Comscore Tracker

5 Tips Menahan Emosi Ala Moon Kang Tae 'IOTNBO', Ada Butterfly Hug!

Coba deh terapkan

Sosok Moon Kang Tae yang diperankan Kim Soo Hyun di "It's Okay to Not be Okay" merupakan salah satu karakter KDrama yang bisa dijadikan panutan. Merawat kakaknya yang memiliki gangguan spektrum autis sejak kecil, Moon Kang Tae terbiasa menahan diri dari segala macam ambisi, amarah hingga keinginan dicintai dan mencintai seorang perempuan.

Meski pertahanannya luluh setelah bertemu dengan Go Moon Young, kebiasaan Moon Kang Tae yang tak pernah marah ini bisa kita jadikan pelajaran, lho. Yuk, simak beberapa tips tahan emosi ala Moon Kang Tae ini. Bisa banget dipraktekin saat kamu lagi benar-benar gak bisa kontrol emosi terhadap seseorang karena suatu masalah. 

1. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan sambil memejamkan mata

5 Tips Menahan Emosi Ala Moon Kang Tae 'IOTNBO', Ada Butterfly Hug!Instagram.com/tvndrama.official

Di episode dua, setelah Go Moon Young marah-marah dengan seorang kritikus bukunya, Moon Kang Tae menenangkan Go Moon  Young dengan memintanya memejamkan mata dan menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya perlahan. Meskipun hal ini sepertinya sepele, tapi benar-benar bisa menjadikan pikiran kita rileks lho, cobain deh. 

2. Tahan emosimu beberapa detik, hitung sampai tiga hingga amarahmu mereda

5 Tips Menahan Emosi Ala Moon Kang Tae 'IOTNBO', Ada Butterfly Hug!Instagram.com/tvndrama.official

Ketika kita bisa menahan diri selama beberapa detik saja, amarah yang telah memuncak perlahan akan mencair. Kita akan menganggap bahwa persoalan yang kita hadapi bukanlah hal yang rumit hingga tak perlu seheboh itu dalam menanggapinya. 

Menahan emosi dengan menghitung sampai tiga hingga amarahnya mereda  terbiasa dilakukan Moon Kang Tae saat berada di berbagai situasi yang menyulut emosinya. Seperti saat kakaknya dipukul atau saat tertusuk pisau oleh Go Moon Young. 

3. Tenangkan pikiranmu dengan terapi Butterfly Hug

5 Tips Menahan Emosi Ala Moon Kang Tae 'IOTNBO', Ada Butterfly Hug!Instagram.com/tvndrama.official

Tak hanya meminta Go Moon Young memejamkan mata dan menghitung, Moon Kang Tae juga menyilangkan kedua tangan Go Moon Young di dada sambil menepuknya perlahan. Meski Go Moon Young sempat cuek, namun ia tetap mengikuti arahan Moon Kang Tae yang mengatakan bahwa gerakan tersebut merupakan bagian dari metode Butterfly Hug.

Di drama "It's Okay to Not be Okay", metode Butterfly Hug diceritakan sebagai terapi untuk para pasien yang menderita trauma di rumah sakit OK. Sedangkan di dunia kesehatan jiwa dan psikologi anak, metode ini dikenal sebagai terapi yang biasa dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan dan mengontrol emosi. 

Baca Juga: 14 Artis Ini Cocok Perankan It's Okay to Not be Okay versi Indonesia

4. Pikirkan konsekuensi terburuk yang akan terjadi jika menuruti amarahmu

5 Tips Menahan Emosi Ala Moon Kang Tae 'IOTNBO', Ada Butterfly Hug!Instagram.com/tvndrama.official

Saat Go Moon Young bertanya pada Moon Kang Tae bagaimana ia bisa menahan diri di episode 8. Moon Kang Tae menjawab bahwa ia selalu berpikir tak akan ada hal buruk yang akan terjadi jika dia bisa menahan diri.

Meluapkan emosi karena merasa tersakiti oleh seseorang mungkin terasa adil. Namun, apa jadinya jika kita justru mendapat masalah baru. Tentu saja, alih-alih merasa lega kita justru akan menyesal di kemudian hari. 

5. Tanamkan mindset bahwa kamu bukan seorang yang impulsif hingga bisa menahan diri

5 Tips Menahan Emosi Ala Moon Kang Tae 'IOTNBO', Ada Butterfly Hug!Instagram.com/tvndrama.official

Meski jauh dalam lubuk hatinya Moon Kang Tae merasa menderita hingga sesekali ingin 'lari' dari segala beban hidupnya, ia tetap berusaha berbahagia dan tersenyum. Moon Kang Tae merasa hidupnya bersama kakaknya akan baik-baik saja selama ia bisa menahan diri dari segala amarah dan ambisi. Ia selalu berusaha sebaik mungkin agar tak bertindak impulsif meskipun saat berada di situasi yang menyulut emosi. 

Itulah beberapa tips menahan emosi ala Moon Kang Tae di "It's Okay to Not Be Okay". Hm, jadi makin cinta deh, sama drama ini. 

Baca Juga: 12 Quotes Cinta di 'It's Okay to Not Be Okay', Bikin Baper Maksimal! 

Fuska Soewito Photo Verified Writer Fuska Soewito

Kapan tubuhmu belajar kerja keras kalau bukan sekarang?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya