Comscore Tracker

Doa Malam Hari untuk Umat Katolik

Waktu untuk merefleksikan yang dilakukan selama sehari

Malam hari adalah waktu yang tenang setelah beraktivitas seharian. Waktu yang kosong ini bisa kamu isi dengan berdoa kepada Tuhan. Namun, banyak orang yang melupakan doa malam sebelum tidur karena terlalu lelah. Padahal, doa malam bisa memberikan ketenangan dalam tidurmu.

Doa malam adalah bentuk puji syukur atas penyertaan Tuhan selama aktivitas yang dilakukan seharian. Kamu juga bisa meminta perlindungan selama tidur sehingga keesokan hari bisa bangun lagi. Yuk, simak bagaimana doa malam yang bisa kamu daraskan.

1. Doa malam anak-anak

Doa Malam Hari untuk Umat Katolikpexels.com/@bintimalu

Kamu bisa mengajarkan anakmu untuk merutinkan doa malam. Doa malam juga bisa disesuaikan dengan apa yang dilakukan anak pada hari itu. Kalau membutuhkan panduan untuk doa malam anak, kamu bisa mengajarkan doa berikut ini:

"Yesus, sahabatku. Hari sudah malam. Semua pekerjaan dan tugasku sudah aku lakukan. Semoga semua itu menyenangkanMu. Aku berterima kasih atas berkatMu hari ini. Sekarang, temani aku tidur, ya, Yesus. Jauhkan aku dan keluargaku dari marabahaya selama kami tidur malam ini sehingga besok pagi kamu dapat bangun dengan sehat dan semangat untuk menjalankan tugas kami kembali. Ampunilah dosaku, dosa ayah dan ibuku, dosa kakak/adikku. Bantulah kami dengan rahmatMu agar dapat memperbaiki kesalahan kami. Amin."

2. Doa malam (umum)

Doa Malam Hari untuk Umat Katolikunsplash.com/@lunarts

Kamu bisa berdoa secara pribadi pada malam hari agar tidak terganggu siapa pun. Kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan refleksi atas apa yang kamu alami hari ini. Kamu bisa memanjatkan doa malam sambil mengucapkan doa tobat dan mengakui dosa yang sengaja atau tidak diperbuat.

Kamu bisa mendaraskan doa ini sebelum tidur:
"Ya Allahku, aku memuji Engkau, dan mengasihi Engkau dengan segenap hatiku. Aku berterima kasih karena Engkau telah menciptakan aku, dan melindungiku dengan rahmatMu sepanjang hari ini. Aku berdoa kepadaMu, sudilah Engkau mengambil kebaikan-kebaikan apa pun yang telah kuperbuat sepanjang hari ini dan ampunilah kesalahan-kesalahan yang telah kulakukan. Lindungilah aku malam ini, dan semoga rahmatMu selalu bersamaku dan bersama mereka yang kukasihi. Amin."

3. Allah mengajarkan untuk berdoa secara tersembunyi dalam kamar

Doa Malam Hari untuk Umat Katolikpexels.com/@jibarofoto

Malam hari, kamu pasti bisa menerapkan ajaran itu. Dalam Matius 6:6, Yesus mengajarkan umatNya berdoa, bunyinya "Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka, Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Baca Juga: [PUISI] Seribu Doa

4. Kamu juga bisa berdoa menggunakan doa yang ada di Puji Syukur

Doa Malam Hari untuk Umat Katolikunsplash.com/@kellysikkema

Dalam berdoa, kamu bisa menentukan doamu sendiri. Kalau kamu membutuhkan panduan doa, kamu bisa menggunakan Puji Syukur dalam Doa Liturgis: Lingkaran Harian. Kamu bisa mendoakan doa malam, berikut isinya:

"Allah, Bapa di surga, aku berlutut di hadapanMu dan bersembah sujud kepadaMu. Aku mengucap syukur atas segala kemurahanMu, terlebih atas pemeliharaanMu pada hari yang lalu. Terima kasih pula atas bimbinganMu terhadap pikiran, perkataan, dan perbuatanku sepanjang hari tadi. Utuslah Roh Kudus menerangi budiku agar aku bisa mengetahui dosa-dosaku, dan berilah aku rahmatMu supaya aku dapat menyesalinya dengan sungguh."

(kamu bisa melakukan pemeriksaan batin atas dosamu dalam hening di sini)

"Bapa, utuslah malaikatMu selalu melindungi, menerangi, membimbing, dan menghantar aku. Sucikanlah jiwa ragaku agar aku pun hidup suci seperti Maria yang dikandung tanpa noda. Ya Bapa, berilah aku berkatMu, lindungilah aku terhadap segala yang jahat dan bimbinglah aku kepada kehidupan kekal dan semoga orang yang sudah meninggal beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin."

5. Doa malam hari dianjurkan untuk mengampuni orang yang bersalah kepadamu

Doa Malam Hari untuk Umat Katolikunsplash.com/@patrickian4

Tuhan mengajarkan umatNya untuk selalu berbuat baik. Namun, kamu sering kami berbuat jahat ataupun mendapat hal buruk dari orang lain. Tuhan mengajak dalam doa untuk mengampuninya, dan segera tidur.

Ini tertuang dalam kitab Mazmur 4:5,8-9, bunyinya:

"Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu di tempat tidurmu, tetapi tetaplah diam. Engkau telah memberikan sukacita kepadaku, lebih banyak dari pada mereka ketika mereka kelimpahan gandum dan anggur. Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya Tuhan, yang membiarkan aku diam dengan aman."

Itu dia bacaan doa yang bisa menjadi panduanmu dalam doa pada malam hari. Kamu bisa melakukan variasi dalam doamu dan mencurahkan keluhmu kepada Tuhan, Ia pasti akan setia mendengarkanmu.

Baca Juga: [PUISI] Doa-doa yang Puisi

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya