Comscore Tracker

5 Tips Memberikan Saran yang Lebih Mudah Diterima Orang Lain

Pahami dulu dengan baik, ya! #IDNTimesLife

Memberikan saran adalah hal yang baik jika dilakukan dengan tepat dan bijak. Nah, pada dasarnya kita juga ingin saran yang kita berikan bisa diterima orang lain dengan baik, kan? Oleh karena itu, coba pahami dulu lima tips penting berikut, siapa tahu bisa membantu agar saranmu lebih mudah diterima orang lain. Yuk, kita simak! 

1. Sadari dulu maksud dan niat awal kamu ketika ingin memberi saran kepada orang lain

5 Tips Memberikan Saran yang Lebih Mudah Diterima Orang Lainilustrasi mengobrol (pexels.com/Liza Summer)

Maksud atau niat awal kamu itu penting ketika hendak memberikan saran kepada orang lain. Sadari betul apa niat yang mendasarimu untuk memberi saran kepada orang lain. Dengan begitu, kamu sendiri pun akan lebih mengerti kemungkinan diterima atau tidaknya saranmu oleh orang lain. Tentunya milikilah maksud dan niat yang baik serta positif, ya!

2. Pahami dulu apa sebenarnya inti dari saran yang ingin kamu berikan

5 Tips Memberikan Saran yang Lebih Mudah Diterima Orang Lainilustrasi orang mengobrol (pexels.com/mentatdgt)

Kadang-kadang, saran yang diberikan itu lebih sulit diterima karena belum dipahami inti dari saran tersebut. Ya, meski kamu memang bermaksud baik ketika memberi saran kepada orang lain, sebaiknya sampaikanlah dengan cara dan kata-kata yang tepat serta mudah dipahami. Hal ini penting banget untuk mencegah kesalahpahaman dan tentunya agar saranmu juga lebih mudah diterima orang lain.

Baca Juga: 5 Saran Buatmu yang Masih Suka Berkata Kasar tanpa Berpikir Panjang

3. Berikanlah saran yang didasari fakta dan logis

5 Tips Memberikan Saran yang Lebih Mudah Diterima Orang Lainilustrasi orang sedang berbicara (pexels.com/Tim Douglas)

Jika ditanya, kamu tentu akan lebih memilih saran yang sesuai fakta dan logis daripada yang tidak, kan? Meskipun suatu saran kadang terdengar indah dan enak untuk didengar, namun bukan berarti saran itu pasti tepat dan sesuai untukmu, lho. Sebaiknya pahami dulu fakta yang sebenarnya serta apakah logis atau tidak saran yang sudah diberikan.

4. Saran yang diberikan sebaiknya juga disesuaikan dengan situasi dan keadaan orang tersebut

5 Tips Memberikan Saran yang Lebih Mudah Diterima Orang Lainilustrasi orang sedang menjelaskan (pexels.com/ThisIsEngineering)

Saran yang kamu berikan akan lebih mudah diterima jika disesuaikan dengan situasi dan keadaan orang yang bersangkutan. Sebaliknya, saran darimu kemungkinan akan langsung ditolak jika tidak disesuaikan dengan situasi dan keadaan orang tersebut. Hal ini terjadi karena situasi dan kondisi seseorang biasanya ikut memengaruhi bagaimana cara atau pola pikir orang tersebut, termasuk ketika menerima saran orang lain.

5. Berlatihlah juga untuk memberi saran kepada diri sendiri

5 Tips Memberikan Saran yang Lebih Mudah Diterima Orang Lainilustrasi orang menulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memberi saran kepada diri sendiri juga gak kalah penting untuk peningkatan kualitas diri. Selain itu, berlatih memberi saran kepada diri sendiri akan membuatmu jauh lebih memahami orang lain. Meski awalnya terasa sulit dipahami, tetapi latihan memberi saran kepada diri sendiri akan sangat membantumu sebelum memberi saran kepada orang lain.

Jadi, itulah kelima tips penting yang sebaiknya dipahami agar saranmu lebih mudah diterima orang lain. Mudah-mudahan penjelasan di atas bisa membantu dan memberi manfaat untukmu ya, terutama ketika ingin memberi saran kepada orang lain. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Mudah untuk Bantu Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Kamu

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya