Comscore Tracker

5 'Virus' yang Sering Mengganggu Produktivitas saat Bekerja

Salah satunya adalah 'virus' gosip

Produktivitas kerja adalah hal yang sangat penting, sebab produktivitas akan memengaruhi pencapaianmu dalam bekerja. Sering kali tanpa disadari, produktivitas kerja pun terganggu akibat adanya berbagai 'virus' yang tak disadari. 

'Virus' yang dimaksud disini bukanlah virus sungguhan semacam virus corona yang akhir-akhir ini ramai diberitakan, ya. Namun 'virus' berikut bisa membuat produktivitas kerjamu menurun, lho. Penasaran? Yuk kita simak!

1. 'Virus' malas

5 'Virus' yang Sering Mengganggu Produktivitas saat Bekerjapexels.com/Burst

Ya, 'virus' malas adalah hal yang kelihatan sepele namun jelas-jelas dapat menurunkan produktivitas kerjamu bila dibiarkan. Rasa malas bisa semakin menjadi-jadi jika kamu terus membiarkannya.

'Virus' malas memang bisa menular bila kamu tidak punya 'antibodi' yang kuat. Kemalasan orang lain juga dapat membuatmu ikut merasa malas, baik secara langsung atau tidak. Nah, bukan berarti kamu harus memaksakan diri sepanjang waktu. Namun, kamu perlu melindungi diri dengan tekad yang kuat agar bisa bekerja maksimal sesuai dengan kapasitas diri yang ada.

2. 'Virus' gosip

5 'Virus' yang Sering Mengganggu Produktivitas saat Bekerjapexels.com/Christina Morillo

'Virus' gosip adalah 'virus' yang sering mewabah di berbagai lingkungan, tak terkecuali juga di lingkungan kerja. Ya, tak bisa dimungkiri kalau bagi beberapa orang kegiatan gosip ini dianggap sebagai kegiatan yang menyenangkan, walau bisa dikatakan kalau kegiatan gosip ini tidaklah bermanfaat.

Sering juga lho, rasa 'menyenangkan' dari bergosip ini membuat kita lupa waktu dan akhirnya produktivitas kerja pun ikut menurun. Hasil dari pekerjaan yang dilakukan pun tidak maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Duh, menjauhlah dari 'virus' ini ya!

3. 'Virus' jenuh

5 'Virus' yang Sering Mengganggu Produktivitas saat Bekerjapexels.com/Austin Guevara

'Virus' jenuh memang bikin hidup terasa membosankan, termasuk rasa jenuh saat sedang bekerja. Sebenarnya, hal ini wajar-wajar saja mengingat pekerjaan yang dilakukan pun sewaktu-waktu bisa menemui titik jenuh.

Namun jangan terlalu khawatir dengan hal ini, sebab 'virus' jenuh ini dapat disembuhkan dengan mengistirahatkan diri sejenak dan rileksasi tubuh serta pikiran dengan cara yang tepat. Intinya, kamu boleh bekerja dengan maksimal namun jangan sampai terlalu memaksakan diri, ya!

Baca Juga: Biar Makin Produktivitas, 5 Tips Mengatasi Kecanduan Bermain HP

4. 'Virus' menunda-nunda

5 'Virus' yang Sering Mengganggu Produktivitas saat Bekerjapexels.com/Alexander Mils

Nah, kalau 'virus' yang satu ini memang ada hubungannya dengan 'virus' malas yang tadi telah disebutkan di atas. 'Virus' menunda-nunda ini juga sering menjangkiti orang yang sedang bekerja, sebab rasa malas yang mungkin terselubung ini membuat seseorang suka menunda-nunda.

Padahal, kadang-kadang pekerjaan yang dilakukan memiliki deadline tersendiri, sehingga sikap menunda-nunda malah akan jadi bumerang bagi diri. Jadi, untuk mengatasi 'virus' ini kamu perlu membuat prioritas yang harus kamu jalankan agar pekerjaan dapat selesai tepat pada waktunya.

5. 'Virus' kecanduan gawai

5 'Virus' yang Sering Mengganggu Produktivitas saat Bekerjapexels.com/rawpixel.com

'Virus' yang satu ini memang akhir-akhir ini cukup berkembang akibat perkembangan teknologi. Ya, 'virus' ini dilatarbelakangi perkembangan gawai atau gadget  yang semakin canggih. Menggunakan gadget secara berlebihan juga bisa bikin kecanduan, lho.

Dan, berbagai dampak negatif pun bisa terjadi, salah satunya berkaitan dengan produktivitas kerja. Terlalu asyik menggunakan gawai bisa saja membuatmu lupa waktu dan tidak bisa bekerja dengan baik. Jadi, bijaklah menggunakan gadget saat bekerja ya!

Jadi, itulah kelima 'virus' yang sering mengganggu produktivitas kerja. Semoga kamu bisa mencegah dan menghindari kelima 'virus' di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bikin Produktivitas Menurun, Hindari 5 Barang Ini di Atas Meja Kerja

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya