Comscore Tracker

5 Tips untuk Mengurangi Kekecewaan Terhadap Orang Lain, Cobain Deh!

Ada kenyataan yang harus dipahami

Apakah kamu saat ini sedang dilanda kekecewaan karena seseorang? Kalau ya, maka pada dasarnya kamu tak ingin berlama-lama merasa kecewa, 'kan? Namun, perlu diakui kalau sesungguhnya tak mudah untuk menghilangkan rasa kecewa tersebut, apalagi dalam waktu sekejap.

Tapi, sebenarnya rasa kecewa tersebut bisa dikurangi lho, ya setidaknya lebih baik daripada tidak sama sekali. Lalu, bagaimana caranya? Daripada makin penasaran, yuk kita simak!

1. Coba terima kenyataan kalau tak semua orang bisa sesuai dengan harapanmu

5 Tips untuk Mengurangi Kekecewaan Terhadap Orang Lain, Cobain Deh!unsplash.com/Christian Fregnan

Ada satu hal penting yang perlu kamu sadari, yaitu tak semua orang bisa sesuai harapanmu. Tak semua orang bisa memenuhi harapanmu, ini hal penting yang perlu diingat. Kamu boleh-boleh saja berharap selama masih wajar dan tidak berlebihan. 

Bila kamu sudah yakin untuk berharap tinggi pada seseorang, maka kamu juga harus siap dengan segala kemungkinan yang membuatmu kecewa. Semoga dengan menyadari kenyataan ini, bisa mengurangi kekecewaanmu terhadap orang lain.

2. Sebaiknya jangan terlalu berharap, sebab mereka juga manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan

5 Tips untuk Mengurangi Kekecewaan Terhadap Orang Lain, Cobain Deh!unsplash.com/Stefan Spassov

Selain kenyataan bahwa tak semua orang bisa memenuhi harapanmu, ada satu hal lagi yang perlu kamu sadari. Ya, orang-orang yang membuatmu kecewa juga merupakan manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan.

Coba pahami hal ini, kecuali mereka selalu mengulangi kesalahan yang sama dan terus membuatmu kecewa, maka keputusan ada di tanganmu. Jadi, dengan mengetahui hal ini kamu bisa lebih bijak dan tenang dalam menghadapi orang yang mengecewakanmu.

3. Cobalah untuk berpikir positif, mungkin ada pelajaran yang bisa kamu ambil di balik kekecewaan tersebut

5 Tips untuk Mengurangi Kekecewaan Terhadap Orang Lain, Cobain Deh!unsplash/Anthony Tran

Orang-orang yang hadir dalam hidupmu, tak akan selamanya membuat bahagia. Adakalanya, kamu menelan kekecewaan dari orang-orang tersebut. Tentu, pada awalnya kamu merasa berat untuk menerima hal ini.

Namun percayalah kalau seiring dengan berjalannya waktu, kamu mampu menerima dan memahami pelajaran hidup penting yang berasal dari orang tersebut. Yakinlah, bahwa kehadiran orang-orang tersebut mungkin ada untuk membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan bijaksana. Jadi, sebaiknya nih kamu tetap mencoba untuk berpikir positif, ya!

Baca Juga: 7 Kalimat Minta Maaf Ke Cewek yang Terlanjur Kecewa Sama Kamu

4. Meski sangat sulit, coba doakan kebaikan bagi mereka yang sudah mengecewakanmu

5 Tips untuk Mengurangi Kekecewaan Terhadap Orang Lain, Cobain Deh!pexels.com/Alan Retratos

Tips yang satu ini mungkin terdengar sangat sulit dan tidak mungkin, namun inilah hal baik atau positif yang bisa kamu lakukan. Memang tidak mudah untuk mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang telah mengecewakan kita.

Namun, setidaknya kamu bisa mencobanya dengan hati yang tenang. Bila kamu sudah mampu untuk melepas beban kekecewaan dan mendoakan kebaikan bagi mereka yang mengecewakan dirimu, maka kedamaian hatilah yang akan kamu dapatkan. Jadi, cobalah doakan mereka dengan hati yang setulus mungkin, ya.

5. Coba lihat kembali sisi positif dari orang tersebut, yang mungkin sudah kamu lupakan

5 Tips untuk Mengurangi Kekecewaan Terhadap Orang Lain, Cobain Deh!pexels.com/Gregory Hayes

Satu kesalahan dari orang yang mengecewan kita, sering menutup mata hati kita terhadap hal-hal baik atau positif yang pernah ia lakukan. Ya, bila kamu mau mengurangi rasa kecewamu terhadap dia, coba deh ingat-ingat lagi apa hal positif dari orang tersebut atau apa hal positif yang telah ia lakukan. Semoga dengan hal ini, kekecewaanmu terhadapnya bisa langsung berkurang.

Jadi, itulah kelima tips untuk mengurangi kekecewaan terhadap orang lain. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Cewek Wajib Tahu, Ini 7 Sifat yang Bikin Pasanganmu Kecewa Berat

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya