Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir dengan Masa Depan, Jangan Dibiasakan!

Salah satunya adalah produktivitas yang menurun

Masa depan memang selalu penuh dengan misteri. Manusia bisa saja memprediksi apa yang akan terjadi, namun tetap saja tak ada yang pasti. Nah, sebagian dari kita memang sering mengkhawatirkan atau mencemaskan masa depan.

Hal ini wajar-wajar saja kok, malah hal ini menunjukkan kalau kamu memang ingin hidupmu terus maju. Namun, apa jadinya kalau kekhawatiran ini malah berlebihan dan tak terkendali? Tentu tidak baik, ya. Oleh karena itu, yuk kita simak 5 tanda yang menunjukkan kalau kamu terlalu khawatir dengan masa depanmu. 

1. Mulai merasa stres dan tertekan dengan masa depan

5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir dengan Masa Depan, Jangan Dibiasakan!unsplash.com/Tom Morel

Bayangan akan masa depan, bagi sebagian orang bisa menjadi hal yang menakutkan lho, terutama bagi mereka yang saat ini sedang dilanda berbagai masalah hidup. Nah, sebenarnya bila kita mau berpikiran positif, rasa khawatir itu bisa jadi sinyal bahwa kita perlu bergerak untuk mencari solusi yang tepat.

Jadi, bila saat ini kamu merasa stres dan tertekan dengan semua bayangan akan masa depan, sebaiknya segera hentikan, ya. Memang, tidaklah mudah untuk menghentikannya, tapi kamu bisa mencobanya. Gantilah bayangan negatif tersebut dengan bayangan hal-hal positif yang ingin kamu capai di masa depan.

2. Merasa sangat sulit untuk bisa bahagia

5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir dengan Masa Depan, Jangan Dibiasakan!unsplash.com/Raychan

Nah, dampak utama dari stres dan tertekan dengan masa depan adalah merasa sulit untuk merasa bahagia. Ya, kebahagiaan sendiri seolah lenyap dan kamu mungkin jadi tak bersemangat menjalani hidup. Padahal, merasa bahagia saat ini juga sangat penting, lho.

Setiap detik dari hidup yang kita jalani adalah berharga. Bila kamu tidak memutuskan untuk merasa bahagia sekarang, kapan lagi? Cara sederhana untuk merasa bahagia adalah dengan bersyukur. Syukurilah setiap kebaikan dan apapun yang kamu miliki dalam hidup. Coba deh lakukan dengan konsisten dan lihat kebahagiaan itu akan mulai muncul dengan sendirinya.

3. Menjadi lupa menyiapkan rencana atau strategi untuk masa depan

5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir dengan Masa Depan, Jangan Dibiasakan!pexels.com/Christina Morillo

Terlalu larut dengan kekhawatiran akan masa depan, bisa-bisa malah membuat kita jadi lupa untuk menyiapkan rencana atau strategi yang berkaitan dengan masa depan. 

Daripada terus membiarkan rasa khawatir tersebut berkeliaran dalam pikiran dan hati, maka sebaiknya kita fokus pada hal-hal yang saat ini bisa dilakukan. Pastinya, hal ini lebih bermanfaat dan bisa membantumu mengurangi rasa khawatir tersebut.

Baca Juga: 5 Kerugian yang Akan Dialami Jika Terlalu Memusingkan Masa Depan

4. Produktivitas kerjamu juga ikut menurun

5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir dengan Masa Depan, Jangan Dibiasakan!unsplash.com/Tim van der Kuip

Berlebihan tidaknya rasa khawatir tersebut juga dapat terlihat dari produktivitas kerjamu, lho. Saat kekhawatiran tersebut semakin menjadi-jadi, kamu bisa jadi tak fokus dengan pekerjaan, tidak semangat bekerja dan berbagai dampak negatif lain yang mempengaruhi produktivitas kerja.

Oleh karena itu, sekali lagi lakukanlah hal terbaik yang bisa kamu lakukan saat ini juga. Ingat, apapun yang kamu lakukan saat ini juga sedikit banyak akan berpengaruh pada masa depanmu sendiri. Jadi, menjaga pikiran agar tetap positif itu memang penting banget, ya!

5. Lupa untuk berserah diri kepada Tuhan

5 Tanda Kamu Terlalu Khawatir dengan Masa Depan, Jangan Dibiasakan!pexels.com/Alan Retratos

Terakhir, kekhawatiran yang berlebihan itu sendiri bisa jadi menunjukkan kalau kita telah lupa untuk berserah diri kepada Tuhan. Serahkanlah segala kekhawatiranmu kepada-Nya, termasuk kekhawatiran akan masa depan tersebut. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih tenang, damai dan bahagia.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu terlalu khawatir dengan masa depanmu. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 6 Hal Ini Menunjukkan Kamu Belum Bisa Menentukan Masa Depanmu Sendiri

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya