Comscore Tracker

Bacaan Doa Pagi Hari untuk Umat Katolik

Bersyukur akan hari baru yang datang

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Kamu masih diberi napas untuk hidup dan beraktivitas seperti biasa. Umat Katolik biasanya merayakan Ekaristi harian di Gereja. Pandemik ini pun kamu tetap bisa merayakan ekaristi, meski melalui live streaming.

Kalau kamu tidak sempat merayakan Ekaristi, kamu tetap bisa melakukan doa pagi, baik secara pribadi ataupun bersama keluargamu. Yuk, ikut berdoa pagi dengan doa-doa ini!

1. Doa pagi hari untuk anak

Bacaan Doa Pagi Hari untuk Umat Katolikunsplash.com/@davidbeale

Walaupun anak kamu masih kecil, kamu bisa mengajarkan doa sederhana ini untuk anakmu. Kamu bisa mengajarkan pentingnya berdoa dan bersahabat dengan Allah, melalui Yesus Kristus.

Berikut doa yang yang bisa kamu ajarkan untuk anakmu:

"Tuhan Yesus, selamat pagi. Terima kasih karena Engkau beri aku hari yang indah ini dan melindungiku malam tadi. Sekarang, berkatilah hari ini untukku, ayah dan ibuku, kakak/adikku, agar apa pun yang kami lakukan hari ini hanya demi keluhuran dan kemuliaan Allah Bapa di Surga dan namaMu yang kudus. Tuhan Yesus, lindungilah kami sekeluarga agar nanti setelah kesibukan kami, kami dapat berkumpul kembali untuk memuji dan memuliakan namaMu. Amin."

2. Doa pagi hari (umum)

Bacaan Doa Pagi Hari untuk Umat Katolikunsplash.com/@benwhitephotography

Kalau kamu ingin berdoa secara pribadi, kamu bisa mendaraskan doa berikut ini:

"Ya Allah Bapa, sumber segala kerahiman. Pada hari baru ini, aku memanjatkan syukur kepadaMu atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur atas hari baru yang membawa kesegaran dan membangkitkan semangat baru bagi hidupku. Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan mengamalkan kasih sepanjang hari ini.

Bimbinglah dan arahkanlah pikiran dan budiku dalam rencanaMu, jangan sampai akal merancang pikiran benci dan dendam, marah dan cemburu, keinginan jahat, dan mementingkan diri sendiri. Jagalan lidah dan bibirku, jangan sampai terucap kata yang menyakitkan hati, kata yang kejam menusuk perasaan, kata yang tidak benar dan menghina.

Tuntunlah tingkah laku dan perbuatanku agar sepanjang hari ini aku bekerja sebaik-baiknya, tidak jemu menolong sesama, selalu ramah dan tahu terima kasih, menghayati iman dan mengamalkannya sekuat tenagaku. Semua ini kami sampaikan kepadaMu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan Kami. Amin."

3. Dalam Kitab suci, disampaikan bahwa pagi hari tepat untuk meminta pertolongan Tuhan

Bacaan Doa Pagi Hari untuk Umat Katolikpexels.com/@nappy

Allah tentu selalu mendengar doa-doa kita. Ia selalu memperhatikan kita dengan caranya sendiri. Kidung Mazmur dalam kitab suci menyampaikan bahwa pada pagi hari adalah waktu yang tepat untuk meminta pertolongan Tuhan.

Ini disampaikan dalam Mazmur 119: 147-148, bunyinya:
"Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman-Mu. Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu."

Baca Juga: Doa Malam Hari untuk Umat Katolik

4. Pada pagi hari, kamu juga bisa menyampaikan doa persembahan pagi

Bacaan Doa Pagi Hari untuk Umat Katolikunsplash.com/@benwhitephotography

Pagi hari menjadi waktu yang pas untuk menyampaikan persembahan kepada Tuhan. Ini disampaikan dalam kitab Mazmur 5:3 "Tuhan, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu."

Kamu bisa menyampaikan doa persembahan pagi ini:
"Ya Allahku, aku mengasihiMu dengan seluruh hatiku. Aku berterima kasih karena Engkau telah menciptakan aku dan melindungiku sepanjang malam. Aku persembahkan semua doa-doa, karya, sukacitaku, dan penderitaanku sepanjang hari ini. Semoga semuanya itu adalah sesuai dengan kehendakMu yang lebih besar. Jauhkanlah aku dari segala dosa dan kejahatan, dan semoga rahmatMu selalu menyertai aku dan mereka yang aku cintai.

5. Mendaraskan doa dan ibadat pagi adalah peringatan akan kebangkitan Yesus Kristus

Bacaan Doa Pagi Hari untuk Umat Katolikunsplash.com/@benwhitephotography

Ibadat pagi didoakan waktu fajar menyingsing dan mengingatkan kita akan kebangkitan Tuhan Yesus. Ia adalah cahaya sejati yang menerangi semua orang. Ini disampaikan oleh Santo Siprianus, "Kita harus berdoa pagi hari, guna merayakan kebangkitan Tuhan dengan doa pagi."

Itulah doa-doa pagi yang bisa kamu daraskan bersama anak atau pun secara pribadi. Jangan lupa untuk selalu bersyukur setiap pagi, ya!

Baca Juga: [PUISI] Doa-doa yang Puisi

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya