Comscore Tracker

5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Fokus Pada Kelebihan Diri

Jangan lupa untuk diterapkan, ya!

Sebagai manusia biasa, kita punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Selama ini, kita sering tidak menyadari kalau kita lebih fokus pada kelemahan diri daripada kelebihan sendiri. Akibatnya, sikap negatif pun bermunculan saat merasa diri ini penuh dengan kekurangan. 

Kamu boleh saja mencoba untuk memperbaiki kelemahan diri, tapi jangan lupa kamu juga punya kelebihan yang gak boleh diabaikan. Dengan fokus pada kelebihan diri, kamu bisa menjadi lebih positif bila didukung cara yang tepat. Namun, untuk bisa fokus pada kelemahan diri bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, coba deh kamu terapkan lima tips berikut.

1. Ubah pola pikir yang tidak mendukung

5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Fokus Pada Kelebihan Diriunsplash.com/Tom Morel

Hal paling pertama yang perlu kamu lakukan agar bisa fokus pada kelebihan diri adalah mengubah pola pikir atau mindset yang tidak mendukung. Gimana mau fokus, kalau pola pikir sendiri menghambat kemajuan diri? Hal ini yang sering tidak disadari oleh mereka yang ingin belajar fokus pada hal positif dan bermanfaat, termasuk kelebihan diri. 

Coba cek atau periksa, jangan-jangan selama ini kamu dihambat oleh pikiranmu sendiri. Misalnya, selalu muncul pikiran negatif kalau kamu tidak bisa, tidak layak, tidak sanggup dan lain sebagainya. Jadi, perhatikan hal ini dengan baik, ya!

2. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Fokus Pada Kelebihan Diriunsplash.com/Stefan Spassov

Kebiasaan yang satu ini juga seakan sudah mendarah daging, sehingga sulit dilepaskan, padahal kebiasaan ini hanya akan menyiksa diri sendiri, lho. Suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain membuat hidup ini terasa jauh dari kata puas, entah merasa diri kurang pintar, kurang menarik, kurang baik dan berbagai perasaan kurang lainnya.

Agar kamu bisa fokus pada kelebihan diri, kamu harus menghentikan kebiasaan buruk ini. Ingat, apa yang terlihat baik belum tentu selamanya baik, apalagi kalau kamu belum mengenal orang tersebut dengan baik. Jangan sampai kamu kehilangan fokus gara-gara selalu membandingkan diri dengan orang lain. Lebih baik fokus saja pada kelebihan diri yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga: 5 Manfaat Bikin Daftar Kelebihan & Kekurangan Diri, Yuk Evaluasi!

3. Jangan hiraukan komentar negatif, selama kamu bisa tetap berkarya

5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Fokus Pada Kelebihan Diriunsplash.com/Ben White

Ini nih hal yang sering jadi penghalang seseorang untuk fokus pada kelebihan dirinya. Komentar negatif sering dianggap sebagai adalah momok yang menakutkan bagi mereka yang ingin berkarya dan mengembangkan kelebihan diri.

Komentar negatif memang berpotensi membuat kita merasa down atau terpuruk, apalagi saat berada dalam situasi yang sulit. Namun, tetap yakin dan fokuslah pada kelebihan dirimu, jangan hiraukan komentar-komentar yang tidak bermanfaat tersebut. Sadari kalau komentar orang lain itu hampir tak ada habisnya bila terus kamu tanggapi. Lebih baik kamu fokus berkarya dan meraih prestasi setinggi-tingginya.

4. Jangan lupa untuk selalu bersyukur

5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Fokus Pada Kelebihan Diriunsplash.com/Fernando Brasil

Bersyukur adalah kunci penting yang gak boleh kamu lupakan. Sebab, bersyukur adalah kebalikan dari sikap mengeluh. Dengan fokus dan mensyukuri hal-hal baik yang telah hadir dalam hidupmu, akan membuat kamu merasa jauh lebih bahagia.

Selain itu, rasa syukur juga mampu membuatmu menghargai kelebihan yang sudah ada pada dirimu. Berbekal rasa syukur tersebut, kamu juga bisa lebih fokus untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri. Jadi, latih dirimu agar terbiasa bersyukur, ya.

5. Ingatlah wajah dari orang-orang yang kamu sayangi

5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Fokus Pada Kelebihan Diriunsplash.com/sean Kong

Nah, bila semua tips di atas belum cukup membuatmu untuk fokus pada kelebihan diri, maka ada tips penting lain yang mungkin bermanfaat. Nah, kamu bisa coba untuk mengingat wajah dari orang-orang yang kamu sayangi, agar dapat memotivasimu untuk tetap fokus mengembangkan kelebihan diri. Entah itu orangtua, pasangan, sahabat, teman, atau siapapun yang menurutmu mampu memotivasi dirimu agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Jadi, itulah kelima tips penting agar kamu bisa fokus pada kelebihan diri. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Hidup Tenang tanpa Stres Meski Berada dalam Keterbatasan

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You