Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Kamu Menyimpan Banyak 'Sampah' Emosi Negatif

Jangan biarkan emosi negatif menumpuk dalam dirimu

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada banyak 'sampah' emosi yang disimpan dalam diri. Maksudnya, ada banyak emosi maupun perasaan negatif yang berlebihan dan tidak berguna, namun tetap disimpan dalam diri. 

Bila tidak dikeluarkan atau diekspresikan secara sehat dan tepat, maka kualitas hidupmu bakal terganggu lho. Oleh karena itu, ketahui 5 tanda kalau kamu menyimpan banyak 'sampah' emosi'. Yuk, kita simak!

1. Kamu sering terbayang-bayang dengan kejadian buruk di masa lalu

5 Tanda Kalau Kamu Menyimpan Banyak 'Sampah' Emosi Negatifunsplash.com/Andrew Neel

Pengalaman buruk di masa lalu, bisa sangat mengganggu kehidupan seseorang. Entah itu yang didasari rasa takut, cemas, sedih, marah dan masih banyak lagi yang berpotensi bikin seseorang menjadi trauma dan terbayang-bayang dengan masa lalunya. 

Kalau dibiarkan menumpuk, maka suatu saat 'sampah' emosi' tersebut akan berdampak buruk pada kebahagiaan dan kualitas hidup seseorang. Tak mudah memang melupakan masa lalu yang pahit, tapi sebaiknya kamu segera mencari solusi ya, terlebih jika bayang-bayang masa lalu sudah sangat mengganggu.

2. Kamu juga sering khawatir dan cemas berlebihan akan masa depan

5 Tanda Kalau Kamu Menyimpan Banyak 'Sampah' Emosi Negatifunsplash.com/Tom Morel

Jangan salah, tak hanya masa lalu yang jadi tanda kuat kalau kamu menyimpan 'sampah' emosi negatif. Kekhawatiran yang berlebihan terhadap masa depan, juga bisa jadi pertanda kuat kalau kamu menyimpan banyak 'sampah' emosi negatif.

Hal ini juga berkaitan erat dengan masa lalu seseorang, rasa cemas dan khawatir bisa diakibatkan karena trauma dan bayang-bayang masa lalu yang belum selesai atau dipulihkan. Jadi, alangkah baiknya jika kamu bisa fokus hanya pada saat ini atau masa sekarang.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Menjadi Orang yang Sangat Emosional dan Sensitif

3. Perasaan tidak nyaman sangat sering kamu rasakan

5 Tanda Kalau Kamu Menyimpan Banyak 'Sampah' Emosi Negatifpexels.com/Pixabay

Sudah pasti kamu akan sering merasakan perasaan tidak nyaman, bila kamu menumpuk semua 'sampah' emosi dalam jangka waktu yang lama.

Perasaan tidak nyaman ini adalah semacam sinyal dari dalam diri kamu bahwa ada emosi-emosi negatif yang belum kamu atasi. Tentunya, bila dibiarkan terus dalam jangka waktu yang panjang, maka kamu sendiri yang akan rugi dengan berbagai kemungkinan akibat buruk yang mengikutinya.

4. Kamu merasa tidak dapat mengendalikan diri sendiri

5 Tanda Kalau Kamu Menyimpan Banyak 'Sampah' Emosi Negatifpexels.com/Pixabay

Tanda lain yang dapat kamu rasakan secara langsung adalah lewat kemampuan pengendalian diri. Apakah akhir-akhir ini kamu sering tidak dapat mengontrol emosi? Kamu pun mulai merasakan emosi yang meledak-ledak dan tak terkontrol. Ya, bisa jadi hal ini disebabkan karena banyaknya 'sampah' emosi negatif tersebut.

5. Orang-orang terdekat mulai mencemaskan dirimu

5 Tanda Kalau Kamu Menyimpan Banyak 'Sampah' Emosi Negatifpexels.com/Tirachard Kumtanom

Akibat dari pengendalian diri yang mulai berkurang, orang-orang terdekatmu mungkin mulai menyadari kalau ada sesuatu yang terjadi padamu. Dan, mereka pun mulai mencemaskan dan bertanya-tanya padamu. Kalau hal itu terjadi, maka besar kemungkinan kamu memang menyimpan banyak 'sampah' emosi negatif.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu menyimpan banyak 'sampah' emosi negatif. Semoga kamu bisa segera membuang 'sampah' emosi tersebut dan hidup dengan damai.

Baca Juga: 13 Faktor Medis yang Bikin Kamu Gampang Marah

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You