Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Suka Fokus pada Kesulitan Hidup, Jangan Begitu Lagi Ya!

Lebih baik fokus pada solusi yang tepat dan efektif

Sungguh wajar jika tak ada seorang pun dari kita yang menginginkan kesulitan hidup. Kalau boleh terus memilih, kita akan memilih untuk sukses setiap saat, betul?

Namun realita kehidupan tentu tidak selalu bisa kita kendalikan. Jika kesulitan hidup itu muncul, maka yang perlu kita lakukan adalah menyelesaikannya. Namun, terkadang diri kita malah terjebak untuk fokus pada kesulitan hidup. Supaya lebih paham, coba deh simak dulu lima tanda berikut. 

1. Lebih sibuk berkutat pada banyaknya masalah daripada sibuk mencari solusi yang efektif

5 Tanda Kamu Suka Fokus pada Kesulitan Hidup, Jangan Begitu Lagi Ya!pexels.com/Andrea Piacquadio

Nah, ini nih tanda pertama yang harus segera kamu sadari. Jika kamu lebih sibuk berkutat pada banyaknya masalah daripada sibuk mencari solusi yang efektif, maka sebenarnya kamu telah fokus pada kesulitan hidup.

Oleh karena itu, mengubah fokus itu sangat penting ya meski mungkin tidaklah mudah pada awalnya. Coba ubah fokus pada solusi apa yang tepat, efektif dan bisa dicoba daripada fokus pada semua masalah yang ada. 

2. Mengabaikan semua saran dan nasihat dari orang lain

5 Tanda Kamu Suka Fokus pada Kesulitan Hidup, Jangan Begitu Lagi Ya!pexels.com/Karolina Grabowska

Jika kamu selalu mengabaikan semua saran dan nasihat dari orang lain, maka kamu akan terus fokus pada kesulitan hidup lho.

Apalagi jika saran dan nasihat tersebut memang betul-betul membangun dan bermanfaat. Mungkin saja kamu akan mendapat ide dan inspirasi yang akan berguna untuk membantu menyelesaikan kesulitan hidupmu. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Memikirkan Masalah Terlalu Berlebihan

3. Terus memakai cara negatif untuk mengatasi kesulitan hidup

5 Tanda Kamu Suka Fokus pada Kesulitan Hidup, Jangan Begitu Lagi Ya!pexels.com/mentatdgt

Coba deh amati cara atau strategi yang selama ini kamu coba untuk menyelesaikan kesulitan hidupmu. Mungkin saja kamu menggunakan cara yang tidak tepat atau bahkan cara negatif secara berulang. Jika hal ini sering terjadi, maka kemungkinan besar kamu memang selalu fokus pada kesulitan hidup. Yuk, coba segera ubah fokusmu ya! 

4. Enggan untuk bertanya pada orang-orang yang tepat dan lebih berpengalaman

5 Tanda Kamu Suka Fokus pada Kesulitan Hidup, Jangan Begitu Lagi Ya!pexels.com/fauxels

Saat diri terlalu fokus pada kesulitan hidup, maka keadaan akan terasa tidak mendukung untuk bebas dari kesulitan tersebut.

Nah, salah satu cara yang bisa dicoba untuk keluar dari kesulitan tersebut adalah dengan bertanya pada orang-orang yang tepat dan lebih berpengalaman. Sebaiknya jangan ragu untuk bertanya jika hal itu memang diperlukan, ya! 

5. Ingin menyelesaikan kesulitan hidup secara instan padahal sudah tahu risikonya

5 Tanda Kamu Suka Fokus pada Kesulitan Hidup, Jangan Begitu Lagi Ya!pexels.com/Chinmay Singh

Jika kamu terlalu fokus pada kesulitan hidup, maka kemungkinan besar dirimu akan terus mencari cara instan untuk keluar dari kesulitan hidup. Padahal cara instan biasanya memiliki risikonya sendiri yang bisa merugikan diri, mungkin tidak sekarang namun bisa saja di waktu yang akan datang.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu suka fokus pada kesulitan hidup. Ingat, jangan menyerah dan tetap semangat untuk menyelesaikan kesulitan hidup dengan cara yang positif, ya! 

Baca Juga: Gak Cuma Stres, Ini 5 Kerugian Sering Memendam Masalah

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya