Comscore Tracker

5 Tips Penting untuk Mengetahui Akar Masalah yang Sedang Terjadi

Jangan terkecoh dengan masalah yang tampak di permukaan

Masalah itu perlu segera diselesaikan agar tidak semakin rumit. Salah satu kesulitan dalam menyelesaikan masalah adalah saat tidak mengetahui akar masalah yang sedang terjadi. Akar masalah itu perlu diketahui, sebab jika kamu hanya menyelesaikan masalah yang tampak di permukaan, maka masalahmu tak akan kunjung selesai lho.

Jadi, sebaiknya simak dulu lima tips penting berikut untuk mengetahuinya.

1. Jangan buru-buru bertanya kepada orang lain, mulailah bertanya kepada dirimu sendiri

5 Tips Penting untuk Mengetahui Akar Masalah yang Sedang Terjadipexels.com/Juan Pablo Arenas

Akar masalah itu memang tak mudah diketahui, sering kali bersembunyi di balik masalah-masalah yang tampak di permukaan. Padahal penyebab masalah yang sebenarnya akan semakin sulit diatasi jika tidak segera disadari.

Jangan terburu-buru bertanya kepada orang lain tentang apa sebenarnya akar masalah yang sedang kamu hadapi. Mulailah bertanya kepada dirimu sendiri untuk menemukan jawabannya. Harusnya nih, kamu sendiri yang paling tahu akar masalah yang sedang kamu hadapi. Orang lain hanya dapat membantumu agar lebih cepat menemukannya.

2. Jangan panik dan segera kendalikan pikiranmu agar tetap tenang 

5 Tips Penting untuk Mengetahui Akar Masalah yang Sedang Terjadipexels.com/Kelvin Valerio

Biasanya, akar masalah itu akan semakin sulit ditemukan saat seseorang panik. Cobalah untuk tetap tenang dan segera kendalikan pikiranmu. Jangan biarkan pikiran negatif membuat perasaanmu menjadi panik dan gelisah. Dengan begitu, pikiran yang sudah tenang dan jernih akan lebih objektif dalam mencari akar permasalahan.

3. Saat meminta saran kepada orang yang lebih berpengalaman, sebaiknya dengarkan sampai selesai dan renungkanlah

5 Tips Penting untuk Mengetahui Akar Masalah yang Sedang Terjadipexels.com/Tirachard Kumtanom

Saat sudah bertanya kepada diri sendiri pun, tak jarang kita masih memerlukan bantuan orang lain untuk menemukan akar masalah. Nah, saat kamu meminta saran kepada orang yang menurutmu lebih berpengalaman, sebaiknya dengarkan dulu sampai selesai dan renungkanlah.

Jangan suka memotong kata-kata orang lain, terutama saat kamu sedang meminta saran. Meski mungkin ada hal-hal yang menurutmu tidak cocok, sebaiknya simpan dulu dan coba dengarkan sampai selesai. Setelah itu barulah diskusikan atau renungkan kembali saran tersebut, apakah cocok atau tidak dalam menemukan akar permasalahanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Buruknya Komunikasi Jadi Akar dari Segala Masalah Hubungan

4. Coba cari dan ingat kembali hal-hal yang mungkin saja terlewat olehmu

5 Tips Penting untuk Mengetahui Akar Masalah yang Sedang Terjadipexels.com/Cleyder Duque

Memang sangat diperlukan ketelitian dan kejelian dalam menemukan akar masalah. Nah, coba deh cari dan ingat kembali hal-hal yang mungkin saja terlewat olehmu. Mungkin akar masalah yang kamu cari sudah ada di depanmu, namun hanya saja kamu masih belum menyadarinya. Segeralah bertindak saat kamu sudah menyadari akar masalah yang sedang terjadi.

5. Manfaatkan waktu dengan maksimal agar mampu menemukan dan menyelesaikan akar masalah

5 Tips Penting untuk Mengetahui Akar Masalah yang Sedang Terjadipexels.com/Marius Mann

Perlu ditekankan kalau memanfaatkan waktu dengan maksimal itu sangatlah penting. Tak terkecuali dalam hal menemukan akar masalah. Semakin cepat kamu menemukan akar masalah, semakin cepat pula dirimu mampu menyelesaikan akar masalah tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah buang-buang waktumu dan selalu hargai setiap waktu yang ada.

Jadi, itulah kelima tips penting untuk mengetahui akar masalah yang sedang terjadi. Pahami dan coba terapkan lima tips di atas agar dapat segera tahu dan menyelesaikan masalahmu sampai ke akar-akarnya. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Memberi Nasihat yang Baik Saat Kalian Dalam Masalah 

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya