Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Kamu Susah Melihat Orang Senang, Duh Jangan Dibiasakan!

Rasa iri hati yang menyebabkan kebiasaan tak terpuji ini

Setiap orang punya pencapaiannya masing-masing, ada yang cepat dan ada yang lambat. Ada yang berhasil dan ada pula yang gagal, dan lain sebagainya. Perbedaan itulah yang terkadang bikin seseorang susah saat melihat orang lain senang dan berhasil. Ya, sesungguhnya hal ini berakar dari rasa iri hati yang kuat. 

Kalaupun hati masih belum bisa merasa senang atau bahagia dengan pencapaian orang lain, minimal ya merasa netral atau biasa saja. Jangan sampai perasaan tidak suka saat melihat orang lain senang terus kamu pelihara ya, sebab cepat atau lambat pasti memengaruhi hidupmu sendiri. Nah, perasaan susah saat melihat orang senang ini dapat diketahui melalui lima tanda berikut.

1. Selalu sinis dengan pencapaian orang lain

5 Tanda Kalau Kamu Susah Melihat Orang Senang, Duh Jangan Dibiasakan!pexels.com/Daniel Spase

Apa pun prestasi dan pencapaian dari orang lain, rasanya membuatmu sangat panas dan tidak nyaman. Sikap sinis terhadap pencapaian orang lain pun sulit dihindarkan, malah sering dijadikan kebiasaan sehari-hari. 

Kalau hal ini yang terjadi padamu, maka bisa dipastikan kalau kamu memang susah sekali kalau melihat orang lain senang. Tentu akan berbeda cerita jika kamu menjadi lebih termotivasi dan semangat setelah mengetahui pencapaian orang lain. Jadi, jangan biasakan sikap sinis yang tidak bermanfaat ini, ya!

2. Diam-diam mengharapkan orang lain untuk menderita

5 Tanda Kalau Kamu Susah Melihat Orang Senang, Duh Jangan Dibiasakan!unsplash.com/Christian Fregnan

Entah disadari atau tidak, penderitaan dari orang yang kamu anggap berhasil dan senang adalah hal yang ditunggu-tunggu. Diam-diam kamu mungkin ingin orang tersebut merasakan penderitaan, karena kamu tak ingin ia terus merasa senang. Orang yang susah saat melihat orang senang, tentu menyimpan niat tak baik ini terhadap orang lain.

Sadarilah, tak ada untungnya mengharapkan orang lain untuk menderita. Akan jauh lebih baik kalau kita bisa fokus untuk membahagiakan diri sendiri dan orang yang dikasihi, daripada sibuk memikirkan kapan orang lain akan menderita.

Baca Juga: Kendalikan Sifat Moody dengan 5 Tips Ini Agar Tetap Bisa Produktif

3. Muncul niat untuk bersaing secara tidak sehat

5 Tanda Kalau Kamu Susah Melihat Orang Senang, Duh Jangan Dibiasakan!pexels.com/fauxels

Semakin baik dan bahagia seseorang dengan pencapaiannya, maka semakin gelisahlah orang yang susah melihat orang lain senang. Tak lama kemudian, muncul niat untuk bersaing dengan orang tersebut. Nah, bila niat yang muncul adalah karena terinspirasi dan ingin bersaing secara sehat, maka hak tersebut tak akan jadi masalah. 

Yang perlu diperhatikan adalah kemunculan niat tidak baik, yaitu niat untuk bersaing secara tidak sehat. Bila itu yang terjadi, maka ada potensi untuk menggunakan segala cara, termasuk cara buruk dan tidak baik demi mengalahkan orang yang dianggap sebagai pesaingnya. Duh, segera batalkan niat tersebut, ya!

4. Mendadak senang saat mengetahui orang tersebut tertimpa masalah

5 Tanda Kalau Kamu Susah Melihat Orang Senang, Duh Jangan Dibiasakan!unsplash.com/Ben White

Seseorang yang susah melihat orang lain senang, akan merasa sangat bahagia kalau orang lain yang tidak disukainya itu tertimpa masalah. Mendadak rasa syukur tersebut keluar dari hati dan mulut saat mengetahui kejadian yang dianggap 'baik' tersebut. 

Padahal nih, mungkin sebelumnya ia tidak pernah bersyukur akan hal apapun. Wah, sudah pasti ini bukan merupakan sikap yang terpuji dan patut ditiru, ya. Minimal, bersikaplah simpati saat orang lain tertimpa masalah, bukan malah mensyukurinya. Setuju?

5. Namun, tanpa disadari hatimu mulai terasa kosong dan hampa

5 Tanda Kalau Kamu Susah Melihat Orang Senang, Duh Jangan Dibiasakan!pexels.com/graham wizardo

Mungkin, tanpa disadari oleh orang yang susah saat melihat orang lain senang ini, ada perasaan kosong dan hampa yang tinggal dalam hati, yang sekaligus sangat sulit untuk dijelaskan.

Ya, penyebab utama dari masalah ini adalah karena adanya iri hati yang kuat. Sedangkan kita tahu bahwa iri hati tidak bisa membawa kebahagiaan, kalaupun bisa itu hanyalah kebahagiaan semu dan tak berarti.

Jadi, itulah lima tanda kalau kamu susah saat melihat orang lain senang. Duh, pokoknya jangan pernah deh membiasakan hal tidak terpuji ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Harus Dilakukan untuk Akhiri Hari yang Benar

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya