Comscore Tracker

6 Cara Tetap Positif pada Diri Sendiri Saat Berada di Situasi Sulit

#IDNTimesLife Bukan hal yang mustahil untuk merasa positif

Saat berada dalam situasi sulit, kamu mungkin kesusahan melihat hal yang baik dalam dirimu. Kamu cenderung terseret ke dalam pusaran pikiran negatif dalam otakmu.

Kamu menyangka bahwa pikiran negatif ini tak akan bisa hilang, padahal itu tidak benar. Kamu masih bisa merasakan kebahagiaan, kegembiraan, dan kedamaian saat memiliki kendali atas perasaanmu.

Kamu bisa mengubah perasaan negatif itu menjadi lebih positif. Lalu, bagaimana caranya tetap positif pada diri sendiri saat ada di situasi sulit ya?

1. Lakukanlah hal baik pada orang lain!

6 Cara Tetap Positif pada Diri Sendiri Saat Berada di Situasi Sulitunsplash.com/jhudel baguio

Cara terbaik saat kamu sedih adalah dengan melakukan hal yang baik untuk orang lain. Kamu bisa merasakan hal baik dengan menyebarkan cinta kepada orang di sekitarmu.

Kamu bisa menyampaikan hal ini dengan cara membantu orang lain, menyapa orang lain saat bertemu, atau menyapa orang yang membutuhkan dukunganmu. Kamu bisa membantu orang dengan hal kecil tapi berharga untuk orang di sekelilingmu.

2. Membangun hubungan dengan orang yang kamu cintai

6 Cara Tetap Positif pada Diri Sendiri Saat Berada di Situasi Sulitpexels/andrea piacquadio

Saat kamu tinggal bersama keluarga atau pasangan, cobalah untuk meluangkan waktu demi membangun hubungan baik dengan mereka. Saat kamu mulai merasa terputus dengan orang lain, kamu jadi tidak merasa benar-benar sendirian dengan adanya mereka.

Kamu bisa mulai mengobrol dengan ayah dan ibumu tentang hal yang biasanya tidak dibicarakan. Kamu bisa memberi kejutan untuk kakak atau adikmu sehingga membuka pembicaraan untuk membangun hubungan lebih akrab lagi.

3. Fokus dengan apa yang kamu syukuri

6 Cara Tetap Positif pada Diri Sendiri Saat Berada di Situasi Sulitpexels.com/ Tetyana Kovyrina

Saat bersyukur, kamu bisa merasa lebih bahagia. Kamu bisa meluangkan waktu untuk memikirkan hal-hal yang kamu syukuri hari ini. Saat fokus dengan hal-hal baik, kamu jadi bisa menyingkirkan pikiran negatif itu sehingga dirimu bisa merasa lebih baik.

Baca Juga: 5 Prinsip yang Dipegang Teguh oleh Positive People, Auto Disenangi!

4. Temukan kasih sayang untuk dirimu sendiri dan orang lain

6 Cara Tetap Positif pada Diri Sendiri Saat Berada di Situasi Sulitpexels.com/Andrea Piacquadio

Terlepas dari kekurangan yang kamu dan orang lain miliki, kamu harus bisa mencari kebaikan. Setiap orang berhak mendapat kasih sayang dari kebaikan itu, termasuk dirimu sendiri.

Saat bisa mencintai diri sendiri dari kekuranganmu, kamu bisa meningkatkan nilai positif dalam diri. Kamu tidak lagi menghakimi dirimu dan memandang dirimu secara negatif.

5. Tertawakan masalah yang kamu miliki

6 Cara Tetap Positif pada Diri Sendiri Saat Berada di Situasi Sulitpexels.com/ELEVATE

Kalau tak bisa melakukan sesuatu atas masalahmu, kamu bisa menertawakannya. Kamu akan melepas hormon stres dan ini membuatmu lebih nyaman. Kalau sulit menertawakan masalahmu karena masih terjadi, kamu bisa cari hal yang bisa membuatmu terbahak.

Kamu tidak harus selalu benar-benar tertawa dan tersenyum. Ada istilah 'fake it 'till you make it'. Kamu bisa memalsukan senyum dan tawamu serta tetap mendapat manfaat positif darinya untuk solusi kesulitanmu.

6. Tegaskan kenyataan pahitmu yang baru dengan afirmasi positif

6 Cara Tetap Positif pada Diri Sendiri Saat Berada di Situasi Sulitpexels.com/ Andrea Piacquadio

Kamu bisa mengucapkan afirmasi positif dalam batin untuk diri sendiri. Katakan pada dirimu kalau kamu bisa mengatasi masalahmu hari ini sehingga berani menghadapinya. Kamu akan lebih baik dibanding sebelumnya karena sudah nyaman dengan dirimu sendiri.

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan agar tetap positif pada diri sendiri saat berada di situasi sulit. Kamu harus yakin pada diri sendiri agar bisa menghadapi situasi sulit dengan sudut pandang yang positif.

Baca Juga: Positive Vibe, 5 Zodiak Ini Paling Gak Gampang Menghakimi Orang Lain

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya