Comscore Tracker

Rendam Kaki dengan Cuka Apel, Ini 5 Manfaat yang Akan Didapat

Lakukan rutin untuk dapatkan manfaat optimal

Membicarakan manfaat cuka apel memang seakan tidak ada habisnya. Bahan dapur yang satu ini tidak hanya berguna untuk urusan memasak, tapi juga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Salah satu yang paling terkenal adalah khasiatnya mengatasi berbagai masalah wajah seperti jerawat, keriput dan bintik-bintik hitam. Namun ternyata cuka apel juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kaki, lho.

Caranya dengan merendam kaki pada sebaskom air hangat yang telah dicampur dengan 1 cangkir cuka apel. Lakukan ini selama 15 - 20 menit dan ulangi setiap 1 - 2 minggu sekali. Dengan begitu, kakimu akan jadi lebih sehat karena cuka apel memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Melembabkan telapak kaki yang kering dan pecah-pecah

Rendam Kaki dengan Cuka Apel, Ini 5 Manfaat yang Akan Didapatwomenpla.net

Terlalu lama berada di ruangan ber-AC, seringnya mandi dengan air panas serta penggunaan sabun yang tinggi sulfaktan dapat membuat telapak kaki menjadi kering dan akhirnya gampang mengalami pecah-pecah. Selain tak nyaman, kondisi ini tentunya membuat penampilan jadi kurang oke.

Merendam kaki dalam larutan cuka apel dapat membantu melembutkan telapak kaki yang kering. Jangan lupa sikat kaki dengan lembut usai berendam untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati.

2. Menghilangkan bau kaki

Rendam Kaki dengan Cuka Apel, Ini 5 Manfaat yang Akan Didapattwinkletoesfootcare.com

Kaki yang berkeringat rentan menimbulkan aroma tidak sedap, terlebih jika kita tidak memperhatikan kebersihannya. Hal ini karena bakteri yang berada di kaki akan mengurai keringat hingga menimbulkan bau yang mengganggu.

Cuka apel dapat membantu menetralkan bau kaki karena mengandung antibakterial sehingga mampu membunuh bakteri penyebab bau.

3. Membantu melawan kutu air dan jamur kuku

Rendam Kaki dengan Cuka Apel, Ini 5 Manfaat yang Akan Didapattheglamorousgleam.com

Kutu air adalah infeksi jamur yang umumnya menyerang sela-sela jari kaki. Kulit yang terkena kutu air akan mengalami ruam, gatal hingga pengelupasan dan dapat cepat menyebar bila tidak segera ditangani. Sedangkan jamur kuku ditandai dengan perubahan warna kuku, penebalan sampai keretakan yang membuat kuku kemudian tumbuh dengan tekstur tak beraturan sehingga tidak enak dipandang.

Senyawa anti-jamur dan anti-mikroba pada cuka apel terbukti ampuh melawan jamur penyebab masalah kaki. Merendam kaki dengan cuka apel pun dapat menjadi pilihan tepat untuk merawat kaki yang telah terinfeksi kutu air maupun jamur kuku.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Bahan Alami dan Ampuh!

4. Menghilangkan kapalan dan mata ikan

Rendam Kaki dengan Cuka Apel, Ini 5 Manfaat yang Akan Didapatnicershoes.com

Kapalan dan mata ikan disebabkan oleh gesekan yang terjadi terus-menerus pada satu titik sehingga kulit menjadi tebal dan mengeras. Kulit kapalan yang umumnya mati rasa, sedangkan mata ikan justru kerap menyebabkan nyeri dan jika kondisinya sudah parah, diperlukan operasi kecil untuk mengangkatnya.

Merendam kaki dengan larutan cuka apel dapat membantu melembutkan kulit sehingga pengerasan yang terjadi pada kapalan dan mata ikan dapat terkikis secara bertahap. Sifat anti-inflamasi cuka apel juga dapat meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan mata ikan.

5. Menenangkan kaki lelah

Rendam Kaki dengan Cuka Apel, Ini 5 Manfaat yang Akan Didapatshumanpodiatry.com

Setelah melalui hari yang sibuk dan melelahkan, memanjakan kaki dengan merendamnya di larutan cuka apel tampaknya sangat ideal untuk dilakukan.

Sifat anti-inflamasi cuka apel dapat meredakan pegal dan nyeri sehingga kaki yang lelah dapat kembali merasa rileks dan segar.

Baca Juga: Gak Usah Bingung, Ini 5 Cara Jitu Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu!

Friska Zrt Photo Writer Friska Zrt

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya