Comscore Tracker

Keren, Tipe Kepribadian DISC Berikut Bisa 'Ramal' Kepribadianmu Lho!

Beda lho dengan yang biasa kamu tahu

Nah, selama ini mungkin kamu hanya mengenal sedikit saja jenis-jenis tipe kepribadian. Misalnya, empat tipe kepribadian yang dipopulerkan oleh Hippocrates-Galenus yakni: koleris, melankolis, plegmatis dan sanguinis. Gimana, familiar kan?

Tapi, sebenarnya masih banyak lho tipe kepribadian lain yang wajib tahu supaya dapat mengenal dirimu sendiri lebih baik. Salah satunya tipe kepribadian DISC, penasaran? Dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengenai tipe kepribadian DISC.

1. Apa itu tipe kepribadian DISC?

Keren, Tipe Kepribadian DISC Berikut Bisa 'Ramal' Kepribadianmu Lho!pexels.com/pixabay

Nah, sebenarnya DISC merupakan empat tipe kepribadian dengan dilakukan dengan tes tertentu. Tes DISC ini biasanya mengukur bagaimana gaya perilaku seseorang, cara berkomunikasi, cara menghadapi tekanan dan sebagainya. Nah, konsep DISC ini dikembangkan oleh psikolog bernama William Moulton Marston.

Pastinya, untuk mengetahui secara tepat dan akurat tipe kepribadian yang diukur berdasarkan konsep DISC ini perlu dilakukan tes oleh ahlinya seperti psikolog. Meski begitu, kamu juga bisa kok mengetahui gambaran besar kepribadianmu dengan mencocokkan diri dengan ciri-ciri dari tipe kepribadian DISC yang terdiri dari: Dominance, Influence, Steadiness, Compliance di bawah ini.

2. Tipe 'D' atau Dominance

Keren, Tipe Kepribadian DISC Berikut Bisa 'Ramal' Kepribadianmu Lho!Unsplash.com/rawpixel

Orang dengan tipe 'D' atau Dominance ini cenderung menjadi pribadi yang dominan dalam kesehariannya. Ya, individu dengan tipe ini juga kebanyakan berhasrat menjadi pemimpin dan ingin 'mengendalikan' orang lain. Selain itu, tipe kepribadian dominance ini suka bersaing dan ingin menjadi yang terbaik dari yang terbaik alias menjadi yang nomor satu.

  • Kelebihan tipe 'D': mampu menyelesaikan masalah dengan baik, pantang menyerah, mandiri, dan sebagainya
  • Kekurangan tipe 'D': keras kepala, terkadang tidak memikirkan perasaan orang lain, tidak sabar dan sebagainya

Baca Juga: 7 Jenis Musik Jazz Berikut Ini Bisa Mengetahui Kepribadian Seseorang

3. Tipe 'I' atau Influence

Keren, Tipe Kepribadian DISC Berikut Bisa 'Ramal' Kepribadianmu Lho!pexels.com/rawpixel.com

Kalau orang dengan tipe 'I' atau Influence ini adalah orang yang cenderung mampu            mempengaruhi orang lain. Biasanya, tipe 'I' ini suka banget bersosialisasi dengan orang lain alias pandai bergaul. Jadi, orang dengan tipe ini biasanya berorientasi pada hubungannya dengan orang lain.

  • Kelebihan tipe 'I': mudah bergaul, supel, antusias, percaya diri, pandai bicara atau berkomunikasi dan sebagainya.
  • Kekurangan tipe 'I': umumnya tidak teliti, ceroboh, gak suka dengan penolakan dari orang lain, bersikap subjektif dan sebagainya

4. Tipe 'S' atau Steadiness

Keren, Tipe Kepribadian DISC Berikut Bisa 'Ramal' Kepribadianmu Lho!pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Steadiness, kalau kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya kira-kira adalah Kelebihann atau keteguhan hati. Jadi, orang dengan tipe 'S' atau Steadiness ini adalah orang yang cenderung bersifat stabil dalam hidupnya. Mereka yang bertipe ini juga tidak suka dengan konflik alias cinta damai, yang sepertinya ciri ini mirip dengan tipe kepribadian plegmatis ya? Selain itu, tipe steadiness ini suka langkah yang pelan tapi pasti lho.

  • Kelebihan tipe 'S': tenang, pendengar yang baik, sabar, bila menyelesaikan pekerjaan akan sampai tuntas meski mungkin agak lama, dan sebagainya.
  • Kekurangan tipe 'S': cenderung kaku, susah berinovasi, gak suka dengan yang namanya perubahan/suka berada di zona nyaman, dan sebagainya.

5. Tipe 'C' atau Compliance

Keren, Tipe Kepribadian DISC Berikut Bisa 'Ramal' Kepribadianmu Lho!pexels.com/bruce mars

Kalau tipe yang terakhir dari DISC ini yaitu tipe 'C' atau Compliance ini salah satu ciri utamanya adalah orang yang kita kenal dengan sebutan perfeksionis. Orang dengan tipe ini adalah orang yang sangat mementingkan keakuratan dan ketelitian lho. Gak hanya itu, orang tipe 'C' ini sangat logis, sistematis dan berhati-hati dalam hidupnya.

  • Kelebihan tipe 'C': biasanya mereka adalah orang yang taat pada peraturan, teratur, teliti, kebanyakan punya kecerdasan yang tinggi, dan sebagainya.
  • Kekurangan tipe 'C': sulit bekerja di bawah tekanan, gak berani mengambil resiko, kurang fleksibel, terlalu menuntut kesempurnaan, dan sebagainya.

So, kamu termasuk tipe kepribadian yang mana nih?

Baca Juga: Coba Aja! Angka Kelahiran Bisa Ungkap Kepribadianmu Lho

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya