Comscore Tracker

Hal-Hal Ini yang Bikin Pasangan Muda Tetap Harmonis dengan Gaji di Bawah 6 Juta

Biar ekonomi tanah air goyah, keluarga impian takkan punah.

Inilah artikel persembahan IDNtimes dan Frisian Flag.

Membangun keluarga di usia yang relatif muda sudah tentu bukan hal mudah. Apalagi jika pasangan muda itu memiliki kondisi ekonomi yang naik turun dan sudah dikaruniai anak. Saat sang anak menginjak usia balita, bisa jadi pasangan itu akan sulit bertahan di kondisi ekonomi Indonesia yang masih terombang-ambing. Apalagi biaya kebutuhan balita tidaklah murah.

Kalaupun suami maupun istri sama-sama bekerja, penghasilan yang diperoleh kemungkinan tidak bertahan lama. Dalam kondisi terhimpit seperti ini, pasangan akan lebih mudah berselisih paham sehingga menimbulkan friksi antara keduanya. Nah, berikut empat tips bagi pasangan suami-istri muda yang bergaji di bawah Rp 6 juta, untuk menjaga keharmonisan keluarga kecilnya.

1. Sisihkanlah 30 persen dari pendapatan untuk menabung
Jika penghasilan yang dimiliki Anda dan pasangan sama-sama setara dengan upah minimum regional di Indonesia, seyogianya setiap bulan Anda bisa menyisihkan uang sekitar Rp 1-2 juta untuk menabung. Ada baiknya, penyisihan uang guna tabungan ini Anda anggarkan setelah melakukan perhitungan dan perencanaan keuangan bulanan. Dalam merencanakan keuangan itu, Anda dan pasangan harus mengedepankan dana untuk kebutuhan pokok serta kewajiban atau utang. Ingatlah untuk berhemat, sehingga Anda serta pasangan bisa memiliki tabungan.

2. Daftarkan anggota keluarga dalam polis asuransi
Untuk berjaga-jaga jika si Kecil sakit sampai harus rawat inap, Anda perlu mendaftarkannya dalam polis asuransi. Dengan memiliki asuransi, Anda akan memperoleh keringanan beban biaya rumah sakit, konsultasi dokter, dan biaya obat-obatan. Tak cuma si Kecil, Anda juga perlu mendaftarkan pasangan dan diri Anda dalam jaminan asuransi. Sebagai kepala keluarga, ada baiknya seorang suami juga memiliki produk asuransi jiwa. Dengan begitu, kebutuhan hidup istri dan anak dapat terjamin bila Anda meninggal.

3. Masak sendiri makanan sehari-hari
Memasak makanan sehari-hari tentunya akan sangat berpengaruh pada dana yang dikeluarkan setiap bulannya. Tidak perlu lauk mewah yang tersaji di meja makan. Yang penting Anda dan pasangan bisa menyediakan menu bergizi bagi keluarga, hingga bisa mendukung pertumbuhan si Kecil. Pilihlah beragam jenis sayuran sebagai menu utama dan buah-buahan sebagai camilan. Selain lebih murah, pilihan ini tentu sangat sehat.
Jangan terlalu sering pula nongkrong di mal atau restoran ternama. Untuk kegiatan yang satu ini, Anda bisa melakukannya dua-tiga minggu sekali. Di waktu lain, Anda bisa mengajak keluarga piknik ke taman kota atau berkumpul di rumah.

4. Berbelanjalah dengan pintar
Ketika waktu berbelanja bulanan datang, hendaklah pintar dalam memilih produk. Misalnya membeli produk yang memberikan manfaat lebih untuk keluarga. Contohnya Frisian Flag, yang memberikan nutrisi untuk ibu hamil lewat Frisian Flag MAMA dan untuk balita dengan produk Frisian Flag JELAJAH dan Frisian Flag KARYA. Selain menyajikan produk yang berkualitas untuk ibu dan si Kecil, Frisian Flag juga dapat membantu Anda berhemat dengan menawarkan serangkaian hadiah menarik yang dapat langsung digunakan pada setiap pembeliannya seperti e-voucher belanja, pulsa listrik, dan pulsa isi ulang.

Cara untuk mendapatkan hadiah ini sangatlah mudah. Daftarkan nama ibu untuk menjadi anggota Ibu dan Balita, cukup dengan mengisi data lengkap di www.ibudanbalita.com, kemudian beli Frisian Flag MAMA, Frisian Flag JELAJAH, atau Frisian Flag KARYA ukuran dan rasa apapun. Dengan membeli produk tersebut, Anda dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan memperoleh kode unik yang dapat langsung ditukarkan dengan beragam e-voucher belanja, pulsa listrik, dan pulsa isi ulang; serta hadiah kejutan lainnya dari Frisian Flag. Simpel dan menguntungkan, kan. Anda bisa mendapatkan paket lengkap, yaitu nutrisi tepat untuk ibu dan si Kecil, sekaligus solusi hemat untuk keuangan keluarga.

Nah, untuk memperoleh keterangan lebih banyak seputar kejutan menguntungkan lain dari Frisian Flag dan informasi berguna soal ibu dan si Kecil, Anda bisa menemukannya di sini.

Topic:

Berita Terkini Lainnya