Comscore Tracker

5 Tips Hidup Bahagia yang Bisa Kamu Dapatkan dari Anak-anak

#ANGPOIN Karena bahagia itu sederhana

Siapa sih yang tak ingin hidup bahagia? Bisa dibilang, kebahagiaan adalah hal paling dasar yang dicari-cari oleh semua orang. Tapi, apa sih definisi dan makna dari kebahagiaan? Tentunya, setiap orang punya sudut pandangnya masing-masing.

Nah, terkait dengan kebahagiaan tersebut, pernah gak sih kamu memperhatikan anak-anak yang biasanya selalu tampil bahagia tanpa beban? Nah, sebenarnya kita bisa belajar tips bahagia dari anak-anak, lho. Penasaran? Yuk kita simak!

1. Jangan terlalu rumit, pikirkan secara sederhana

5 Tips Hidup Bahagia yang Bisa Kamu Dapatkan dari Anak-anakpexels.com/Sharefaith

Orang dewasa, pada umumnya memiliki berbagai kesibukan dan masalah yang harus dihadapinya. Sehingga, tak jarang hal ini menyebabkan orang dewasa overthinking, merasa stres dan berbagai emosi negatif lainnya. Bila hal ini diteruskan, ujung-ujungnya malah bikin kamu jauh dari kebahagiaan, lho. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Coba perhatikan anak-anak yang ada di sekitarmu, mereka pada umumnya tidak pernah memikirkan sesuatu secara rumit dan berlebihan. Ya, mereka selalu mencoba untuk berpikir sesederhana mungkin.

Saat kamu punya masalah, cobalah untuk menyederhanakan masalah tersebut ya. Bisa jadi, solusi dan kebahagiaan yang kamu cari akan datang saat kamu bersikap sabar dan tenang.

2. Ekspresikan emosi dengan baik

5 Tips Hidup Bahagia yang Bisa Kamu Dapatkan dari Anak-anakpexels.com/Naomi Shi

Anak-anak pada umumnya juga mudah mengekspresikan emosi yang sedang dirasakannya. Saat bahagia, mereka akan tersenyum dan tertawa, saat sedih mereka akan menangis dan lain sebagainya. Namun tidak demikian dengan orang dewasa, berapa banyak dari mereka yang berpura-pura bahagia saat emosi negatif seperti kesedihan dan kemarahan sedang dirasakannya.

Ekspresikanlah emosi yang kamu rasakan dengan cara yang baik, tepat dan tanpa merugikan orang lain ya. Jangan sampai kamu memendam semua perasaan tersebut hingga kamu sendiri tersiksa dan menderita. Setelah mengekspresikan emosi, kamu bisa merasa lebih lega dan bahagia dalam menjalani hidup.

3. Banyak tersenyum dan tertawa

5 Tips Hidup Bahagia yang Bisa Kamu Dapatkan dari Anak-anakpexels.com/Alexander Dummer

Anak-anak juga biasanya lebih banyak tersenyum dan tertawa daripada orang dewasa. Hal ini memang wajar-wajar saja, tapi kamu bisa belajar dari anak-anak lho. Sebab, dengan banyak tersenyum dan tertawa lepas adalah cara yang tepat untuk merasakan kebahagiaan.

Percaya deh, semakin sering kamu merasakan kebahagiaan, maka kamu akan memancarkan energi positif dan kebahagiaan yang lebih besar pada orang-orang di sekitarmu.

Baca Juga: 7 Perubahan Kecil Ini Ampuh Bikin Hidup Bahagia, Buktikan!

4. Berani bermimpi dan wujudkan cita-citamu

5 Tips Hidup Bahagia yang Bisa Kamu Dapatkan dari Anak-anakpexels.com/Porapak Apichodilok

Ketika ditanya soal mimpi dan cita-cita, anak-anak sering kali menjawab dengan semangat dan penuh percaya diri. Mereka punya mimpi yang besar dan mulia, meski tak tahu harus bagaimana memulainya. Nah, orang dewasa sering kali kehilangan semangat yang dimilikinya saat masih anak-anak.

Padahal, motivasi dan rasa percaya diri itulah yang akan membuatnya bergerak ke arah impian tersebut. Ya, tak bisa dipungkiri kalau mereka yang berhasil mencapai mimpinya akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Jadi, yuk mulai bermimpi besar dan berusaha untuk mewujudkannya. Tetap semangat!

5. Bersikap tulus dan apa adanya

5 Tips Hidup Bahagia yang Bisa Kamu Dapatkan dari Anak-anakpexels.com/Bess Hamiti

Anak-anak memang dikenal dengan kepolosannya, oleh karena itu mereka bersikap dengan tulus dan apa adanya. Hal itu jugalah yang membuat anak-anak bisa merasa bahagia tanpa beban dalam menjalani hidup.

Tapi, hal ini bukanlah perkara gampang bagi orang dewasa. Sering kali, perkara gengsi membuat orang dewasa tidak dapat bersikap tulus dan apa adanya. Akibatnya? Ya, kebahagiaan sejati pun mulai menjauh darinya.

Jadi, itulah kelima tips bahagia yang bisa kamu dapatkan dari anak-anak. Semoga kamu bisa berbahagia ya!

Baca Juga: Demi Hidup Bahagia, Segera Buang Jauh 5 Sumber Kekecewaan Ini

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You