Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Berusaha Mengejar Citra Diri yang Sempurna, Bikin Capek!

Kamu berhak bahagia tanpa perlu menjadi sempurna

Rasanya hampir setiap orang tentu ingin menjaga citra dirinya agar tetap terlihat baik di mata orang lain. Tentu saja hal ini bukanlah masalah dan sah-sah saja untuk dilakukan. Namun yang perlu diperhatikan adalah apakah dirimu telah berusaha menjaga citra diri dengan cara yang tepat? 

Jangan sampai usaha untuk menjaga citra diri malah menimbulkan masalah baru hanya dikarenakan cara yang tidak tepat. Salah satunya adalah mengejar citra diri yang sempurna. Daripada makin penasaran, coba deh langsung simak lima tanda berikut.

1. Mengorbankan waktu dan kesempatan hanya untuk memikirkan cara menyenangkan semua orang

5 Tanda Kamu Berusaha Mengejar Citra Diri yang Sempurna, Bikin Capek!pexels.com/Wictor Cardoso

Setiap waktu dan kesempatan yang kita miliki itu sangat berharga. Sebab waktu tidak bisa diputar kembali dan kesempatan pun tidak selalu datang dua kali. Jika selama ini kamu menghabiskan waktu dan kesempatanmu hanya untuk memikirkan cara menyenangkan semua orang, maka jelas kalau kamu masih ingin terlihat sempurna di mata orang lain.

Ingat, sehebat apapun manusia tentu ia masih merupakan manusia biasa. Jadi, tampil baik dan maksimal itu tentu perlu dilakukan, namun jangan sampai memaksakan diri untuk selalu tampil sempurna, ya!

2. Melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kata hati nurani sendiri

5 Tanda Kamu Berusaha Mengejar Citra Diri yang Sempurna, Bikin Capek!pexels.com/Whicdhemein One

Jika selama ini kamu mengabaikan suara dari hati nuranimu sendiri, coba sekarang dengarkan suara tersebut dari lubuk hatimu yang paling dalam. Mungkin saja suara hati nuranimu telah memperingatkanmu akan usahamu yang selalu ingin memiliki citra diri yang sempurna.

Bahkan kamu mungkin melakukan sesuatu yang tidak tepat dan bertentangan dengan hati nuranimu sendiri hanya karena ingin tampak sempurna di mata orang lain. Jika hal itu terus terjadi, maka cepat atau lambat akan muncul perasaan tersiksa dan tidak nyaman yang pastinya bisa mengganggu diri.

Baca Juga: 5 Tahapan untuk Hidup Bahagia ala Zodiak Taurus, Sontek Yuk Guys!

3. Menjadi tidak seimbangnya berbagai aspek kehidupan hanya karena ingin terlihat sempurna

5 Tanda Kamu Berusaha Mengejar Citra Diri yang Sempurna, Bikin Capek!pexels.com/Minervastudio

Di satu aspek kehidupanmu, kamu selalu tampak sempurna sehingga banyak dikagumi dan dipuji orang lain. Namun di aspek lain dalam kehidupanmu, mungkin sebenarnya tersimpan perasaan sedih, kecewa, benci dan berbagai perasaan negatif lain yang mengganggu ketenangan diri.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan besar karena tidak seimbangnya berbagai aspek dalam kehidupan. Keinginan untuk selalu tampil sempurna biasanya akan membuat satu aspek kehidupan terlihat sukses namun belum tentu dengan aspek lainnya. Sebab ada aspek-aspek lain dalam kehidupan yang cenderung diabaikan begitu saja.

4. Fisik dan mental sudah lelah namun bayang-bayang kesempurnaan terus mengusik diri

5 Tanda Kamu Berusaha Mengejar Citra Diri yang Sempurna, Bikin Capek!pexels.com/Royal A

Tentu, keinginan untuk mengejar citra diri yang sempurna bisa bikin fisik dan mental menjadi lelah. Jika fisik dan mental sudah lelah, bukankah cara terbaik untuk mengatasinya adalah beristirahat atau berhenti sejenak?

Namun, keinginan untuk mengejar citra diri yang sempurna terus membayang-bayangi pikiran dan akhirnya mengusik diri. Hati-hati, sebab hal ini berpotensi besar menjadi hal yang berbahaya jika terus-terusan dibiarkan.

5. Pada akhirnya diri sendiri pun terus berpura-pura bahagia yang entah sampai kapan harus berhenti

5 Tanda Kamu Berusaha Mengejar Citra Diri yang Sempurna, Bikin Capek!pexels.com/Andrea Piacquadio

Bukankah diri sendiri tidak bisa merasa bahagia jika terus berusaha mengejar citra diri yang sempurna? Namun mirisnya, cara lain yang sering ditempuh untuk menutupi perasaan tersebut adalah dengan mencoba berpura-pura bahagia sampai entah kapan harus berhenti.

Jadi, sebaiknya berhentilah untuk mengejar citra diri yang sempurna jika kamu ingin memanfaatkan waktu dan kesempatan berhargamu dengan bijak. Berusaha menjadi yang terbaik dengan meningkatkan kualitas diri itu memang penting, namun jangan sampai memaksakan diri untuk menjadi sempurna ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Pilihan Hidup Ini Sering Diambil, Padahal Hanya Enak Diawal Saja! 

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya