Comscore Tracker

5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!

Sangat tidak patut untuk ditiru 

Nah, dalam kehidupan sehari-hari mengkritik dan dikritik adalah hal yang biasa dan cukup sulit dihindari. Nah, kritik sendiri ada yang bersifat membangun dan ada pula yang bersifat menjatuhkan. Lalu, apa sih tanda-tanda kalau seseorang suka memberi kritik yang menjatuhkan? Yuk, langsung saja kita simak penjelasan berikut.

1. Tampak jelas niat hati yang tidak baik saat memberi kritik kepada orang lain

5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!pexels.com/Gustavo Fring

Coba, deh perhatikan, terlihat kalau perbedaan mendasar antara kritik yang membangun dan kritik yang menjatuhkan terletak pada niat hati seseorang. Bila dari awal niat buruk yang muncul, maka kemungkinan besar kritik yang diucapkan akan bersifat menjatuhkan. 

Memang benar, tidaklah mudah untuk mengetahui niat hati seseorang. Namun jangan khawatir, kamu dapat mengamati kebiasaan yang sering ditunjukkan oleh orang tersebut. Jika ia suka memberi kritik yang menjatuhkan, cepat atau lambat kamu akan segera menyadarinya.

2. Suka menggunakan kata-kata yang bisa menjatuhkan lawan bicaranya

5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Ingat nih, pemilihan kata bukanlah hal yang bisa dianggap sepele dalam sebuah kritikan. Perlu kehati-hatian dalam memilih kata-kata yang hendak diucapkan. Mengapa? Ya, sebab kata-kata yang diucapkan mempunyai potensi untuk menjadi hal yang positif atau malah menjadi hal yang negatif.

Jadi, coba perhatikan lagi apakah orang tersebut suka secara sengaja menggunakan kata-kata yang bisa menjatuhkan lawan bicaranya? Jika benar, maka ada baiknya kamu waspada saat berbicara pada orang tersebut.

Baca Juga: Jaga 5 Hal Ini Saat Mengkritik Supaya Kamu Gak Terkesan Menghakimi 

3. Sangat sering bersikap tidak objektif saat menilai dan memberi kritik kepada orang lain

5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Sederhananya, menilai secara objektif itu dilakukan berdasarkan kenyataan yang ada dan apa adanya. Dengan demikian, sebisa mungkin penilaian pribadi yang sifatnya subjektif ini perlu untuk dikesampingkan.

Selain itu, mengkritik secara objektif juga memerlukan bukti atau fakta yang kuat untuk menunjang kritik yang disampaikan. Jadi, jika seseorang mengkritik secara tidak objektif maka kemungkinan besar kritik itu disampaikan dengan tujuan lain yang perlu dipertanyakan.

4. Perhatikan apakah hampir semua lawan bicara dari orang tersebut merasa tidak nyaman dengan kritik yang diberikan?

5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!unsplash.com/You X Ventures

Rasanya sudah tentu tidak ada seorang pun yang merasa nyaman jika diberi kritik yang menjatuhkan. Kritik yang sifatnya membangun pun belum tentu bisa diterima semua orang, apalagi kritik yang sifatnya menjatuhkan, betul?

Jika setelah diteliti hampir semua lawan bicara dari orang tersebut merasa tidak nyaman dengan kritik yang diberikan, maka kemungkinan besar orang tersebut memang suka memberi kritik yang menjatuhkan. 

5. Jika bahasa tubuhnya juga mengisyaratkan kalau ia suka memberi kritik yang menjatuhkan

5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!pexels.com/Daniel Spase

Ada yang mengatakan kalau bahasa tubuh itu tidak bisa berkata bohong, kamu pernah mendengarnya? Itu sebabnya bahasa tubuh juga dapat menunjukkan atau mendukung pemahaman kita terhadap sikap dan maksud orang lain yang sebenarnya. Jadi, orang yang suka memberi kritik yang sifatnya menjatuhkan akan tampak dari bahasa tubuhnya sendiri. 

Dengan demikian, semoga semua tanda di atas bisa diwaspadai dan dijadikan pelajaran penting untuk tidak mencontoh sikap memberi kritik yang menjatuhkan. Jangan lupa juga untuk tetap bersikap tenang dan bijaksana. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: Perlu Mengkritik? Perhatikan 5 Hal Ini Biar Orang Tak Tersinggung 

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya