Comscore Tracker

Hentikan 5 Hal Ini kalau Kamu sedang Stres, biar Gak Tambah Parah!

#IDNTimesLife jangan malas olahraga

Ada banyak hal yang kamu hadapi di dalam hidup dan beberapa di antaranya bisa membuatmu stres. Hal ini diperparah dengan kebiasaan buruk yang berdampak pada stres semakin tidak terkontrol.

Yuk, coba hentikan 5 hal ini kalau kamu sedang stres! Semoga manjur dan  tidak semakin buruk ya rasa kesalnya.

1. Begadang dan kurang tidur

Hentikan 5 Hal Ini kalau Kamu sedang Stres, biar Gak Tambah Parah!Pexels/Pixabay

Begadang dan kurang tidur adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada level stres dalam tubuh. Dilansir Verywell Mind, saat kamu kurang tidur, kamu mudah bereaksi dengan stres dan menyebabkan rasa cemas.

Stres sendiri dapat memengaruhi kualitas tidurmu, lho! Wah, sekalinya kamu sudah stres, lingkaran yang tidak mengenakkan bisa berputar terus.

2. Mengonsumsi makanan secara tidak terkontrol

Hentikan 5 Hal Ini kalau Kamu sedang Stres, biar Gak Tambah Parah!Pexels.com/freestocks.org

Makanan ternyata dapat memengaruhi apa yang kamu rasakan, seperti kurang tidur. Di sisi lain, stres dapat membuatmu ingin makan terus-menerus dan berujung pada emotional eating.

Emotional eating ini membuatmu makanan secara tidak sehat dan meningkatkan stres. Karena itu, yuk tahan dirimu! Pertimbangkan ulang ketika hasrat ingin makan tiba dan yakini betul-betul apakah kamu memang sedang lapar atau hanya lapar mata.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghadapi Masalah tanpa Harus Stres, Yuk Terapkan!

3. Malas berolahraga

Hentikan 5 Hal Ini kalau Kamu sedang Stres, biar Gak Tambah Parah!IDN Times/Febriyanti Revitasari

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Berolahraga dan melakukan gerak tubuh dapat mengurangi rasa stres. Kamu mungkin merasa sulit untuk bergerak dari tempat tidur atau sofa saat sedang stres.

Tapi, cobalah dorong tubuhmu untuk melakukannya! Kamu akan merasakan manfaatnya. Perhatianmu pun akan teralih dari stres pada hitungan gerakan atau sedikit rasa lelah dan keringat yang berhasil diciptakan dari olahraga.

4. Memadatkan jadwal hingga tidak mempunyai waktu istirahat

Hentikan 5 Hal Ini kalau Kamu sedang Stres, biar Gak Tambah Parah!pexels.com/Marcus Aurelius

Waktu istirahat sangat penting untuk memulihkan diri. Dilansir CBS News, Dr. Henry Emmons, Psikiater asal Amerika Serikat, menyarankan agar kamu mengambil jeda istirahat di tengah padatnya aktivitas.

Hal ini penting untuk meredakan stres yang tengah kamu hadapi. Istirahat juga membuatmu siap menghadapi tantangan lainnya yang bisa datang kapan saja.

5. Mengisolasi diri dari orang lain

Hentikan 5 Hal Ini kalau Kamu sedang Stres, biar Gak Tambah Parah!pexels.com/Thoma Boehi

Beberapa orang merespons stres dengan menghindari pertemuan dengan teman dan keluarganya. Padahal, orang tersebut sedang membutuhkan dukungan dari orang lain juga.

Karenanya, kamu harus tetap terhubung dengan orang lain. Meski hal ini tidak menghilangkan penyebab stres, tapi bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain dapat membantumu melewati masa stres itu.

Hal-hal tadi harus kamu hentikan kalau kamu sedang stres agar tidak memperparahnya. Kamu juga jadi hidup lebih sehat dengan tidak melakukan ini. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Stres Dampak Stres pada Laki-Laki Lebih Parah

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya