Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Bahagia Karena Sudah Terlatih untuk Bersyukur

Terus pertahankan rasa syukur dengan baik, ya

Setiap orang pastilah ingin merasa bahagia dalam hidupnya, betul? Nah, hal-hal yang bisa bikin bahagia tentu ada bermacam-macam, salah satunya dimulai dari rasa syukur.

Jika kamu membiasakan diri untuk rajin bersyukur, maka kebahagiaan pun akan ikut muncul dengan sendirinya. Jadi, untuk memastikannya lagi coba deh simak dulu 5 tanda berikut.

1. Kamu tahu dan menyadari kalau kebahagiaan bukanlah hasil dari mengeluh

5 Tanda Kamu Bahagia Karena Sudah Terlatih untuk Bersyukurilustrasi orang tersenyum bahagia (pexels.com/Elina Sazonova)

Tanda pertama kalau kamu bahagia karena sudah terlatih untuk bersyukur adalah adanya kesadaran diri. Dalam hal ini adalah kesadaran diri untuk mamahami kalau kebahagiaan bukanlah hasil dari mengeluh. Sebab rasa syukur yang kamu pupuk setiap hari akan memperkecil kemungkinan diri untuk terus mengeluh.

2. Kamu telah nyaman dalam menerapkan kebiasaan bersyukur dalam kehidupan sehari-hari

5 Tanda Kamu Bahagia Karena Sudah Terlatih untuk Bersyukurilustrasi orang melihat pemandangan alam (pexels.com/Sassu anas)

Perasaan bahagia yang tulus juga akan muncul kalau kamu menerapkan kebiasaan bersyukur dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya kamu sendiri perlu merasa nyaman dengan kebiasaan bersyukur tersebut,, jika tidak malah mungkin akan berakibat sebaliknya. Jadi, sebaiknya sih terus melatih diri dengan konsisten agar bisa menerapkan rasa syukur, ya!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Hidup Lebih Lama dan Lebih Bahagia

3. Kebahagiaan yang kamu cari sudah bisa dipahami dengan sudut pandang yang lebih bijak

5 Tanda Kamu Bahagia Karena Sudah Terlatih untuk Bersyukurilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/George Milton)

Tanda berikutnya kalau kamu sudah terlatih dengan rasa syukur, lihatlah kebahagiaan yang hendak kamu cari. Apakah sudah lebih baik dari sebelumnya? Nah, jika kebahagiaan yang kamu cari sudah bisa dipahami dengan sudut pandang yang lebih bijak, maka kemungkinan besar kamu pun sudah terlatih untuk sering bersyukur. 

4. Rasa syukur yang terlatih membawamu pada hal-hal lain yang juga positif dan bermanfaat

5 Tanda Kamu Bahagia Karena Sudah Terlatih untuk Bersyukurilustrasi sedang menelepon dan tertawa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebahagiaan dari rasa syukur yang terlatih juga seharusnya membawamu pada hal-hal lain yang juga positif dan bermanfaat. Dengan demikian, jelas kalau rasa syukur adalah hal yang perlu dilatih dan dibiasakan. Tidak ada kata terlambat kok untuk mulai belajar bersyukur, asal ada niat tulus dari dalam diri. Jadi, yuk mari berlatih untuk bersyukur!

5. Hal-hal sederhana pun bisa membuat kamu bahagia dengan tulus saat rasa syukur sudah terlatih

5 Tanda Kamu Bahagia Karena Sudah Terlatih untuk Bersyukurilustrasi orang tertawa bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melatih rasa syukur memang memerlukan kesabaran dalam prosesnya. Nah, jika sudah terlatih maka hal-hal yang tampak sederhana pun bisa menjadi hal yang disyukuri dengan perasaan bahagia dan tulus. Jadi, jika kamu merasakan hal ini maka coba terus pertahankan rasa syukur ini untuk terus berkembang, ya!

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu bahagia karena rasa syukur yang sudah terlatih. Salut banget jika kamu sudah merasakan tanda-tanda di atas. Semoga hal-hal yang sudah dijelaskan bisa membawa inspirasi bagimu untuk terus melatih diri dan bersyukur, ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Sehat Jiwa Raga, 6 Manfaat Bersyukur Ini Jarang Disadari!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya