Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Memaafkan Seseorang Hanya di Bibir Saja

Kamu pasti pernah melakukannya juga

Kehidupan ini tidak selalu berjalan dengan baik, salah satunya adalah ketika kamu bertemu dengan segelintir orang yang membuatmu marah, benci, kecewa dan berbagai perasaan sakit dan negatif lainnya. Tak jarang, semua perasaanmu itu begitu membekas sehingga kamu sulit untuk memaafkan.

Nah, ketika seseorang meminta maaf padamu mungkin melalui ucapan di bibir kamu bisa memaafkannya. Tapi, apakah kamu benar-benar sudah memaafkannya dari lubuk hati yang terdalam? Nah, untuk mengetahuinya yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Ketika kamu mengingat kembali memori dari orang tersebut, perasaan negatifmu belum hilang

5 Tanda Kamu Memaafkan Seseorang Hanya di Bibir Sajapexels/Daria Shevtsova

Cara paling gampang untuk mengetahui apakah kamu sudah tulus memaafkan seseorang dari hati adalah dengan mengingat kembali kejadian atau perbuatan orang yang menyakitimu. Gimana rasanya? Kalau kamu masih merasakan dendam, benci, amarah, dan sakit hati maka kamu masih belum memaafkan orang tersebut.

Memaafkan bukan perkara yang gampang, sehingga gak heran kalau banyak dari kita yang masih menyimpan perasaan negatif walaupun sudah bertahun-tahun lamanya. Jadi, dengan mengecek perasaanmu terhadap memori tentang orang tersebut akan sangat membantumu mengidentifikasi perasaanmu sendiri.

Lalu, kalau sudah tahu maka kamu sendiri yang akan memutuskan apakah mau mencoba berdamai dengan diri atau malah masih ingin menyimpan perasaan negatif tersebut.

2. Kalau ada kesempatan, kamu masih ingin membalas perbuatannya

5 Tanda Kamu Memaafkan Seseorang Hanya di Bibir Sajapexels.com/Nikolay Draganov

Kalau misalkan kamu punya kesempatan untuk membalaskan perbuatan buruk kepada orang yang menyakitimu, apakah yang akan kamu lakukan?

Dari sini, akan terlihat perasaan apa yang sebenarnya masih mengakar dalam dirimu. Kamu tentu tahu, bahwa balas dendam tidak ada gunanya dan percayalah bahwa setiap orang akan mendapat balasan atas apa yang ia perbuat baik hal positif ataupun negatif.

Jadi, kamu gak perlu kok capek-capek untuk balas dendam dan lebih baik kamu fokus untuk mengubah hidupmu menjadi lebih baik dan berarti. Jadi, kalau kamu memutuskan untuk melepas semua perasaan negatif terkait orang tersebut maka kamu gak akan mau membalas perbuatan jahat orang tersebut padamu meski diberi kesempatan. Setuju?

Baca Juga: Bersifat Polos & Jujur, 6 Zodiak Ini Paling Sulit Memaafkan Kebohongan

3. Merasa kurang nyaman saat berhadapan langsung itu wajar, namun kalau sudah berlebihan berarti kamu belum memaafkannya

5 Tanda Kamu Memaafkan Seseorang Hanya di Bibir Sajapexels.com/rawpixel.com

Mungkin, meski sudah memaafkan dari hati sekalipun terkadang masih ada rasa kurang nyaman saat berhadapan langsung dengan orang yang telah kamu maafkan. Ingat ya, memaafkan bukan berarti melupakan sehingga cukup wajar bila ada rasa was-was dan kurang nyaman.

Tetapi, yang jadi masalah kalau kamu sampai benar-benar ingin menghindar dari orang tersebut karena tak kuasa menahan emosi negatif yang berkecamuk. Padahal, kamu mengatakan sudah memaafkannya lho. Jadi, sebaiknya sih bersikap biasa saja ya meski sedikit kurang nyaman dan mudah-mudahan kamu bisa menemukan cara untuk mengatasinya ya!

4. Kamu tahu rasanya disakiti, tapi malah melakukannya kepada orang lain

5 Tanda Kamu Memaafkan Seseorang Hanya di Bibir Sajapexels.com/Pixabay

Kalau kamu memaafkan seseorang di bibir saja maka semua sisa-sisa perasaan negatif yang kamu pendam punya kemungkinan berdampak buruk untukmu maupun orang di sekitarmu. Salah satunya, adalah dengan melampiaskannya kepada orang lain yang tak bersalah.

Ya, jika kamu tahu rasanya disakiti tetapi masih melakukannya kepada orang lain maka kemungkinan besar kamu belum memaafkan perbuatan orang yang pernah menyakitimu. Karena meski sudah memaafkan sekalipun, belum tentu hatimu sudah menerima sepenuhnya yang akhirnya kekesalanmu malah dilampiaskan kepada orang lain yang tidak tahu apa-apa. Jadi, pikiran sekali lagi deh sebelum melakukannya. Iya gak?

5. Tidak ada rasa damai dan bahagia di hati

5 Tanda Kamu Memaafkan Seseorang Hanya di Bibir Sajapexels.com/Kelvin Valerio

Perasaan damai akan muncul kalau kamu benar-benar Sudah membebaskan diri dari orang yang membuatmu sakit hati, yaitu dengan cara memaafkannya. Setelah perasaan damai, maka perlahan-lahan munculah perasaan bahagia yang diidam-idamkan semua orang setelah terperangkap dalam emosi negatif. Jadi, kalau perasaan damai dan bahagia belum ada setelah kamu bilang sudah memaafkan orang tersebut, maka kamu sudah tahu sendiri jawabannya.

Akhir kata, memaafkan seseorang memang bukanlah perkara yang mudah karena butuh kebesaran dan kesiapan hati untuk melakukannya. Jadi, kamu sendiri yang paling tahu kapan dan kenapa kamu harus memaafkan seseorang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberimu pencerahan ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kita Gak Boleh Terlalu Cepat Memaafkan Kesalahan Orang

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 10:00:04

Progress: 750.731 dari 813.350 TPS (92.30110%)

Just For You