Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Kamu adalah Orang yang Pengertian, Bikin Adem!

Sikap bijak dipegang teguh oleh orang yang pengertian

Menjadi orang yang pengertian adalah hal yang gampang-gampang susah. Sebab, orang yang pengertian biasanya memiliki sikap yang bijak. Ya, tanpa sikap yang bijak, usaha untuk memahami dan mengerti orang lain bisa jadi bumerang bagi diri sendiri. 

Sikap pengertian yang didasari niat tulus pun bisa saja dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab demi memenuhi tujuannya. Oleh karena itu sikap bijak adalah hal yang sangat penting. Jadi, yuk kita simak 5 tanda penting kalau kamu adalah orang yang pengertian.

1. Menghindari sikap mengambil kesempatan dalam kesempitan

5 Tanda Kalau Kamu adalah Orang yang Pengertian, Bikin Adem!pexels/fauxels

Ya, orang yang pengertian tidak mau mengambil kesempatan dalam kesempitan. Ia tidak mau mengambil keuntungan di atas penderitaan orang lain.

Karena ia mengerti bahwa penderitaan yang dialami orang lain tidaklah mudah untuk dilewati. Sebaliknya, ia akan berusaha maksimal untuk bisa membantu sesuai dengan kemampuan yang ia punya. Salut banget deh!

2. Bisa menghargai usaha dan kerja keras orang lain

5 Tanda Kalau Kamu adalah Orang yang Pengertian, Bikin Adem!Ilustrasi saling menolong (pexels.com/Startup Stock Photos)

Bukan orang pengertian namanya kalau ia tidak bisa menghargai usaha dan kerja keras orang lain. Ia paham bahwa usaha dan kerja keras tidak dilakukan dalam sehari, mungkin juga sudah melewati berbagai proses panjang yang melelahkan.

Jadi, apa salahnya menghargai semua usaha dan kerja keras orang lain, sebagaimana kita juga ingin dihargai orang lain. Setuju?

3. Tidak selalu membenarkan maupun menyalahkan, sikap bijak dipegang teguh oleh orang yang pengertian

5 Tanda Kalau Kamu adalah Orang yang Pengertian, Bikin Adem!unsplash.com/Alexis Brown

Sudah sedikit disinggung pada penjelasan di atas, bahwa orang yang pengertian umumnya berpegang teguh pada sikap bijak. Ia tidak mau selalu membenarkan atau menyalahkan tanpa melihat fakta-fakta yang ada.

Ia sadar bahwa berusaha untuk memahami dan mengerti keadaan orang lain, perlu kehati-hatian. Dengan demikian, ia tidak mudah untuk berprasangka buruk dan menghakimi orang lain. Sekaligus tidak langsung membenarkan hal yang dianggap baik padahal belum tentu demikian pada kenyataannya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Pacar yang Suka Bersikap Kekanakan dan Gak Pengertian

4. Tidak mau merepotkan orang lain, selalu berusaha dulu sebelum meminta bantuan orang lain

5 Tanda Kalau Kamu adalah Orang yang Pengertian, Bikin Adem!pexels.com/fauxels

Ini nih ciri penting lain dari orang yang pengertian. Ya, mereka yang pengertian juga tidak suka merepotkan orang lain. Sebab, ia juga memahami bahwa setiap orang punya kesibukan dan urusannya masing-masing. Ia berusaha untuk mandiri dalam mengerjakan sesuatu. Dan, apabila ia tidak mampu barulah ia meminta bantuan orang lain.

5. Menjaga ucapan adalah hal yang selalu diingat oleh orang yang pengertian

5 Tanda Kalau Kamu adalah Orang yang Pengertian, Bikin Adem!Pexels.com/ Daniel Xavier

Orang yang pengertian juga sadar betul betapa pentingnya untuk menjaga ucapan. Sebab kita semua tahu bahwa ucapan yang negatif juga bisa menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain. Menjadi pengertian berarti juga mengerti bagaimana menjaga dan menghargai perasaan orang lain sebagaimana mestinya.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu adalah orang yang pengertian. Apakah kamu punya semua tanda di atas?

Baca Juga: Saat Teman Bermasalah, Ini 5 Tata Cara Bersikap Pengertian yang Tepat

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You