Comscore Tracker

5 Tips agar Orang Lain Lebih Menghargai Saran yang Kamu Berikan

Perlu kesediaan dan ketulusan hati untuk menerapkannya

Kamu tentu ingin saran yang  kamu berikan dihargai orang lain dengan layak, 'kan? Nah, hal inilah yang kadang dirasa menjadi dilema saat hendak memberikan saran kepada orang lain.

KIta kadang merasa cemas atau takut kalau saran yang kita berikan tidak dihargai orang lain dengan baik. Oleh karena itu, coba deh pahami dulu 5 tips penting berikut.

1. Sampaikan saran dengan maksud yang baik

5 Tips agar Orang Lain Lebih Menghargai Saran yang Kamu Berikanpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Berikanlah saran kepada orang lain dengan maksud yang baik. Jangan ada maksud tersemnbunyi atau maksud lain yang mungkin kurang baik. Sebab, saat orang lain tahu kamu punya maksud tersembunyi atau tidak tulus, maka kepercayaan pun akan memudar dengan sendirinya. Akibatnya nih, orang lain pun menjadi kurang menghargai nasihat yang kamu berikan.

2. Tidak harus merangkai kata-kata dengan sempurna, yang penting saran disampaikan dengan cara yang tepat 

5 Tips agar Orang Lain Lebih Menghargai Saran yang Kamu Berikanunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Mungkin kamu berpikir kalau saran harus diberikan dengan kata-kata yang tampak sempurna. Tentu tidak ya, yang penting saat memberikan saran harus disampaikan dengan cara yang tepat.

Cara tepat yang dimaksud tentu bersifat relatif, artinya kamu perlu menyesuaikan banyak hal. Misalnya saja gaya bicara, siapa orang yang kamu beri saran, intonasi pengucapan serta perhatikan situasi atau kondisi yang tepat dalam memberi saran.

3. Perhatikan suasana hatimu dan suasana hati orang yang hendak kamu berikan saran

5 Tips agar Orang Lain Lebih Menghargai Saran yang Kamu Berikanpexels.com/iPrice Group

Kita akan sulit memberi atau menerima saran saat kondisi emosi sedang tidak stabil. Begitu juga dengan orang lain, pada dasarnya suasana hati juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Jadi, sebaiknya tunggu dan perhatikan suasana hati yang tepat untuk memberikan saran. Tak hanya suasana hati orang lain, tetapi juga suasana hatimu sendiri.

Baca Juga: 10 Status Minta Saran yang Bikin Orang Bingung, Kamu Ada Solusinya?

4. Sebaiknya berikan saran yang realistis dan dapat mudah dipahami oleh orang lain

5 Tips agar Orang Lain Lebih Menghargai Saran yang Kamu Berikanpexels.com/fauxels

Dalam memberikan saran, sebaiknya berikan saran yang realistis dan mudah dipahami oleh orang lain. Jangan sampai saran yang kamu berikan terlalu jauh dari kenyataan yang ada dan sulit dipahami oleh orang lain. Sebab, saran yang diberikan akan terasa sia-sia jika tidak dapat diterapkan dengan baik. Bagaimana menurutmu?

5. Begitu juga ketika orang lain memberikanmu saran, terimalah dengan sikap yang baik dan bijaksana

5 Tips agar Orang Lain Lebih Menghargai Saran yang Kamu Berikanpexels.com/fauxels

Jika ingin saran yang diberikan kepada orang lain dihargai dengan baik, maka hargailah saat ada orang lain memberikanmu saran. Terimalah saran orang lain dengan sikap yang baik dan bijaksana. Artinya kamu perlu menerima saran orang lain dengan hati yang lapang sekaligus menyaring saran mana yang sekiranya cocok atau tepat untuk diterapkan.

Jadi, itulah kelima tips agar orang lain lebih menghargai saran yang kamu berikan. Semoga semua tips di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi dirimu, ya!

Baca Juga: 5 Risiko yang Harus Kamu Tanggung Ketika Memberi Saran pada Orang Lain

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya