Comscore Tracker

Bikin Kamu Bijak, 5 Pelajaran Positif KDrama Sweet Stranger and Me

Salah satunya, peka terhadap masalah sosial di masyarakat

Para pecinta KDrama pasti sudah pernah dong, nonton Sweet Stranger and Me. Drama yang tayang pada tahun 2016 ini, dibintangi sederet aktor dan aktris ternama seperti, Soo Ae, Kim Young Kwang, Jo Bo Ah dan Lee Soo Hyuk serta masih banyak lagi yang lain. Tidak hanya tentang kisah romantis antara Go Nan Gil (Kim Young Kwang) dan Hong Na Ri (Soo Ae), drama ini juga bercerita tentang kekeluargaan, persahabatan, serta kasih sayang seorang ibu dan anak panti asuhan yang kerap menerima tindakan bullying.

Tidak hanya sarat dengan nilai kemanusiaan seperti kebenaran, kepedulian sosial, kasih sayang, dan kedamaian tanpa kekerasan, yang bisa dijadikan prinsip dalam hidup. Drama ini juga banyak sekali pesan moral yang bisa diterapkan dalam hidup kita sehari-hari agar bisa menjadi pribadi yang lebih bijak.

Yuk simak, apa saja pesan moral KDrama Sweet Stranger and Me yang bisa kita jadikan pelajaran hidup di bawah ini.

1. Memaafkan kesalahan orang lain akan membuat hidup kita bahagia

Bikin Kamu Bijak, 5 Pelajaran Positif KDrama Sweet Stranger and Medramabeans.com

Meskipun sempat kecewa ketika tunangannya selingkuh dengan Do Yeo Joo yang merupakan teman sekaligus juniornya di tempat kerja, Hong Na Ri tak membutuhkan waktu lama untuk memaafkan mereka dan kembali ceria. Bahkan, untuk meminta maaf, Do Yeo Joo berkali-kali menginap di rumah Hong Na Ri dan hal itu tak membuat Hong Na Ri marah.

Kita akan menderita ketika menyimpan dendam dan kebencian kepada orang yang pernah menyakiti kita. Sebaliknya, memaafkan kesalahan orang yang bersalah kepada kita akan membuat hidup kita lebih bahagia.

2. Percayalah, seorang ibu pasti menyayangi anaknya meskipun dilakukan dengan berbagai cara

Bikin Kamu Bijak, 5 Pelajaran Positif KDrama Sweet Stranger and Medramabeans.com

Ibu Hong Na Ri jarang sekali bercerita tentang kegiatan atau masalahnya kepada sang anak. Sehingga, Hong Na Ri tidak mengetahui bahwa ibunya menikah lagi dan mengira sang ibu tidak menyayanginya. Setelah ibunya meninggal, Hong Na Ri baru tahu bahwa sang ibu selalu bercerita kepada Go Nan Gil, tentang kerinduan dan rasa sayangnya kepada anaknya tersebut, bahkan ibunya berpesan kepada Go Nan Gil untuk selalu menjaganya.

Setiap ibu pasti selalu menyayangi anaknya, meskipun mungkin jarang diungkapkan dengan kata-kata. Rasa sayang ibu yang teramat besar itulah yang selalu membuatnya khawatir tentang masa depan anaknya kelak.

Baca Juga: 5 Sikap Detektif Lee Jae Han dalam KDrama Signal Ini Patut Diteladani

3. Jangan mudah percaya pada berita bohong yang belum tentu kebenarannya

Bikin Kamu Bijak, 5 Pelajaran Positif KDrama Sweet Stranger and Medramabeans.com

Setelah Go Nan Gil mengaku telah menikahi ibu Hong Na Ri, banyak sekali orang yang memberi tahu bahwa Go Nan Gil adalah penipu yang menikahi ibu Hong Na Ri karena ingin memiliki rumah dan tanahnya. Namun, Hong Na Ri gak langsung percaya dengan omongan orang-orang tersebut. Dia berusaha mencari bukti kebenarannya, hingga dia tahu bahwa Go Nan Gil menikahi ibunya karena dia ingin menyelamatkan harta ibunya dari penipu.

Pelajaran ini juga bisa kita ambil lho, agar kita tidak mudah percaya pada berita bohong yang belum tentu kebenarannya atau berita hoaks yang kini semakin marak di negara kita. Dengan tidak mempercayai dan mambagikan berita hoaks sebelum kita mencari kebenarannya dulu, berarti kita juga telah ikut andil membantu pemerintah menciptakan Indonesia anti hoaks lho guys, bangga dong pastinya.

4. Jadikan masalah sebagai ujian hidup agar kita lebih bijak

Bikin Kamu Bijak, 5 Pelajaran Positif KDrama Sweet Stranger and Medramabeans.com

Setelah ibunya meninggal, Hong Na Ri mengalami berbagai masalah yang bertubi-tubi, mulai dari pernikahan yang batal, hingga tanah dan rumah yang hampir disita untuk membayar hutang. Namun hal itu tak menjadikannya lemah dan menderita, dia tetap berani menghadapi masalah tersebut bahkan masalah-masalah tersebut menjadikannya lebih kuat dan bijak.

Setiap manusia pasti mempunyai permasalahan hidup masing-masing. Namun, jika permasalahan tersebut kita jadikan pembelajaran sebagai ujian hidup, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih bijak dan di kemudian hari akan lebih kuat saat menghadapi masalah lain.

5. Peka terhadap masalah sosial yang terjadi di sekitar kita

Bikin Kamu Bijak, 5 Pelajaran Positif KDrama Sweet Stranger and Medramabeans.com

Go Nan Gil sejak kecil tinggal di panti asuhan tanpa tahu identitas orangtuanya. Hal itulah yang membuatnya di-bully anak-anak di lingkungan sekitar panti asuhan. Namun, ketika Go Nan Gil sedih, Ibu Hong Na Ri selalu ada untuk memberinya perhatian dan kasih sayang. Sehingga Go Nan Gil menganggap orang yang menyayanginya tersebut sebagai ibunya sendiri dan rela berkorban apapun demi melindunginya dan keluarganya ketika dia dewasa.

Sebagai makhluk sosial, sudah sepatutnya kita peka terhadap masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar kita, seperti peduli terhadap anak yang ditelantarkan dan juga korban bullying. Mungkin bagi kita hanya sekadar perhatian, tapi hal itu bisa sangat bermakna bagi seorang anak yang membutuhkan perlindungan dan kasih sayang.

Nah, itulah beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari drama Sweet Stranger and Me. Sebagai generasi millennial yang cerdas, tentunya kita tidak hanya menjadikan drama Korea sebagai tontonan semata, tetapi juga bisa mengambil pesan moral yang tersirat, selanjutnya, dapat menerapkannya di dunia nyata. Setuju, kan?

Baca Juga: Penting dan Bijaksana, 5 Pelajaran Positif dari KDrama Moorim School

Fuska anawati Photo Community Writer Fuska anawati

Kapan tubuhmu belajar kerja keras kalau bukan sekarang?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 17:30:04

Progress: 755.552 dari 813.350 TPS (92.89383%)

Just For You