Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Terlena dengan Bantuan Orang Lain

Ingat, bantuan dari orang lain juga ada batasnya lho

Mendapatkan bantuan adalah hal yang diinginkan sebagian orang. Alasannya? Ya, karena bantuan yang diterima dapat memudahkan diri dalam berbagai hal. 

Mendapatkan bantuan sebenarnya bukanlah hal yang buruk atau memalukan selama hal itu benar-benar tepat dan dibutuhkan. Namun, terkadang diri sendiri bisa terlena saat menerima bantuan. Bagaimana cara mengetahuinya? Langsung saja simak lima tanda berikut. 

1. Menjadi terlalu malas untuk berjuang dengan usaha sendiri

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Terlena dengan Bantuan Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda pertama kalau kamu sudah terlena dengan bantuan orang lain adalah saat kamu menjadi malas untuk berusaha. 

Ya, tanpa sadar dirimu hanya terus berharap dari bantuan orang lain tanpa mau berusaha terlebih dahulu. Padahal situasi dan kondisi yang ada sangat memungkinkanmu untuk berjuang dan berusaha dulu sebelum meminta bantuan orang lain.

2. Maunya hanya dibantu tapi tidak pernah mau membantu

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Terlena dengan Bantuan Orang Lainpexels.com/Startup Stock Photos

Mungkin karena terlalu sering mendapat bantuan, dirimu menjadi terlena dan akhirnya terbiasa untuk menerima bantuan daripada memberi bantuan. 

Padahal saling membantu itu juga penting lho, ada saatnya dibantu dan ada saatnya membantu. Jika kamu hanya ingin dibantu namun tidak mau membantu, maka jelas kalau kamu sudah terlena dengan semua bantuan yang kamu terima. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Selalu Mengharapkan Bantuan Orang Lain

3. Tidak mau berpikir dengan bijak dan logis

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Terlena dengan Bantuan Orang Lainunsplash.com/Ilias Chebbi

Menerima bantuan itu perlu dimanfaatkan dengan bijak, jika tidak maka berpotensi menimbulkan masalah baru yang memusingkan.

Bantuan yang diterima juga perlu disikapi dengan bijak agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi dirimu. Jika dirimu enggan untuk berpikir secara bijak dan logis setelah menerima bantuan, kemungkinan besar kamu telah terlena karena bantuan tersebut. 

4. Meski sudah dibantu, kualitas hidupmu tidak juga meningkat

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Terlena dengan Bantuan Orang Lainpexels.com/mentatdgt

Tujuan diberikannya bantuan tentu untuk memudahkan atau meringankan hal-hal yang menjadi permasalahan seseorang.

Tentunya pemberian bantuan itu diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup orang yang bersangkutan. Namun jika setelah semua bantuan diterima, kualitas hidupmu tidak juga meningkat maka kemungkinan besar kamu sudah merasa sangat nyaman untuk terus menerima bantuan. 

5. Mungkin banyak konflik batin yang sebenarnya kamu rasakan

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Terlena dengan Bantuan Orang Lainpexels.com/Mike Greer

Mungkin saja ada banyak konflik batin yang kamu rasakan setelah menerima bantuan. Misalnya, satu sisi kamu tidak mau menerima bantuan namun di sisi lain kamu merasa sangat nyaman dengan bantuan yang diberikan. Inilah yang perlu diperhatikan agar kamu tahu dengan jelas apakah kamu sudah terlena atau tidak dengan bantuan yang diterima. 

Setelah mengetahui kelima tanda di atas, apakah kamu merasa punya semua tanda di atas? Semoga saja tidak ya, seandainya kamu punya semua tanda di atas pun, masih belum terlambat untuk mengubahnya asal punya niat yang kuat. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Luka Batin yang Terpendam, Segera Sadari

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya