Comscore Tracker

5 Tanda Kamu adalah 'Highly Sensitive Person', Perasa Banget! 

Apakah kamu termasuk salah satunya? 

Highly sensitive person atau HSP adalah sebutan untuk orang yang punya kadar sensitivitas atau kepekaan yang tinggi. Dikutip dari laman psychologytoday, sekitar 15-20 persen populasi diperkirakan sebagai orang-orang yang punya kepekaan atau sensitivitas yang tinggi.

Orang-orang yang dikenal dengan sebutan HSP ini biasanya memang perasa banget, lho. Lalu, apa kamu termasuk salah satunya? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung kita simak lima tanda berikut! 

1. Kamu tipe orang yang suka berpikir secara mendalam

5 Tanda Kamu adalah 'Highly Sensitive Person', Perasa Banget! pexels.com/Tess Emily

Apakah kamu sering berpikir tentang sesuatu secara mendalam? Bahkan pada hal-hal sepele sekalipun? Ya, bisa jadi kamu memang punya kepekaan yang tinggi. Informasi yang masuk dan berkeliaran di kepalamu terus membuatmu berpikir secara mendalam.

Mungkin, orang-orang terdekatmu juga pernah mengatakannya padamu bahwa kamu sering berpikir secara mendalam. Sebenarnya, tak ada yang salah dengan berpikir secara mendalam asal pada hal yang tepat. Bila tidak tepat, berpikir secara mendalam mungkin saja merugikanmu. Jadi, usahakan untuk tidak berlebihan ya! 

2. Karena kamu adalah seseorang yang perasa, kamu lebih mampu berempati pada orang lain

5 Tanda Kamu adalah 'Highly Sensitive Person', Perasa Banget! www.pexels.com/VictorFreitas

Menumbuhkan empati memang perlu dilatih. Namun bagi mereka yang tingkat sensitivitasnya tinggi, kemampuan untuk berempati juga biasanya sebanding dengan kepekaan yang mereka miliki.

Kamu mampu membaca dan memahami perasaan orang lain dengan mudah. Ya, hal ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat bahwa kepekaan juga sering dikaitkan dengan perasaan seseorang.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Perlu Menangis

3. Tak hanya empati, kamu juga biasanya punya intuisi yang tajam

5 Tanda Kamu adalah 'Highly Sensitive Person', Perasa Banget! unsplash.com/Štefan Štefančík

Sejalan dengan empati, kamu yang punya kepekaan tinggi juga seharusnya memiliki intuisi yang tajam. Kamu dikenal orang-orang di sekitarmu sebagai orang yang punya feeling yang kuat dan tajam.

Tak selalu berhubungan dengan hal-hal supranatural, intuisi yang tajam sebenarnya juga merupakan hasil dari kepekaanmu yang mudah menangkap dan memahami perubahan-perubahan yang ada di sekitarmu.

4. Kamu orang yang sangat peka dan detail dalam banyak hal mulai dari benda hingga perasaan orang lain

5 Tanda Kamu adalah 'Highly Sensitive Person', Perasa Banget! unsplash.com/Eutah Mizushima

Jangan salah, kepekaan yang tinggi tak selalu berkaitan dengan perasaan dan emosi seseorang. Kamu yang termasuk highly sensitive person ini juga peka terhadap banyak hal, mulai dari benda-benda hingga perasaan orang lain.

Perubahan-perubahan sekecil apapun tak luput dari kepekaanmu, sehingga kamu juga dikenal sebagai orang yang sangat detail terhadap banyak hal. Sampai-sampai orang lain saja banyak yang tak menyadarinya, tapi kamu mungkin orang pertama yang duluan menyadarinya. 

5. Saat kepekaan diri sulit dikendalikan, kamu cukup sering merasa kalau energimu sedang terkuras

5 Tanda Kamu adalah 'Highly Sensitive Person', Perasa Banget! pexels.com/Austin Guevara

Ya, punya kepekaan yang tinggi di satu sisi memang memberi keuntungan, tapi di sisi lain kepekaan yang tinggi mungkin saja menyiksa mereka yang mengalaminya.

Tingkat kepekaan atau sensitivitas yang sulit dikendalikan ini tak jarang menguras energi yang kamu punya. Akibatnya, perasaan lelah pun sering muncul dan bikin suasana menjadi tak nyaman. Meski begitu, jangan menyerah ya sebab kamu pasti bisa kok belajar untuk mengendalikan kepekaanmu sendiri. 

Jadi, itulah kelima tanda kuat kalau kamu adalah highly sensitive person. Sebenarnya, masih banyak lho tanda seseorang punya kepekaan yang tinggi. Meski belum menyeluruh, sedikit banyak kelima tanda di atas dapat menunjukkan tingkat kepekaan seseorang. Nah, apakah kamu punya semua tanda di atas? 

Baca Juga: 9 Tanda-tanda Kamu Tuh Tergolong IQ Tinggi

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya