dan kuat untuk menyeimbangkannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Jangan Menyingkirkan Logika Saat Jalin Hubungan

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya