Comscore Tracker

Meski Terasa Absurd, Ini 7 Cara Menemukan Tujuan Hidupmu dengan Mudah

#IDNTimesLife Carilah perlahan-lahan sampai bertemu

Bagi beberapa orang, menemukan tujuan hidup mungkin dianggap sebagai sesuatu yang klise. Padahal, tujuan hidup adalah jembatan untuk kehidupan yang lebih bahagia dan sehat.

Hidup yang bermakna tentu akan menambah kebahagiaan. Hidupmu belum tentu cukup hanya ingin sukses, kaya, dan dicintai kalau tidak dapat menemukan tujuan atau makna dalam kehidupanmu. Kamu ingin tahu cara menemukan tujuan hidup? Yuk, simak!

1. Donasikan waktu, uang, dan bakatmu

Meski Terasa Absurd, Ini 7 Cara Menemukan Tujuan Hidupmu dengan Mudahunsplash.com/@jmuniz

Kalau kamu ingin melakukan sesuatu yang bisa membantumu menemukan makna hidup, cobalah membantu orang lain! Peneliti di Universitas Florida dan Stanford menemukan bahwa untuk menjadikan hidup lebih bermakna, kamu bisa menjadi seseorang yang memberikan sesuatu.

Secara ajaib, orang yang memberikan sesuatu, bisa menghubungkan orang lain kepada hidup yang lebih bertujuan. Kamu pun bisa menjadi sukarelawan untuk organisasi nirlaba, menyumbangkan uang, dan membantu orang di sekitarmu yang membutuhkan bantuan.

2. Mendengarkan tanggapan dari orang lain

Meski Terasa Absurd, Ini 7 Cara Menemukan Tujuan Hidupmu dengan Mudahpexels.com/@ketut-subiyanto

Kamu terkadang sulit untuk mengenali hal yang kamu sukai. Padahal, hal yang kamu sukai sudah tertanam dalam dirimu tanpa disadari. Terkadang, justru orang lain yang bisa melihat itu karena kamu sudah pernah menunjukkannya secara sadar atau tak sadar.

Mulai sekarang, kamu harus lebih memperhatikan tanggapan orang lain atas hal-hal yang kamu kerjakan. Misalnya, saat mereka memujimu atau memberi apresiasi kepada dirimu. Dengan begitu, kamu jadi lebih mengenali apa yang diminati.

3. Berusaha menempatkan diri di lingkungan yang positif

Meski Terasa Absurd, Ini 7 Cara Menemukan Tujuan Hidupmu dengan Mudahpexels.com/@wildlittlethingsphoto

Di luar keluarga dan rekan kerja, kamu bisa memilih dengan siapa kamu menghabiskan waktu. Kamu bisa mendekatkan diri pada teman yang mempunyai energi positif.

Kamu bisa mengambil inspirasi dari teman yang positif dan membuat perubahan yang baik dalam dirimu. Kamu akan sulit untuk bersemangat kalau banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang yang negatif.

4. Mulai membuka diri terhadap orang baru

Meski Terasa Absurd, Ini 7 Cara Menemukan Tujuan Hidupmu dengan Mudahpexels.com/@divinetechygirl

Sekarang, kamu lebih sering membuka media sosial atau mengobrol dengan orang baru? Jika yang pertama, kamu bisa belajar menahan diri untuk tidak bermain handphone dan mulai membuka diri dengan orang baru saat berada di lingkungan tertentu. 

Dengan membuka diri, kamu jadi tahu apa hal baru dari orang itu dan ingin mencobanya. Hal baru itu pun bisa membantumu menemukan tujuan hidupmu.

Baca Juga: Galau Soal Jati Diri dan Tujuan Hidup, Ini 5 Cara Tenang Menghadapinya

5. Melakukan eksplorasi atas minatmu

Meski Terasa Absurd, Ini 7 Cara Menemukan Tujuan Hidupmu dengan Mudahpexels.com/@leah-kelley-50725

Untuk menemukan tujuan hidupmu, kamu bisa mengeksplorasi hal-hal yang kamu sukai. Kamu bisa bergabung pada kelas atau komunitas khusus untuk mengembangkan minat itu.

Kalau suka beraktivitas di alam, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang berkegiatan di alam. Terkadang, hal ini justru bisa mengungkapkan tujuan hidup seseorang lho!

6. Melakukan sesuatu atas hal yang selama ini selalu mengusikmu

Meski Terasa Absurd, Ini 7 Cara Menemukan Tujuan Hidupmu dengan Mudahpexels.com/@life-matters-3043471

Kamu pasti memiliki suatu hal yang jika dipikirkan saja, sudah membuatmu merasa terganggu. Mungkin saja hal itu seperti isu rasialisme, kesejahteraan hewan, body shaming, dan lainnya.

Kamu tentu ingin membantu mengurangi hal buruk yang mengganggu itu. Kamu bisa berpartisipasi dalam komunitas, menyumbangkan tenaga dan waktu untuk jadi sukarelawan, atau memberikan hal lainnya yang bermanfaat bagi isu-isu itu.

7. Carilah hal yang paling kamu sukai untuk dilakukan!

Meski Terasa Absurd, Ini 7 Cara Menemukan Tujuan Hidupmu dengan Mudahunsplash.com/@andre_furtado

Kamu bisa mencari hal yang paling kamu gemari. Kalau kamu menemukannya, itu bisa membantumu menemukan tujuan hidup.

Kalau menyukai melakukan suatu hal, kamu bisa melakukannya dengan menyenangkan dan tanpa rasa terpaksa. Bahkan, tidak mustahil ini akan menjadi profesimu di masa depan, lho!

Kalau kamu belum menemukan tujuan hidupmu, tidak apa-apa. Carilah perlahan-lahan sesuai waktumu! Toh, perkara menemukan tujuan hidup bukanlah perlombaan. Jika sudah saatnya bertemu, kamu tentu akan merasa lebih lega, berarti, dan bahagia.

Baca Juga: Kenali Terapi Eksistensial, Bisa Bantu Temukan Makna dan Tujuan Hidup

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya