Comscore Tracker

5 Cara Meningkatkan Kasih Sayang untuk Diri Sendiri, Itu Perlu!

#IDNTimesLife Jangan sayang orang lain terus

Saat mengalami hal buruk, kamu bisa mendukung diri sendiri dengan mengasihi diri sendiri. Namun, banyak orang melakukan yang sebaliknya dan menyalahkan dirinya. Padahal, kamu tak bisa menerima dan menjalani hidup saat terbebani oleh kesalahanmu.

Psikolog Kristin Neff menjelaskan bahwa menyayangi diri sendiri atau self-compassion, berarti menawarkan kehangatan dan menerima dirimu apa adanya. Ini bukan berarti kamu egois, melainkan kamu jadi lebih mengenal diri sendiri.

Yuk, simak cara meningkatkan kasih sayang untuk diri sendiri di bawah ini! Kamu perlu melakukannya, lho!

1. Berlatih memaafkan diri sendiri

5 Cara Meningkatkan Kasih Sayang untuk Diri Sendiri, Itu Perlu!unsplash.com/@wx1993

Langkah pertama adalah memaafkan diri sendiri dan melakukannya setiap hari. Tidak ada gunanya kamu menghukum diri sendiri atas kesalahanmu di masa lalu. Sebaliknya, kamu bisa belajar dari kesalahan itu dan menjadi pribadi yang baru.

Kamu harus menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan tanpa cela. Memaafkan diri sendiri berarti kamu bisa menerima ketidaksempurnaan dirimu dan mencintai dirimu apa adanya.

2. Perlakukan dirimu sebagaimana kamu mencintai orang lain

5 Cara Meningkatkan Kasih Sayang untuk Diri Sendiri, Itu Perlu!unsplash.com/@sharonmccutcheon

Kamu bisa berpikir ulang saat kamu berkata buruk ke diri sendiri. Apakah kamu tega mengatakannya kepada orang yang kamu cintai atau anakmu sendiri? Jawabanmu tentu saja tidak. Maka dari itu, perlakukanlah dirimu seperti itu pula!

Baca Juga: 12 Inspirasi Nama Anak Laki-laki dengan Arti Cinta dan Kasih Sayang

3. Melatih kesadaran diri dan latihan meditasi

5 Cara Meningkatkan Kasih Sayang untuk Diri Sendiri, Itu Perlu!unsplash.com/@priscilladupreez

Kamu bisa melatih kesadaran diri dan melakukan kegiatan sukarela dalam hidupmu. Jadi, tidak selamanya hal yang kamu lakukan harus yang berorientasi profit.

Selain itu, kamu bisa berlatih meditasi sehingga lebih tenang. Kalau perlu, ikutilah kelas meditasi khusus, selain mendengarkan podcast yang menenangkan di waktu tertentu.

4. Perhatikanlah pikiran-pikiran yang sering datang tanpa kamu sadari!

5 Cara Meningkatkan Kasih Sayang untuk Diri Sendiri, Itu Perlu!unsplash.com/@anthonytran

Pemikiran liar yang datangnya sering tak kamu sadari ini, kadang cenderung membuatmu sulit menyayangi diri sendiri. Kamu harus memperhatikan kapan pikiran itu datang dan menghilangkannya dari otakmu.

Kamu bisa menggantinya dengan pikiran yang positif dan penuh kasih. Setelah bisa mengendalikan pikiranmu, kamu juga akan mengontrol pikiran buruk itu. Selanjutnya, kamu pun akan merasa lebih baik.

5. Ingatlah bahwa kamu tidak sendiri dalam ketidaksempurnaanmu!

5 Cara Meningkatkan Kasih Sayang untuk Diri Sendiri, Itu Perlu!unsplash.com/@kxvn_lx

Saat kamu merasa down, kamu cenderung merasa jadi satu-satunya yang mengalami cobaan itu. Namun, di dunia ini, kamu tidak sendirian. Ada orang lain, bahkan orang terdekat yang sama malangnya atau lebih sedih lagi.

Karenanya, kamu bisa belajar mengenali rasa kecewa, sedih, hingga marah yang kamu rasakan. Itu membuatmu tidak mudah diperbudak oleh perasaan dan menyayangi diri lebih baik lagi.

Itu dia cara meningkatkan kasih sayang untuk diri sendiri. Kamu pun bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Makin Bervariasi, 12 Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Thailand

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya